Hakikat Pembelajaran Inovatif yang Harus Guru Ketahui

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Hakikat Pembelajaran Inovatif yang Harus Guru Ketahui. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Pembelajaran Inovatif – Guru merupakan seorang nahkoda yang harus tahu bagaimana kondisi anak buahnya, kondisi kapal, dan kondisi sekitar. Guru perlu memberikan sebuah pembelajaran yang sesuai dengan muridnya itu. 

Setiap murid memiliki keunikannya masing-masing. Sekarang sudah tidak terlalu efektif untuk menyamaratakan kemampuan semua siswa di kelas. Di sini guru perlu mengetahui yang namanya hakikat pembelajaran inovatif dan interaktif. 

Hakikat pembelajaran inovatif dan interaktif itu menyangkut sebuah kegiatan belajar mengajar yang mengedepankan komunikasi dan interaksi. Guru yang menciptakan ruang belajar seperti ini perlu kreatif untuk melakukannya. Semua pembelajaran yang dilakukan akan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Jadi kematangan dalam membuat RPP tentu saja dibutuhkan agar pembelajarannya bisa dilakukan dengan maksimal.

Pembelajaran inovatif dan interaktif itu merupakan sebuah gebrakan dari guru. Hal ini karena arti dari inovatifnya itu sendiri adalah ‘baru’. Lalu interaktif itu artinya ‘saling berhubungan’. Jadi guru akan melakukan pembelajaran yang baru dan komunikatif di kelas. Pembelajaran ini juga merupakan solusi yang biasanya bisa memecahkan masalah dari pembelajaran sebelumnya.

Hakikat Pembelajaran Inovatif dan Interaktif

Hakikat pembelajaran inovatif dan interaktif merupakan konsep yang dirancang untuk mencapai tujuan sebuah pembelajaran di kelas. Ada banyak perbedaannya dengan cara belajar pada konsep sebelumnya. Jadi jika sebelumnya konsep belajarnya itu hanya satu arah dari guru dan murid harus menghafal materi tersebut. Namun sekarang semuanya dirancang kembali agar lebih efektif. 

Hakikat pembelajaran inovatif dan interaktif merupakan guru yang menjadi fasilitator muridnya, dengan tujuan muridnya bisa semakin aktif. Jadi guru perlu membantu murid agar bisa maksimal untuk menggunakan seluruh panca inderanya. Jadi tidak hanya duduk manis dan menulis. Tetapi, ada sesi berpikir, diskusi, berbicara di depan kelas, dan juga kerja tim. 

Guru jangan sampai kehilangan akal untuk memberikan pembelajaran inovatif dan interaktif. Ada banyak metode pembelajaran dan media yang bisa digunakan untuk guru untuk menyampaikan materi di kelas. Murid perlu mengembangkan afektif, kognisi, dan psikomotornya. Jadi tidak hanya menerima materi saja, tetapi murid bisa mempelajari atau banyak belajar dari 3 sisi tersebut.

Murid perlu merasakan pelajaraan dari gurunya yang efektif. Mereka jangan sampai tidak senang atau tidak nyaman belajar di dalam kelas. Jadi guru perlu melakukan pembelajaran yang bisa menarik perhatian afeksi, kognisi dan psikomotornya. Dengan begitu pembelajaran bisa dirasakan oleh murid dan materi bisa diterima secara keseluruhan. 

Kelebihan dari pembelajaran seperti ini membuat murid menjadi pribadi yang aktif, belajar mandiri dan juga bisa bersosialisasi dengan baik. Jadi pada akhirnya hal ini akan meminimalisir kesenjangan antar murid yang biasanya terjadi. Pembelajaran yang biasa dilakukan secara bersama-sama akan membuat murid bisa belajar secara mandiri. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Artikel Hakikat Pembelajaran Inovatif yang Harus Guru Ketahui pertama kali tampil pada NaikPangkat.com.



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon