Aktivitas Permainan Bulu Tangkis (Dok. Modul PJJ PJOK Kelas 8) |
Soal Penilaian Harian PJOK Kelas 8 Semester Ganjil Materi Aktivitas Permainan Bulu Tangkis - Bagi bapak dan ibu guru SMP yang mengajar semester ganjil sudah dilalui beberapa minggu, dan biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat soal untuk penilaian harian yang sesuai dengan kurikulum 2013.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal-soal penilaian harian mata pelajaran PJOK Kelas 8 Semester Ganjil materi Aktivitas Permainan Bulu Tangkis yang mungkin bisa dijadikan referensi.
Soal Penilaian Harian khususnya pelajaran PJOK Kelas 8 Semester Ganjil Materi Aktivitas Permainan Bulu Tangkis yang dikutip dari Modul PJJ PJOK Kelas 8 Semester Gasal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Berikut soal penilaian harian PJOK Kelas 8 Semester Ganjil Materi Aktivitas Permainan Bulu Tangkis :
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban paling benar.
1. Pukulan rangkaian yang dilakukan secara berurutan dan berkesinambungan yang menggabungkan antara gerakan yang satu dengan gerakan yang lainnya dalam permainan bulutangkis disebut . . . .
a. variasi permainan
b. pola pukulan
c. taktik permainan
d. strategi permainan
2. Bentuk rangkaian gerakan dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan menciptakan . . . .
a. teknik yang sempurna
b. suasana permainan yang ideal
c. pola permainan yang terpadu
d. taktik permainan yang jitu
3. Suatu pola umum permainan yang digunakan untuk menghadapi dan mengatasi pola permainan lawan tertentu dinamakan . . . .
a. pola permainan
b. tipe permainan
c. strategi permainan
d. langkah-langkah permainan
4. Pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock ke daerah lawan dengan menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net merupakan pukulan . . . .
a. pukulan lob
b. pukulan smash
c. pukulan drive
d. pukulan dropshot
5. Pukulan servis yang sering digunakan oleh ganda adalah . . . .
a. drive service
b. long service
c. lob service
d. short service
B. Jawablah soal di bawah ini dengan singkat dan tepat.
1. Jelaskan cara melakukan gerakan pukulan shuttlecock forehand overhead permainan bulu tangkis.
2. Jelaskan cara melakukan gerakan variasi pukulan forehand dan backhand tanpa net permainan bulu tangkis.
3. Jelaskan cara melakukan gerakan variasi pukulan forehand dan backhand melewati net permainan bulu tangkis.
4. Jelaskan cara melakukan gerakan variasi gerakan pukulan backhand tanpa net, dilanjutkan menggunakan net, secara berpasangan atau kelompok permainan bulu tangkis.
5. Tuliskan bentuk-bentuk pembelajaran bermain bulu tangkis.
Jawaban Uraian
1. a. Memukul shuttlecock menggunakan teknik forehand overhead, dengan shuttlecock dilambung teman, dilakukan berpasangan atau kelompok, di tempat, bergerak mundur, maju, menyamping, dilanjutkan dengan formasi berbanjar dengan menggunakan teknik pukulan forehand.
b. Pemain yang telah melakukan gerakan melambung dan memukul shuttlecock berpindah tempat.
c. Pembelajaran dilakukan perorangan atau kelompok.
d. Pembelajaran dilakukan berulang-ulang selama 5 menit.
2. a. Aktivitas pembelajaran diawali dengan berdiri saling berhadapan.
b. Kemudian lakukan pukulan forehand dan backhand
c. Pembelajaran dilakukan sambil bergerak ke kiri dan kanan lapangan, bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerak memukul, bergerak berpindah tempat.
3. a. Aktivitas pembelajaran diawali dengan berdiri berhadapan.
b. Kemudian lakukan gerakan memukul forehand dan backhand.
c. Pembelajaran dilakukan sambil bergerak ke kiri dan kanan lapangan,
bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerak memukul, bergerak berpindah tempat.
4. a. Aktivitas pembelajaran diawali dengan pemain 1 melakukan servis panjang.
b. Kemudian pemain 2 mengembalikan dengan pukulan backhand.
c. Selanjutnya pemain 1 mengembalikannya lagi dengan pukulan backhand.
d. Servis dilakukan secara bergantian.
5. a. Aktivitas pembelajaran 1 variasi pukulan forehand dan backhand tanpa net.
b. Aktivitas pembelajaran 2 variasi pukulan forehand dan backhand melewati net
c. Aktivitas pembelajaran 3 variasi gerakan servis panjang forehand panjang dan pendek tanpa net, dan dilanjutkan menggunakan net dilakukan berpasangan atau formasi berbanjar
d. Aktivitas pembelajaran 4 variasi gerakan servis pendek forehand panjang dan pendek tanpa net, dan dilanjutkan menggunakan net dilakukan berpasangan atau formasi berbanjar
e. Aktivitas pembelajaran 5 gerakan pukulan backhand tanpa net, dilanjutkan menggunakan net, secara berpasangan atau kelompok.
Dapatkan penghasilan Online dari berbagi dan menulis artikel tentang apa saja. Bisa artikel tentang kesehatan, pendidikan, politik, ekonomi, budaya dll. Caranya mudah kok, silakan klik tautan berikut ini: DAFTAR... Lalu Register di Kanan Atas ya..
EmoticonEmoticon