1. Dalam rangka mencegah Covid-19 kita harus mengikuti protokol kesehatan dengan cara di bawah ini, kecuali….
A. Berkerumun di tempat ramai
B. Mencuci tangan
C. Memakai masker
D. Menjaga jarak
2. Cara mencuci tangan yang baik dan benar
A. Gosok telapak tangan secara keras.
B. Bilaslah kedua tangan dengan air yang tidak mengalir.
C. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan acak.
D. Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan dua sampai tiga tetes.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.
(1) Panaskan air gula sampai membentuk karamel.
(2) Masukkan tepung beras ke dalam mangkuk dan tuangkan gula yang sudah didinginkan tadi.
(3) Aduk sampai merata.
(4) Jika masih sangat keras saat mengaduknya tambahkan santan sampai adukannya mengental sempurna.
3. Kalimat yang tidak menggunakan keterangan cara ditunjukkan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (4)
D. (3)
4. Berikut yang bukan kata kerja imperatif (perintah) adalah....
A. Panaskan
B. Masukkan
C. Merata
D. Tambahkan
Perhatikan kalimat-kalimat berikut.
(1) Siapkan pensil yang cukup panjang. Buatlah simpul kepala dengan bantuan pensil tersebut.
(2) Buatlah simpul datar.
(3) Lakukan sampai seluruh tali menjadi jalinan simpul. Buatlah variasi agar simpul tidak monoton. Jika perlu gunakan tambahan aksesoris lain.
(4) Ikat rambut siap digunakan.
5. Bagian petunjuk yang tidak mengandung langkah-langkah ditandai nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Perhatikan kalimat-kalimat berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7.
(1) Rendam cucian selama 30 menit. (4) Larutkan 30 gram detergen ke dalam 10 liter air.
(2) Pisahkan cucian yang mudah luntur warnanya. (5) Jemur pakaian hingga kering.
(3) Kucek kemudian bilas dengan air hingga bersih.
6. Kalimat-kalimat itu berkenaan dengan petunjuk....
A. Mencuci pakaian
B. Merendam cucian
C. Mengurus cucian
D. Membilas pakaian
7. Urutan yang tepat untuk kalimat-kalimat itu adalah....
A. (2), (4), (1), (3), (5)
B. (1), (4), (2), (3), (5)
C. (4), (3), (1), (2), (5)
D. (4), (3), (2), (1), (5)
Konservasi Elang Jawa
Konservasi alam adalah suatu manajemen terhadap alam dan lingkungan secara bijaksana untuk melindungi tanaman dan binatang. Konservasi dilakukan untuk melindungi beberapa spesies binatang dan tumbuhan dari kepunahan. Kegiatan manusia (1)[......] pertumbuhan jumlah penduduk menyebabkan peningkatan kerusakan alam, (2)[......] beberapa spesies jumlahnya berkurang secara drastis.
Suaka Elang adalah salah satu daerah konservasi untuk melindungi elang. Tempat ini merupakan penangkaran khusus untuk spesies elang jawa. Di tempat ini, elang-elang hasil sitaan dari perorangan atau dari pasar burung direhabilitasi dengan baik. Selanjutnya, elang-elang yang sudah direhabilitasi dilepaskan kembali ke alam liar.
Kondisi habitat di Suaka Elang sesuai dengan kebutuhan elang. Di tempat ini, tersedia pakan alami mereka dalam jenis dan jumlah yang cukup banyak. Pakan alami elang yang yang terdapat di tempat ini antara lain kadal, ular, tupai, tikus, dan mamalia kecil lainnya.
Suaka Elang bermanfaat untuk menjaga kelestarian elang jawa. Selain itu, Suaka Elang juga membantu upaya pendidikan lingkungan dan ekowisata terbatas berbasis burung pemangsa.
8. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut adalah ....
A. Tempat ini merupakan penangkaran khusus untuk spesies elang jawa.
B. Suaka Elang adalah salah satu daerah konservasi untuk melindungi elang.
C. Selanjutnya, elang-elang yang sudah direhabilitasi dilepaskan kembali ke alam liar.
D. Di tempat ini, elang-elang hasil sitaan dari perorangan atau dari pasar burung direhabilitasi dengan baik.
9. Suaka Elang bermanfaat untuk menjaga kelestarian elang jawa. Kalimat tersebut merupakan bagian dari struktur teks hasil observasi, yaitu ....
A. Identifikasi
B. definisi umum
C. deskripsi bagian
D. deskripsi manfaat
10. Di tempat ini, elang-elang hasil sitaan dari perorangan atau dari pasar burung direhabilitasi dengan baik. Makna kata rehabilitasi adalah ....
A. pembangunan sesuatu untuk menambah nilai guna
B. perancangan untuk menghasilkan sesuatu
C. pemeliharaan dan perlindungan sesuatu
D. perbaikan sesuatu pada kondisi semula
11. Deskripsi bagian teks tersebut terdapat pada paragraf ....
A. kedua dan ketiga
B. pertama dan kedua
C. ketiga dan keempat
D. pertama dan keempat
Bacalah kedua teks berikut.
Teks 1
Gunung Berapi
Gunung api atau yang lebih lazim disebut gunung berapi merupakan istilah yang merujuk pada suatu saluran fluida yang dilalui material panas, baik dalam bentuk cair maupun lava. Saluran fluida sebenarnya muncul di permukaan bumi, namun saluran ini dibalut oleh tanah yang tampak mengerucut.
Gunung berapi tersebar di sepanjang Pulau Jawa, mulai dari timur hingga ke barat. Gunung-gunung tersebut di antaranya Gunung Merapi, Semeru, Kelud, Galunggung, Bromo, Tangkuban Perahu, dan Krakatau. Gunung Merapi merupakan salah satu yang paling berbahaya karena mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun.
Letusan gunung berapi membawa manfaat bagi kehidupan manusia dan alam. Tanah yang dilalui oleh hasil vulkanis gunung berapi menjadi lebih subur dan menghasilkan tanaman yang lebih berkualitas.
Teks 2
Gunung Semeru
Gunung Semeru adalah salah satu gunung berapi di Indonesia. Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Terletak di Propinsi Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Lumajang, Gunung Semeru mempunyai ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut dan menjadi salah satu dari 129 gunung berapi yang paling aktif di Indonesia.
Gunung Semeru berdiri gagah dengan pemandangan indah di setiap daerah pendakiannya. Pemandangan yang indah dapat dijumpai di sekitar Ranukumbolo. Selain itu, terdapat juga Oro-oro Ombo yang dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang menawan, serta padang rumput luas dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus seperti di Eropa.
12. Terletak di Propinsi Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Lumajang, ... Bentuk baku dari kata propinsi adalah ....
A. profinsi
B. provinsi
C. propinsi
D. province
13. Perbedaan struktur teks 1 dengan teks 2 adalah . . . .
A. teks 1: judul, definisi umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat teks 2: judul, kalimat topik, deskripsi
B. teks 1: judul, definisi umum, deskripsi bagian teks 2: judul, definisi umum, deskripsi, deskripsi manfaat
C. teks 1: judul, definisi umum, deskripsi bagian
teks 2: judul, kalimat topik, deskripsi, deskripsi manfaat
D. teks 1: judul, kalimat topik, deskripsi bagian teks 2: judul, definisi umum, deskripsi, deskripsi manfaat
14. Letusan gunung berapi membawa manfaat bagi kehidupan manusia dan alam. Makna imbuhan me- pada kata membawa adalah ....
A. menuju
B. menjadi
C. melakukan
D. menghasilkan
15. Klasifikasi teks 1 dan teks 2 adalah ....
A. teks 1: deskripsi; teks 2: berita
B. teks 1: laporan hasil observasi; teks 2: berita
C. teks 1: laporan hasil observasi; teks 2: deskripsi
D. teks 1: deskripsi; teks 2: laporan hasil observasi
16. Gunung-gunung tersebut di antaranya Gunung Merapi, Semeru, Kelud, Galunggung, Bromo, Tangkuban Perahu, dan Krakatau. Kelompok kata gunung-gunung tersebut merujuk pada ....
A. gunung
B. gunung berapi
C. Gunung Merapi
D. gunung di Pulau Jawa
Bacalah teks berikut.
Tari Yapong
Tari yapong merupakan jenis tarian tradisional Betawi yang diciptakan untuk pertunjukan. Pada mulanya, yapong bukanlah tari pergaulan seperti tari jaipong dari Jawa Barat. Namun, dalam perkembangannya, tari yapong kadang kala berfungsi sebagai tari pergaulan untuk mengisi acara sesuai permintaan.
Tari yapong memiliki gerakan yang gembira dan dinamis. Istilah yapong lahir dari bunyi ya, ya, ya dalam lagu yang dinyanyikan artis pengiringnya, serta suara musik yang sekilas berbunyi pong, pong, pong. Akhirnya, perpaduan kedua bunyi ini (“ya-pong”) berkembang menjadi nama yapong.
Pakaian yang dipakai oleh para penari yapong mendapat pengaruh unsur kesenian Tionghoa. Terdapat motif-motif naga dengan warna merah menyala seperti kostum penari khas pemain Opera Beijing. Selain itu, corak pakaian yang dikenakan oleh para penarinya merupakan pengembangan pakaian tari kembang topeng. Hal ini tampak jelas melalui bentuk, ragam hias tutup kepala, dan selendangnya yang disebut toka- toka. (diolah dari riskykusuma.wordpress.com)
17. Paragraf ketiga teks tersebut menggambarkan tentang ... yapong.
A. pakaian penari
B. gerakan penari
C. pementasan tari
D. musik pengiring tari
18. Topik yang dibahas pada teks tersebut adalah ....
A. sosial
B. politik
C. budaya
D. ekonomi
Bacalah kedua teks rumpang berikut.
Teks 1
Majalah Dinding
Majalah dinding atau mading adalah salah satu jenis media komunikasi massa yang paling sederhana. Disebut majalah dinding karena prinsip dasar majalah terasa dominan di dalamnya, sedangkan penyajiannya biasa dipampang pada dinding atau yang sejenisnya.
Majalah dinding biasanya berbentuk kolom-kolom yang berisi bermacam-macam hasil karya, seperti lukisan, vinyet, teka-teki silang, karikatur, cerita bergambar, dan sejenisnya. Bentuk fisik mading biasanya berwujud lembaran tripleks, karton, atau bahan lain dengan ukuran yang beraneka ragam.
Majalah dinding digunakan sebagai sarana berlatih menulis oleh siswa. (1)[…...], majalah dinding juga dipakai untuk menyampaikan informasi.
Teks 2
Ruang Membaca
Terdapat sebuah ruangan favorit di rumah yang biasa digunakan untuk membaca buku dan belajar melukis. Pada awalnya, ruangan itu adalah loteng yang tidak terpakai.
Loteng itu menempati tingkat teratas bangunan rumah. Letaknya terdapat di ruang plafon. Seluruh sisi dan lantainya berbahan kayu, serta terdapat banyak buku dan alat melukis. Hawanya panas pada siang hari. Akan tetapi, setelah dibuat dua jendela yang lebar dan empat (2)[.....] yang membuat udara bisa keluar masuk dengan mudah, tempat itu menjadi nyaman.
Terdapat banyak buku yang berjajar rapi di loteng itu. Sebagian besar adalah buku-buku sastra karya penulis terkenal. Di sudut loteng, terdapat sebuah sofa tua. Sofa itu selalu digunakan untuk beristirahat ketika lelah membaca. Di sampingnya terdapat sebuah pot bunga berwarna merah. Di bagian kiri sofa, terdapat sebuah rak buku kecil untuk menaruh koleksi komik. Komik-komik itu selalu dirapikan setiap selesai dibaca. Di bagian kanan sofa, terdapat meja kecil dan kursi. Ada pula sebuah lampu belajar yang jarang sekali dinyalakan. Semua benda di loteng itu selalu dijaga agar tetap rapi.
19. Loteng itu menempati tingkat teratas bangunan rumah. Makna awalan ter- pada kata teratas adalah ....
A. paling
B. dapat
C. tiba-tiba
D. tidak sengaja
20. Struktur teks 2 adalah ....
A. judul, kalimat topik, deskripsi
B. judul, tesis, argumen, penutup
C. definisi umum, definisi penjelas, definisi manfaat
D. judul, rincian umum, rincian penjelas, kesimpulan
Bacalah teks berikut.
Sepanjang perjalanan menuju Nenek Edmona, Elios sudah dua kali membuat dirinya dan Cisa tersesat karena mengambil jalan yang salah. Cisa sangat kesal, tapi tak bisa berbuat apa-apa. Ia ingin sekali mencari rumah Nenek Edmona sendirian, tapi ia tak mungkin meninggalkan Elios. Centaurus itu memang sok tahu, tapi ia juga mudah sekali tersesat. Kalau Elios tersesat dan tidak bisa kembali ke rumah Kakek Aleka, Kakek Aleka tentu akan sangat sedih.
“Kamu yakin kali ini jalannya benar?” tanya Cisa kepada Elios saat mereka menyusuri jalan berbatu.
“Iya, aku yakin. Kita tinggal mengikuti jalan ini. Nanti, kita akan menemukan pohon beringin besar. Dari situ, kita tinggal belok kiri dan sampai,” jawab Elios. Cisa kembali mengikuti Elios. Benar saja, tak lama mereka menemukan pohon beringin besar. Mereka kemudian belok kiri. Namun, yang menunggu mereka bukan rumah Nenek Edmona, melainkan rumah besar bercat serba hitam. Hati Cisa berdebar ketakutan.
“Elios, sepertinya ini bukan rumah Nenek Edmona,” kata Cisa gemetar, “sepertinya ini rumah Penyihir Noir. Ayo cepat pergi sebelum dia menemukan kita!”
21. Kalimat yang mengandung latar suasana pada teks tersebut adalah ….
A. “Elios, sepertinya ini bukan rumah Nenek Edmona,” kata Cisa gemetar, “sepertinya ini rumah Penyihir Noir. Ayo cepat pergi sebelum dia menemukan kita!”
B. Sepanjang perjalanan menuju Nenek Edmona, Elios sudah dua kali membuat dirinya dan Cisa tersesat karena mengambil jalan yang salah.
C. Namun, yang menunggu mereka bukan rumah Nenek Edmona, melainkan rumah besar bercat serba hitam.
D. “Kamu yakin kali ini jalannya benar?” tanya Cisa kepada Elios saat mereka menyusuri jalan berbatu.
22. Latar waktu terdapat pada kalimat ….
A. Cisa sangat kesal, tapi tak bisa berbuat apa-apa.
B. “Dari situ, kita tinggal belok kiri dan sampai,” jawab Elios.
C. Benar saja, tak lama mereka menemukan pohon beringin besar.
D. Centaurus itu memang sok tahu, tapi ia juga mudah sekali tersesat.
23. Penyebab kekesalan tokoh Cisa pada teks tersebut adalah ....
A. Elios telah dua kali membuatnya tersesat
B. Elios memiliki watak sok tahu dan mudah tersesat
C. mereka tak kunjung menemukan rumah Kakek Aleka
D. Elios tidak sengaja membawanya ke rumah Penyihir Noir
Bacalah teks berikut.
Cisa menghela napas panjang. Baginya, hal yang dialaminya hari ini dengan Elios sangat melelahkan. Ia dan Elios mungkin berhasil menyelamatkan diri dari Penyihir Noir, tapi ia merasa sedih setelah mengetahui bahwa ia tidak akan dapat menemui Nenek Edmona lagi. Penyihir Noir telah membawa Nenek Edmona ke negeri yang jauh hingga rasanya sulit bagi Nenek Edmona untuk kembali.
“Kamu baik-baik saja?” tanya Elios yang tiba-tiba berada di sampingnya. “Apakah Nenek Edmona benar-benar tidak akan kembali?” tanya Cisa.
“Aku belum pernah mendengar ada penyihir yang dapat kembali setelah Penyihir Noir mengirimnya ke Negeri Hitam,” jawab Elios, “…tapi bukan berarti hal tersebut tidak dapat dicoba.”
“Aku harus menyelamatkan Nenek Edmona,” ujar Cisa, “…aku harus ke Negeri Hitam.”
“Jangan gegabah. Pikirkan, negeri itu dihuni penyihir-penyihir jahat dan makhluk sihir yang berbahaya. Apa kamu sudah memiliki persiapan untuk menghadapi makhluk- makhluk itu?”
24. Penghuni Negeri Hitam pada teks tersebut adalah ....
A. penyihir-penyihir hebat dan makhluk sihir yang berbahaya
B. penyihir-penyihir jahat dan makhluk sihir yang berbahaya
C. penyihir-penyihir baik dan makhluk sihir yang berbahaya
D. penyihir-penyihir jahat dan makhluk sihir yang jinak
25. Sikap tokoh Elios saat tokoh Cisa berkata bahwa ia ingin ke Negeri Hitam adalah ....
A. marah
B. melarang
C. menasihati
D. bersemangat
II. Jawablah pertanyaan di bawah dengan tepat!
26. Perbaikilah penulisan kalimat-kalimat berikut ini.
1) Disana, pak handoyo membeli 2 jenis kopi, yakni kopi Toraja dan kopi Gayo yang jika di total harganya mencapai Rp. 120.000.
2) Ayah memerlukan beberapa alat tukang, diantaranya kunci Inggris, obeng, serta palu.
3) Kopi luwak terkenal sebagai kopi dengan kwalitas tinggi, dan harganya mahal.
Biota Gurun
Biota gurun adalah komponen mahluk hidup yang terdapat pada ekosistem gurun. Biota gurun biasanya memiliki ciri-ciri tertentu untuk beradaptasi terhadap lingkungan gurun yang panas dan berdebu.
Kaktus merupakan salah satu biota khas gurun. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun.
Selain tumbuhan, gurun juga dihuni hewan yang khas, di antaranya unta. Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak di punggungnya yang memungkinkan bagi unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun.
Pemanfaatan unta oleh manusia telah dimulai sejak kurang lebih lima ribu tahun yang lalu. Pemanfaatan unta antara lain untuk diambil susu (yang memiliki nilai nutrisi lebih tinggi daripada susu sapi) dan dagingnya, serta digunakan sebagai hewan pekerja.
27. Biota gurun biasanya memiliki ciri-ciri tertentu untuk beradaptasi terhadap lingkungan gurun yang panas dan berdebu. Tuliskan kata-kata berimbuhan yang terdapat pada kalimat tersebut.
Cara Bermain Congklak
Congklak merupakan permainan tradisional nusantara. Hampir semua anak gadis di Nusantara pernah memainkan permainan ini. Setiap daerah punya nama yang berbeda dalam menyebut permainan ini. Di Jawa Tengah, congklak disebut dhakonan atau dakon, dalam kebudayaan Melayu dikenal dengan nama conkak, di Sulawesi disebut manggaleceng atau anggalacang.
Cara bermain congklak cukup mudah dan mengasyikkan. Congklak dimainkan dengan media berupa kayu yang terdiri atas delapan pasang lubang, sepasang yang agak besar di kiri kanan dan tujuh pasang lainnya yang berukuran lebih kecil di antara kedua lubang besar tersebut. Lubang-lubang kecil tersebut kemudian diisi dengan biji-bijian atau cangkang kerang kecil berjumlah tujuh buah. Cara bermainnya adalah sebagai berikut. (1)[.....], salah seorang yang memulai dapat memilih lubang yang (2)[.....] diambil dan meletakkan satu biji ke lubang di sebelah kanannya dan seterusnya berlawanan arah jarum jam. (3)[.....] biji habis di lubang kecil yang berisi biji lainnya, ia dapat mengambil biji-biji tersebut dan melanjutkan mengisi. (4)[.....], jika habis di lubang besar miliknya sendiri, maka ia dapat melanjutkan dengan memilih lubang kecil di sisinya. Jika ia habis di lubang kecil di sisinya, maka ia harus berhenti (5)[.....] mengambil seluruh biji di sisi yang berhadapan. Akan tetapi, jika ia kehabisan biji di lubang kosong di sisi lawan, maka ia harus berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa. Kedua pemain memainkan hingga ada yang berhenti, setelah itu dilakukan secara bergantian, begitu seterusnya hingga biji congklak habis. Siapa yang mengumpulkan biji terbanyak akan menjadi pemenang. (diolah dari berbagai sumber)
28. Tuliskan hal yang dibicarakan pada isi paragraf pertama teks tersebut!
29. Tuliskan satu contoh informasi yang dapat diketahui mengenai aturan bermain congklak pada teks tersebut!
30. Buatlah dua contoh kalimat yang mengandung keterangan tempat!
EmoticonEmoticon