Pengertian dan Instrumen Ekonomi Islam

Pengertian Ekonomi islam adalah ilmu yang mendalami dan menjelaskan perilaku manusian dalam usaha untuk pemenuhan kebutuhan hidup berdasarkan prinsip syari'ah islam. Ilmu dan pengaplikasiannya ini berisi petunjuk dan aturan yang berlandaskan pada syariah dengan tujuan menghindari ketidakadilan demi mendapatkan dan menggunakan sumber daya yang ada agar kebutuhan bisa terpenuhi tanpa mengesampingkan kewajiban pada Allah.

Adapun Choudhhury, dikutip oleh Yuliadi menyatakan ada 5 instrumen dalam ekonomi Islam. Ke-Lima Instrumen dalam ekonomi islam tersebut meliputi,
Kewajiban Membayar Zakat
Yang mana merupakan sebagai salah satu rukun islam. Pembayaran zakat dilakukan oleh mereka dengan kriteria tertentu. Selain hanya sebagai ibadah, zakat juga bertujuan untuk membantu sesama manusia.

Mencegah Riba
Kesenjangan pada kehidupan manusia adalah celah riba yang paling besar. Seperti dalam hal pinjam-meminjam. Di sinilah peran ekonomi islam dimana memberikan pinjaman dengan prinsip syariah tanpa menghidupkan riba.

Peningkatan Kerja sama Ekonomi
Sebagai makhluk sosial, manusia telah ditakdirkan untuk harus bekerja sama dengan orang lain. Tidak ada manusia yang mampu hidup sendiri. Mereka membutuhkan orang lain agar bisa memenuhi kebutuhannya.

Jaminan Sosial
Kehormatan harga diri manusia sebagai makhluk ciptaan yang paling mulia. Ini sangat penting dalam mencapai derajat manusia yang sebenar benarnya manusia. Dibutuhkan cara cara yang tidak menyimpang dari tuntunan agama. Termasuk dalam bidang ekonomi dan pemenuhan kebutuhan.

Peranan Negara
Ekonomi Islam juga tak bisa terlepas dari peran negara dalam mengatur sistem perekonomian itu sendiri. Negara sebagai pembuat aturan, berperan mengawasi, melindungi dan turun serta dalam pergelutan ekonomi Islam. Jika saja tanpa ada perlindungan dan pengakuan dari negara, maka sistem ekonomi Islam atau kerap disebut ekonomi syariah akan tandas.


EmoticonEmoticon