Cara Hapus PageFile.sys otomatis Saat Shutdown di Windows

Cara Hapus PageFile.sys otomatis Saat Shutdown di Windows 10 - Sistem OS Windows 10 mempergunakan page file dalam menyimpan data yang tak sanggup di simpang RAM ketika full. Page file tersebut dikenal sebagai swapfile atau paging file yang tersimpang pada harddisk user.

Pada kondisi default, page file ini berada di C:\pagefile.sys yang disembunyikan. Untuk itu anda harus aktifkan “view hidden file” terlebih dahulu bila ingin melihat file tersebut.

Saat PC atau laptop dimatikan, data yang ada pada RAM terhapus, sebab sesama diketahui RAM ini bisa disebut dengan memori jangka pendek. Namun pada page file data tetap disimpan. Tujuannya adalah untuk back up saat komputer mati mendadak.

Di lain sisi ini tentu cukup mengkhawatirkan bila data tersebut data sensitif. Tentu data anda bisa diakses orang dan cukup berbahaya. Oleh sebab itu, jika anda menggunakan PC/Laptop OS Windows 10 dimana laptop tersebut bukan milik anda, tak ada salahnya menghapus data tersebut jika dirasa memang sensitif. Adapun langkahnya sebagai berikut,

Silakan buka Registry Editor pada sistem komputer anda. Ketik saja Registry Editor pada kolom search bar windows, Kemudian arahkan navigasi pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management.

Sementara pada panel kanan, silakan klik dua kali pada Clear Page File at Shutdown dan nilainya diganti 1. Kemudian klik OK.­ Selesai.

Namun risiko dari hal ini tetap saja ada. Memang dari segi keamanan data cukup baik, saat dimatikan laptop/PC prosesnya lebih lama.

Jika ingin kembali ke pengaturan default, langkahnya tetap sama. Namun nilai ClearPageAtShutdown nilai diganti menjadi 0.

Cukup mudah untuk dilakukan. Sekali lagi sangat disarankan melakukan ini jika anda menggunakan komputer publik, seperti di warnet, meminjam komputer teman. Terlebih bila komputer tersebut digunakan untuk akses data seperti m-banking atau data penting lainnya.

Walau bagaimana pun sistem keamanan data pada era digital ini sangat penting, banyak sudah kejahatan kejahatan cyber yang memanfaatkan kelengahan pemilik data untuk digunakan dengan tujuan tidak baik.


EmoticonEmoticon