Peran Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Peran Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Pembelajaran kooperatif NHT – Setiap siswa memiliki kemampuan berbeda-beda dalam menyerap pelajaran yang mereka peroleh dari guru. Dalam hal ini peran guru sangat penting agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan timbul rasa suka terhadap pelajaran yang diberikan karena dengan menyukai pelajaran yang diberikan maka siswa akan selalu ingin belajar pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut. Oleh karena itu guru harus dapat menimbulkan motivasi untuk belajar bagi siswa serta mengarahkan siswa agar dapat belajar tanpa merasa terpaksa dan tanpa merasa bosan terhadap apa yang materi diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Oleh karena itu, diperlukan cara yang mudah untuk menyampaikan bahan pelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) diharapkan bisa memotivasi siswa untuk lebih siap belajar materi pembelajaran tanpa ada rasa takut untuk mempelajarinya.

kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat membentuk aktivitas sosial siswa di kelas. Maka dari itu, siswa diharapkan akan lebih mudah dalam memahami pelajaran sehingga kemampuan dalam menghitung pecahan akan meningkat. Peran penting dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan cara menggunakann strategi kooperatif tipe NHT (Number Head Together) agar siswa dapat berinteraksi dengan sesama anggotanya, kemampuan berkomunikasi, menjalin hubungan dengan orang lain, menghargai diri sendiri dan orang lain, memberi atau menerima umpan balik, dan memberi atau menerima kritik.

Menurut Sugiyanto (2008: 35) menyebutkan bahwa pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.

Apa saja manfaat pembelajaran kooperatif ?

Manfaat pembelajaran kooperatif antara lain:

  1. Membantu siswa belajar berpikir berdasarkan sudut pandang suatu subjek bahasan dengan memberikan kebebasan siswa dalam praktik berpikir,
  2. Membantu siswa mengevaluasi logika dan bukti-bukti bagi posisi dirinya atau posisi yang lain,
  3. Memberikan kesempatan pada siswa untuk memformulasikan penerapan suatu prinsip,
  4. Membantu siswa mengenali adanya suatu masalah dan memformulasikannya dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari bacaan atau ceramah,
  5. Menggunakan bahan-bahan dari anggota lain dalam kelompoknya, dan
  6. Mengembangkan motivasi untuk belajar yang lebih baik.

NHT (Number Head Together)

Number Head Together adalah struktur pembelajaran cooperatif yang dikembangkan oleh Kagan dan kawan – kawan (2009). Number Head Together ini adalah strategi pembelajaran yang menggambarkan hubungan antara antara guru, siswa dan konten yang diajarkan. Pada dasarnya Number head Together merupakan variasi dari diskusi kelompok, variasinya yaitu pada hanya satu siswa yang mewakili kelompoknya tetapi sebelumnya tidak diberi tahu siapa yang akan menjadi wakil kelompok tersebut. Metode ini adalah salah satu cara terbaik untuk menambah keterampilan sosial siswa dalam untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan bekerja sama berpartisipasi dalam kelompok.

Apa saja langkah-langkah metode NHT (Number Head Together)?

Langkah-langkah pembelajaran kooperatif NHT (Number Head Together) dikembangkan oleh Ibrahim (2000: 29) menjadi enam langkah sebagai berikut :

Langkah 1. Persiapan Dalam tahap ini guru mempersiapkan rancangan pelajaran dengan membuat Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Langkah 2. Pembentukan kelompok Dalam pembentukan kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa. Guru memberi nomor kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang berbeda. Penomoran adalah hal yang utama di dalam NHT, dalam tahap ini guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan tiga sampai lima orang dan memberi siswa nomor sehingga setiap siswa dalam tim mempunyai nomor berbeda-beda, sesuai dengan jumlah siswa di dalam kelompok. Kelompok yang dibentuk merupakan percampuran yang ditinjau dari latar belakang sosial, ras, suku, jenis kelamin dan kemampuan belajar. Selain itu, dalam pembentukan kelompok digunakan nilai tes awal (pre-test) sebagai dasar dalam menentukan masing-masing kelompok.

Halaman Selanjutnya

Baca lengkapnya di sini:…



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon