Kumpulan Soal Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2021 Paket 5

 

Kumpulan Soal Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2021 Paket 5 - Pemerintah pada tahun 2021 ini akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tidak tanggung-tanggung ada 1,3 juta kuota untuk mengisi kekosongan ASN tersebut. 


Kuota penerimaan CASN sebesar 1,3 juta yang terdiri dari: 

1. 1 juta formasi guru PPK. 

2. 189.000 formasi ASN di pemerintah daerah. 

3. 83.000 formasi CPNS/CPPPK ASN di pemerintah pusat. 

Jumlah 1,3 juta formasi ini merupakan kebutuhan untuk 2 tahun, yakni 2020 sampai 2021. 


Sementara itu formasi yang dibuka dalam penerimaan CASN 2021, yakni Formasi Guru PPK. Pelamar dari Guru Honorer Eks THK-2 dan Lulusan PPG. Formasi ASN pemerintah daerah. Terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.000 CPNS jabatan teknis yang sangat diperlukan termasuk tenaga kesehatan. Formasi CPNS/PPPK pemerintah pusat. 


Jumlah sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi untuk berbagai jabatan yang dibutuhkan. Sedangkan jadwal pengadaan seleksi CASN 2021 saat ini masih dalam proses pembahasan dengan Kemendikbud dan BKN.


Materi Ujian PPPK 2021 adalah sebagai berikut : 

- Kompetensi Teknis (Sesuai Mata Pelajaran)

- Tes Bakat Skolastik (penalaran) 

- Manajerial 

- Sosio-Kultural

- Pertanyaan wawancara (dijawab secara tertulis)


Berikut Kumpulan Soal Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2021 Paket 5 :

KOMPETENSI TEKNIS

1. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting  dalam pendididikan di era globalisasi saat ini, dengan maksud agar.....

A. Terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia

B. Tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa luar

C. Adaptif dengan arus globalisasi saat ini

D. Nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa kita

Kunci Jawaban D

 

2. Pak Tino akan menjelaskan konsep perkalian sesuai dengan prisnsip-prinsip  pembelajran yang mendidik kepada siswa dengan peragaan sebagai berikut:

i) pak tino mengajak siswa mengamati lima ekor kucing yang ada dihalaman sekolah

ii) banyak kepala seekor kucing ada 1 sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 1

iii) banyak kepala seekor kucing ada 2 sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 2

iv) banyak kepala seekor kucing ada 4 sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 4

peragaaan yang dilakukan oleh pak tino didalam pembelajaran matematika termaksud model pembelajaran...

A. Inquiry and discovery learning

B. Cotextual teaching and learning

C. Probleme based learning

D. Cooperative learning

Kunci Jawaban B

Ciri Ciri CTL

Media dan sumber belajar dari lingkungan

Siswa membagun pengetahuan dari pengalaman sendiri (konstruktivisme)

Pembelajaran diarahkan menemukan konsep perkalian (Inkuiri)

 

3. Menurut model pembelajaran kontekstual, komponen utama yang lengkap terdiri dari....

A. Inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, penilaian autentik dan refleksi

B. Konstuktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik

C. Konstruktivisme, inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, penilaian autentik dan refleksi

D. Konstruktivisme, inquiry, masyarakat belajar, pemodelan dan refleksi.

Kunci Jawaban B

Prinsip model pembelajaran kontekstual (CTL)

1. Konstruktivisme: proses membangun atau mengembangkan pengetahuan baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman

2. Inkuiri : penyelidikan dalam pembelajaran kontekstual. Artinya, proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir sistematis

3. Bertanya : Pertanyaan Belajar pada dasarnya bertanya dan menjawab pertanyaan

4. Masyarakat belajar :pelaksanaan komunitas belajar

5. Pemodelan adalah proses belajar sebagai contoh untuk menunjukkan sesuatu yang dapat ditiru oleh setiap siswa

6. Refleksi adalah proses penyelesaian pengalaman yang telah dipelajari yang dilakukan dengan menyortir kejadian yang telah melalui pembelajaran

7. Penilaian autentik adalah proses oleh guru untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar siswa

4. Bu windi akan menjelaskan konsep operasi penjumlahan, pengurangan perkalian, dan pembagian tanpa sisa, pada bilangan cacah melibatkan bilangan ribuan, maka guru harus memilih alat peraga yang sesuai yaitu....

A. Block dienes

B. Kartu-kartu bilangan

C. Neraca bilangan

D. Batang cauisenaire

Kunci Jawaban A

 

5. Ibu putu merancang pembelajaran matematika tentang nilai tempat dengan langkah-langkah sebagai berikut ini.

(1) menyiapkan berbagai benda yang dapat diikat, misal: kacang panjang, lidi, karet, sedotan.

(2) menulis suatu bilangan “belasan”, misal: 13, di papan tulis;

(3) meminta siswa untuk mengambil suatu benda yang disediakan sebanyak 13;

(4) meminta siswa membilang banyak benda yang telah diambilnya, untuk mengetahui apakah sudah benar benda tersebut sebanyak 13;

(5) meminta siswa mengambil benda sebanyak 13, tetapi secara bertahap sesuai dengan angka yang dilingkari guru (guru melingkari satuan atau puluhan dulu kemudian melingkari puluhan atau satuan);

(6) meminta siswa untuk membilang banyak benda yang diambilnya, untuk mengetahui apakah benar benda tersebut sebanyak 13;

(7) jika banyak benda yang diambil tidak sama dengan 13, maka guru mengulang langkah

(5) dan (6).

(8) jika banyak benda yang diambil sama dengan 13, maka guru menanyakan ketika guru

melingkari angka 1 berapa banyak benda yang diambil (jawaban yang diharapkan dari siswa adalah 10);

(9) menyimpulkan bahwa 1 pada 13 bernilai 10 dan dia menempati tempat puluhan.

Pembelajaran yang dilakukan ibu putu di atas adalah pembelajaran dengan pendekatan ….

A. Rasionalisme

B. Behavioristik

C. Konstruktivisme

D. Naturalistik

E. Dualisme

Kunci Jawaban C

 

6. Berikut susunan RPP yang benar terdiri atas komponen....

A. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode/model,media, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode/model, media, langkah langkah pembelajaran, evaluasi, sumber belajar

C. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi, tujuan,metode/model,media, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, media, metode/model, langkah langkah pembelajaran, evaluasi, sumber belajar

E. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, media, metode/model, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi

Kunci Jawaban A

Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, maka Komponen RPP yang disusun sebagai berikut:

A. Identitas

1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;

3. kelas/semester;

4. materi pokok;

5. alokasi waktu

B. Kompetensi Inti, kompetensi dasar dan indikator

C. tujuan pembelajaran

D. materi pembelajaran

E. metode pembelajaran,

F. Media pembelajaran

G. Sumber Pembelajaran

H. Langkah langkah

I. Penilaian/evaluasi

 

7. Perhatikan Tabel berikut

 


Tabel diatas adalah nilai Doni. Nilai sikap Doni B. Jika kriteria ketuntasan belajar minimal 70. Maka kesimpulan yang diperoleh adalah...

a. Doni tidak naik kelas karena nilai dibawah kriteria ketuntasan belajar lebih dari 3 meskipun sikap doni baik

b. Doni tidak naik kelas karena ada nilai pada mata pelajaran kelompok A yang dibawah kriteria ketuntasan belajar meskipun sikap doni baik

c. Doni tetap naik kelas karena rata rata semua nilai mata pelajaran di atas kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan, dan juga doni memiliki sikap baik

d. Doni tetap naik kelas karena nilai rata rata masing masing mata pelajaran pada semester 1 dan semester 2 baik pengetahuan dan keterampilan tidak lebih dari 3 mata pelajaran yang di bawah kriteria ketuntasan belajar dan sikap doni baik

e. Doni tetap naik kelas karena kurikulum 2013 memungkinkan guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran.

Kunci Jawaban D

𝑺𝒚𝒂𝒓𝒂𝒕 𝒏𝒂𝒊𝒌 𝒌𝒆𝒍𝒂𝒔

1. Sikap minimal B

2. Nilai dibawah KKM tidak boleh lebih dari 3 (peng & Ket) . rata rata nilai

semester I dan semester II adalah nilai yang dimaksud

3. Ditetapkan rapat dewan guru

 

8. Dalam membuat silabus perlu memperhatikan berbagai hal salah satunya adalah

dalam menyusun silabus di utamakan dapat mengakomodasi keragaman peserta didik,

pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

Hal ini sesuai dengan prinsip....

A. Relevan

B. Sistematis

C. Menyeluruh

D. Fleksibel

E. Aktual kontekstual

Kunci Jawaban D

Relevan artinya 𝒔𝒆𝒔𝒖𝒂𝒊 𝒑𝒆𝒓𝒌𝒆𝒎𝒃𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑷𝒆𝒔𝒆𝒓𝒕𝒂 𝑫𝒊𝒅𝒊𝒌

Sistematis artinya 𝒔𝒂𝒍𝒊𝒏𝒈 𝒕𝒆𝒓𝒌𝒂𝒊𝒕 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒐𝒎𝒑𝒆𝒕𝒆𝒏𝒔𝒊

Menyeluruh artinya 𝒎𝒆𝒍𝒊𝒑𝒖𝒕𝒊 𝒌𝒐𝒈𝒏𝒊𝒕𝒊𝒇 𝒂𝒇𝒆𝒌𝒕𝒊𝒇 𝒅𝒂𝒏 𝒑𝒔𝒊𝒌𝒐𝒎𝒐𝒕𝒐𝒓𝒊𝒌

Fleksibel artinya

𝒎𝒆𝒏𝒈𝒂𝒌𝒐𝒎𝒐𝒅𝒂𝒔𝒊 𝒌𝒆𝒓𝒂𝒈𝒂𝒎𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒏𝒂𝒎𝒊𝒌𝒂 𝒑𝒆𝒓𝒖𝒃𝒂𝒉𝒂𝒏144

Aktual Kontekstual artinya

𝒎𝒆𝒏𝒈𝒊𝒌𝒖𝒕𝒊 𝒑𝒆𝒓𝒖𝒃𝒂𝒉𝒂𝒏 𝒋𝒂𝒎𝒂𝒏 𝒊𝒑𝒕𝒆𝒌 𝒅𝒂𝒏 𝒑𝒆𝒓𝒊𝒔𝒕𝒊𝒘𝒂 𝒌𝒆𝒌𝒊𝒏𝒊𝒂𝒏

 

9. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem  penilaian yang di tuangkan dalam silabus harus cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar hal ini sejalan dengan prinsip...

A. Ilmiah

B. Relevan

C. Sistematis

D. Memadahi

E. Konsisten

Kunci Jawaban D

Prinsip Pengembangan Silabus

Ilmiah : Logis dan benar dapat dipertanggungjawabkan isinya

Relevan : 𝒔𝒆𝒔𝒖𝒂𝒊 𝒑𝒆𝒓𝒌𝒆𝒎𝒃𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑷𝑫

Sistematis : 𝒔𝒂𝒍𝒊𝒏𝒈 𝒕𝒆𝒓𝒌𝒂𝒊𝒕 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒐𝒎𝒑𝒆𝒕𝒆𝒏𝒔𝒊

Memadai : cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar

Konsisten : Adanya konsistensi masing masing komponen silabus

 

10. Dasar acuan penentuan sebaran alokasi waktu perminggu pada program semester adalah....

A. Rincian minggu efektif

B. Silabus pembelajaran

C. Program tahunan

D. KI dan KD

E. Rpp

Kunci Jawaban C

 

11. Berdasarkan hasil penilaian harian diperoleh data dari 32 siswa setelah di tes dengan 10 soal ternyata yang mampu menjawab 10 soal dengan benar ada 15 siswa. 7 siswa menjawab salah 3 soal. Dan 5 siswa berhasil mengerjakan dengan benar 6 soal. Sisanya menjawab benar 2 soal. Tentukan tindakan remidial seperti apa yang harus dilakukan pak burhan jika KKM 70, dan skor masing masing soal 10 ...

A. Memberi tugas kelompok untuk mengerjakan LKS

B. Tugas individu dan mengumpulkannya

C. Meminta siswa yang tuntas untuk menjadi tutor sebaya

D. Melakukan pembelajaran remidial berupa mengulang materi pada peserta remidi

E. Melanjutkan materi pelajaran

Kunci Jawaban A

Banyak siswa = 32 Jumlah soal = 10

15 siswa menjawab benar 10 soal => Artinya tidak remidial145

7 siswa menjawab salah 3 soa => Artinya nilai 70 => Artinya tidak remidial

5 siswa menjawab benar 6 soal => Nilai 60 => peserta remidial

5 siswa menjawab benar 2 soal => Nilai 20 => peserta remidial

Banyak peserta remidial = 10 siswa

𝐏𝐞𝐬 𝐫𝐞𝐦 =

𝟏𝟎

𝟑𝟐

. 100% = 31%

Artinya bimbingan/tugas kelompok

Bimbingan 𝐢𝐧𝐝𝐢𝐯𝐢𝐝𝐮 𝟎𝟐𝟎%

𝐛𝐢𝐦𝐛𝐢𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐥𝐨𝐦𝐩𝐨𝐤 𝟐𝟎% −50%


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)