Proposal Penelitian – Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk mencari solusi sekaligus memecahkan permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran di tiap sekolah secara menyeluruh, baik dari peserta didik, tenaga pendidik maupun kependidikan serta semua aktivitas pembelajaran di sekolah.
Karena bersifat khusus, menentukan penelitian tindakan kelas juga harus dilakukan secara cermat dan penelitian yang dilakukan adalah tentang masalah pembelajaran dalam berbagai di lingkup satuan pendidikan dalam hal ini sekolah.
Proses Identifikasi Penelitian Tindakan Kelas
Sebelum mengajukan penelitian masalah melalui proposal penelitian tindakan kelas. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan identifikasi terhadap situasi maupun kondisi yang berlangsung dan menjadi penyebab timbulnya masalah atau kendala dalam proses pembelajaran.
Selain itu, sebuah masalah yang hendak dilakukan penelitian memiliki sifat penting terhadap kelangsungan pembelajaran yang bersifat harus segera dipecahkan, dengan melihat beberapa faktor penunjang seperti biaya, waktu, daya dukung dalam melakukan penelitian tersebut.
Proposoal Penelitian Tindakan Kelas
Semua masalah yang akan dan hendak dilakukan penelitian itu, harus dirangkum secara sistematis dalam sebuah proposal yang menjadi referensi untuk pelaksanaan penelitian tindakan kelas, mulai dari jenis masalah, penyebab masalah, kesimpulan hingga solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Semua itu terangkum dalam satu kesatuan utuh dan saling terkait dalam sebuah proposal penelitian tindakan kelas.
Komponen Pendukung Proposal Penelitian Tindakan Kelas
Terdapat sejumlah komponen pendukung dalam penyusunan sebuah proposal penelitian tindakan kelas, berikut komponen beserta penjelasannya:
Judul
Judul proposal penelitian tindakan kelas harus jelas, spesifik dan menjadi gambaran secara keseluruhan dari masalah yang hendak diteliti, upaya maupun tindakan untuk mengatasi masalah serta tempat pelaksanaan penelitian tindakan kelas.
Pendahuluan
Pendahuluan pada proposal ini harus mampu memberikan gambaran dan deskripsi dari masalah yang hendak diteliti di sekolah dan bersifat mendesak untuk harus segera dipecahkan serta hal lain yang terkait dengan proses pemecahan masalah.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah harus bersifat langsung, detail dan jelas dalam hal rumusan penelitian tindakan kelas. Diupayakan membangun kalimat yang bersifat tanya, menjelaskan cara penelitian mulai dari proses awal, pengidentifikasian hingga referensi penyelesaian masalah.
Tujuan Penelitian
Harus menjelaskan tujuan dari pelaksanaan penelitian secara konsisten dan relevan dan harus sesuai dengan target dari hasil yang hendak dicapai dalam penelitian tersebut.
Manfaat Hasil Penelitian
Manfaat penelitian harus punya dampak terhadap proses pembelajaran dan kualitas pendidikan secara keseluruhan baik untuk guru, siswa, sekolah hingga komponen lainnya.
Kajian Pustaka
Bersifat teoritis dan mengacu pada masalah yang hendak diteliti termasuk acuan metode dalam melakukan penelitian serta langkah dalam melakukan penelitian.
Metode Penelitian
Jelaskan secara rinci latar masalah, subjek masalah yang hendak diteliti, proses pengumpulan data, cara menganalisa data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian.
Jadwal Penelitian
Menjelaskan tentang pelaksanaan penelitian yang lebih bersifat waktu pelaksanaan sejak dari proses perencanaan penelitian, persiapan, pelaksanaan penelitian hingga target penelitian.
Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!
Artikel Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pertama kali tampil pada NaikPangkat.com.
Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.
EmoticonEmoticon