Guru Wajib Daftar! Diklat 32JP Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Murid Dalam Merdeka Belajar

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Guru Wajib Daftar! Diklat 32JP Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Murid Dalam Merdeka Belajar. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Sebagai upaya peningkatan kompetensi guru e-guru.id telah membuka pendaftaran diklat bersertifikat 32JP Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Murid Dalam Merdeka Belajar.

Diklat ini merupakan salah satu diklat yang diadakan oleh e-guru.id untuk mendidik dan melatih guru agar dapat melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan murid dalam merdeka belajar.

e-guru.id merupakan sebuah website membership yang memberikan beragam fasilitas untuk menunjang peningkatan kompetensi akademisi baik guru, dosen, instruktur, essay writer, maupun pelaku pendidikan lainnya.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan sebuah strategi pembelajaran yang mendukung dan menyesuaikan kebutuhan belajar murid. Dalam pembelajaran berdiferensiasi guru harus memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya.

Dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi, maka guru perlu melakukan tindakan yang masuk akal yang akan digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Suatu Ciri atau karakteristik pembelajaran berdiferensiasi yaitu antara lain lingkungan belajar yang mendukung motivasi belajar, kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, adanya penilaian berkelanjutan, guru dapat dengan mudah menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid serta manajemen kelas yang efektif.

Agar dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, maka hal yang harus dilakukan oleh guru antara lain:

1. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek yakni kesiapan belajar, minat belajar serta profil belajar murid.

2. Merencanakan pembelajaran berdasarkan hasil pemetaan (memberikan berbagai pilihan baik dari strategi, materi serta cara belajar)

3. Mengevaluasi serta merefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung.

4. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar dan hasil pemetaan tersebut digunakan sebagai acuan dalam pembuatan rencana pembelajaran. Untuk memetakan kebutuhan belajar murid guru memerlukan data yang akurat baik dari murid, orang tua/wali, maupun dari lingkungannya. Pemetaan data tersebut dapat dilakukan melalui wawancara, angket, survei dan sebagainya.

Strategi pembelajaran berdiferensiasi ada tiga jenis. Ketiga jenis tersebut diantaranya:

1. Direfensiasi konten

Diferensiasi konten merupakan strategi pembelajaran  yang dapat diajarkan kepada murid yang dapat dibedakan sebagai tanggapan terhadap kesiapan, minat, dan profil belajar murid maupun kombinasi dari ketiganya. Untuk menerapkan strategi ini maka guru harus menyediakan bahan dan alat sesuai dengan kebutuhan belajar murid.

2. Diferensiasi proses

Diferensiasi proses merupakan strategi pembelajaran yang mengacu pada bagaimana murid memahami atau memaknai tentang apa yang dipelajari. Diferensiasi proses dapat dilakukan dengan cara menggunakan kegiatan berjenjang, meyediakan pertanyaan pemandu atau sebuah tantangan yang perlu diselesaikan, membuat agenda individual untuk murid, serta mengembangkan kegiatan bervariasi.

3. Diferensiasi produk

Diferensiasi produk merupakan strategi pembelajaran  yang mengacu pada hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang ditunjukkan murid kepada guru yang dapat berupa karangan, pidato, rekaman, diagram atau sesuatu yang ada wujudnya. Produk yang dapat diberikan tersebut meliputi 2 hal yakni pemberian tantangan serta keragaman dan pemberian pilihan kepada murid tentang bagaimana mereka dapat mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan.

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat memberikan manfaat bagi sekolah, kelas, dan terutama kepada murid. Penerapan pembelajaran tersebut akan memberikan manfaat antara lain setiap orang merasa disambut dengan baik, murid dengan berbagai karakteristik merasa dihargai, merasa aman, serta ada harapan bagi pertumbuhan, kesuksean mengajar untuk guru serta keadilan dalam bentuk nyata, guru dan murid berkolaborasi, kebutuhan belajar murid terfasilitasi dan terlayani dengan baik. Sehingga dengan demikian diharapkan pembelajaran berdiferensiasi dapat memberikan manfaat untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Agar dapat melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi untuk memehuh kebutuhan murid dalam merdeka belajar ikutilah pelatihan bersertifikat 32JP dengan tema “ Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Murid dalam Merdeka Belajar ” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Artikel Guru Wajib Daftar! Diklat 32JP Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Murid Dalam Merdeka Belajar pertama kali tampil pada NaikPangkat.com.



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon