Kisi-kisi Soal PAT PPKn SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 - Tidak terasa semester genap tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar di satuan pendidikan tingkat SMP/MTs atau yang sederajat akan memasuki akhir tahun pelajaran tersebut. Walaupun tahun ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.
Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat kisi-kisi, soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun, pedoman penilaian dan kunci jawaban PAT. Sementara bagi peserta didik harus mempersiapkan materi yang akan dipelajari walaupun belajar di rumah saja.
PAT (Penilaian Akhir Tahun) ini tiap daerah berbeda-beda, tetapi sudah ada yang menjadwalkan bahwa PAT Tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga 12 Juni 2021. Pelaksanaan PAT kali ini ada 2 pilihan yakni secara daring atau luring.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi kisi-kisi Soal PAT PPKn SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan adanya kisi-kisi ini peserta didik akan belajar fokus pada materi yang akan diujikan, sedangkan bagi bapak dan ibu guru kisi-kisi ini akan digunakan untuk membuat analisis soal setelah PAT.
Tidak hanya itu bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran tersebut. Kisi-kisi ini bisa digunakan untuk menjadi contoh atau acuan pembuatan kisi-kisi dan soal PPKn Kelas 8 kurikulum 2013 pada tahun berikutnya.
Berikut Kisi-kisi Soal PAT PPKn SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021 :
• Memahami politik devide et impera VOC sebagai bentuk penindasan bagi rakyat Indonesia
• Menelaah arti kebangkitan nasional
• Menunjukkan waktu dimulainya pergerakan nasional di Indonesia
• Menelaah perubahan strategi pendekatan perjuangan pergerakan nasional
• Menyebutkan tokoh pencetus ide pendirian Organisasi Budi Utomo
• Menyebutkan tiga nama tokoh nasional pendiri Budi Utomo
• Mengidentifikasi golongan masyarakat yang memiliki kesadaran nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan nasional dengan tidak melakukan perlawanan secara fisik
• Menjelaskan tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari kelahiran Budi Utomo sebagai Hari Kebangkitan Nasional
• Mengidentifikasi faktor-faktor dari luar yang mempengaruhi Kebangkitan Nasional
• Menelaah bukti keberhasilan Kebangkitan Nasional
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk peran politik Budi Utomo
• Menyimpulkan arti penting Kebangkitan Nasional dalam perjuangan mencapai kemerdekaan
• Menunjukkan organisasi pemuda penggagas lahirnya Kongres Pemuda II
• Menelaah landasan utama yang menjadi pjakan proses perumusan Sumpah Pemuda
• Menelaah sikap para pemuda pelopor Sumpah Pemuda dalam mempersatukan para pemuda Indonesia yang berasal dari berbagai suku, agama, RAS dan golongan.
• Mengidentifikasi tokoh pemuda yang memberikan kesempatan kepada WR Supratman menyanyikan lagu Indonesia Raya pada Kongres Pemuda II
• Menyebutkan isi Sumpah Pemuda
• Menunjukkan contoh sikap nasionalisme dan patriotisme
• Mengidentifikasi organisasi pemuda apa saja yang turut andil dalam pergerakan nasional
• Menyebutkan tempat rapat hari pertama Kongres Pemuda II pada 27 Oktober 1928
• Menjelaskan arti penting Sumpah Pemuda bagi generasi muda
• Menyebutkan lima faktor yang memperkuat persatuan dan kesatuan menurut Mohammad Yamin
• Menelaah hal-hal yang harus dilakukan oleh generasi muda saat ini untuk memaknai Sumpah Pemuda
• Mendeskripsikan implementasi semangat Sumpah Pemuda dalam mencintai tanah air di masa Pandemi Covid-19 di lingkungan keluarga
• Mendeskripsikan salah satu bentuk pengamalan nilai Sumpah Pemuda oleh seorang pelajar di lingkungan masyarakat pada masa Pandemi Covid-19
• Menelaah sikap yang harus dimiliki seorang pelajar yang mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam memandang fenomena maraknya berita Hoax
• Menunjukkan contoh sikap baik pelajar dalam penggunaan Bahasa Indonesia saat berkomunikasi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
• Mengidentifikasi sifat negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan yang disesuaikan dengan cinta tanah air
• Menelaah sikap semangat kebangsaan yang dicontohkan dengan tokoh Rudy, seorang pelajar Indonesia yang berprestasi di luar negeri dan pulang ke tanah air untuk mengabdikan diri pada bangsa dan negara Indonesia
• Menelaah sikap para founding fathers negara Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dan membentuk negara Indonesia tidak mengenal lelah maupun memperhitungkan bahaya serta materi yang dikeluarkan
• Menyebutkan lima komitmen kebangsaan, merupakan ruh yang menjiwai seluruh bangsa Indonesia dalam membangun dan bertingkah laku serta merupakan sebuah pondasi yang harus tetap dijaga untuk memperkuat NKRI
• Menyebutkan definisi nasionalisme dari salah satu tokoh ahli ilmu negara
• Menganalisis sikap masyarakat Indonesia terhadap negara lain yang mengakui salah satu seni budaya Indonesia sebagai milik negara mereka.
• Mengidentifikasi sikap cinta tanah air yang tidak baik dilakukan seorang pelajar
• Menguraikan lima makna wawasan kebangsaan bagi bangsa Indonesia
• Mengidentifikasi prinsip nasionalisme yang dilandasi nilai-nilai Pancasila
• Menelaah kalimat penyemangat kebangsaan dari Ir. Soekarno yang berbunyi, “Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.
• Mengidentifikasi sikap yang harus dihindari dalam membina persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat
• Mengidentifikasi sikap positif terhadap komitmen kebangsaan di lingkungan keluarga
• Mengidntifikasi contoh praktek kewarganegaraan yang berkaitan dengan semangat kebangsaan di lingkungan sekolah
• Menganalisis contoh sikap pelajar menunjukkan makna dari Indonesia sebagai satu kesatuan hankam
• Menunjukkan salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan
• Menjelaskan yang dimaksud dengan tokoh masyarakat
• Mengidentifikasi nilai-nilai wawasan kebangsaan
• Mengidentifikasi sikap semangat kebangsaan masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Kemerdekaan dari waktu ke waktu
Bagi Anda yang membutuhkan Soal PAT PPKn SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 silakan download di sini
EmoticonEmoticon