Setelah mengikuti Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar Topik Profil Pelajar Pancasila Modul 8 Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran, bapak dan ibu guru akan melanjutkan ke modul berikutnya melalui platform Merdeka Mengajar agar bisa memahami Kurikulum Merdeka.
Di dalamnya ada berbagai menu termasuk Pelatihan Mandiri. Pelatihan ini berisi informasi tentang Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu bapak dan ibu guru harus mengikuti kegiatan ini hingga selesai.
Kegiatan Pelatihan Mandiri ini di dalamnya terdapat materi, latihan pemahaman, cerita refleksi dan post test agar bisa melanjutkan ke modul berikutnya. Berikut ini latihan pemahaman, cerita refleksi dan Post Test Platform Merdeka Mengajar Topik Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/) :
Visi Misi dan Budaya Satuan Pendidikan
AKTIVITAS
Visi dan Misi Satuan Pendidikan
Lingkungan Belajar Yang Nyaman
Latihan Pemahaman
1. Pada pilihan berikut, pernyataan yang salah mengenai visi dan misi yaitu:
Visi adalah gambaran masa depan
Misi dituliskan dalam kalimat tindakan
Visi bersifat realistis, kredibel, dan atraktif
Visi tidak harus selalu ideal
2. Budaya sekolah ditentukan oleh:
Pemerintah daerah
Kepala sekolah dan manajemen sekolah
Perwakilan seluruh warga sekolah
Guru bersama perwakilan orang tua
CERITA REFLEKTIF
Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana?
Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
AKTIVITAS
Merumuskan TP dan ATP
Latihan Pemahaman
1. Sebelum merumuskan Tujuan Pembelajaran kita perlu
A. Menyusun Alut Tujuan Pembelajaran
B. Memahami Capaian Pembelajaran
C. Membuat Perencanaan Pembelajaran
D. Semua benar
2. Tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama yaitu kompetensi dan lingkup materi.
Benar
Salah
CERITA REFLEKTIF
Hal apa yang membuat Ibu dan Bapak Guru menyukai mata pelajaran yang saat ini diampu?
1. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)
1. Wawancara.
2. Pemilihan informasi yang relevan.
3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
4. Merumuskan misi sekolah.
5. Merumuskan visi sekolah.
Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....
A. 1-2-3-4-5
B. 1-2-3-5-4
C. 2-1-3-5-4
D. 1-3-2-4-5
2. Bu Meiske adalah kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut:
1. sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat;
2. sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas;
3. semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan
4. sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi.
Dengan menganalisis konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah?
A. Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK, dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila
B. Mencetak lulusan yang pintar, unggul dalam berbagai mata pelajaran, serta berwawasan mendunia
C. Menjadi institusi terdepat dalam menjaga kelestarian lingkungan, menciptakan lulusan yang berprestasi, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab
D. Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab
E. Mencetak lulusan yang mampu bersain di lingkungan kerja secara profesional dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila
3. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah
Benar
Salah
4. Pemerintah berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang bukan merupakan aturan untuk mewujudkan hal tersebut , kecuali
A. Permendikbud No.23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
B. Permendikbud No.64 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah
C. Permendikbud No.82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan
D. Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Mengelola Pembelajaran
E. Permendikbud No.18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru
5. Perhatikan beberapa komponen berikut:
1. Menyusun alur tujuan pembelajaran
2. Memahami Capaian Pembelajaran
3. Merumuskan tujuan pembelajaran
4. merancang pembelajaran
Proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran adalah....
A. 2-1-3-4
B. 2-3-1-4
C. 4-2-3-1
D. 2-1-4-3
6. Berikut pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah ....
A. Alur tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan kemampuan prasyarat antarkompetensi
B. Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama
C. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan Capaian pembelajaran
D. Alokasi jumlah JP dalam 1 tahun harus dipertimbangkan saat menyusun tujuan pembelajaran
7. Bu Ika adalah seorang guru PJOK. Saat menyusun alur tujuan pembelajaran, Bu Ika memperhatikan tingkat kemampuan yang diharapkan dari murid, mulai dari gerakan dasar yang sederhana sampai ke gerakan yang lebih kompleks.
Hal yang dilakukan Bu Ika sesuai dengan prinsip alur tujuan pembelajaran, yaitu ...
A. Alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP
B. Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan
C. Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran
D. Metode penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit, dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran
Dapatkan penghasilan Online dari berbagi dan menulis artikel tentang apa saja. Bisa artikel tentang kesehatan, pendidikan, politik, ekonomi, budaya dll. Caranya mudah kok, silakan klik tautan berikut ini: DAFTAR... Lalu Register di Kanan Atas ya..
EmoticonEmoticon