Psikososial merupakan aspek yang penting dalam pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik di lingkungan sekolah. Aspek ini terdapat perkembangan psikososial yang juga harus dipahami oleh guru dan juga peserta didik.
Perkembangan psikososial tersebut menjadi salah satu hal yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana aspek psikologis dari peserta didik tersebut dapat berkembang. Hal tersebut tentu juga dipengaruhi oleh aspek sosial.
Wawasan mengenai psikososial tersebut menjadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana perkembangan tersebut dapat terjadi. Perkembangan peserta didik tersebut memperhatikan antara aspek psikologis dan juga aspek sosial.
Aspek sosial tersebut dapat mempengaruhi aspek psikologis. Hal tersebut dapat disebabkan dengan adanya interaksi sosial yang dilakukan akan mengakibatkan perubahan pada aspek psikologis itu sendiri.
Interaksi sosial tersebut juga dapat mengakibatkan perubahan pada diri peserta didik. Aspek tersebut dapat membuat perkembangan emosi dari peserta didik juga akan terus berubah. Hal tersebut juga akan menyebabkan perubahan pada diri peserta didik.
Selain itu perkembangan tersebut juga tidak jauh dari adanya faktor lingkungan sosial. Lingkungan sosial ini memiliki peran penting dalam perkembangan karakter dari peserta didik itu sendiri. Hal tersebut harus diperhatikan oleh guru.
Psikososial sendiri merupakan teori yang dikembangkan berdasarkan perkembangan jiwa dan juga perkembangan sosial pada anak. Selain itu teori tersebut juga membahas mengenai perkembangan pada masa dewasa.
Pada masa dewasa, aspek psikologis dari peserta didik akan berubah. Perubahan tersebut didasari pada interaksi sosial yang dilakukan. Hal tersebut juga membuat perkembangan dari peserta didik berubah.
Selain itu, untuk perkembangan psikososial tersebut adalah sebagai berikut:
1. Fase Oral
Fase ini adalah tugas dimana mengembangkan rasa percaya pada diri sendiri dan dunia. Pada masa bayi, mereka akan mengembangkan rasa percaya bahwa mereka dicintai. Pada tahap ini timbul suatu krisis yaitu “percaya lawan tidak percaya”.
2. Fase Anal
Fase ini adalah fase periode masa anak anak awal yang juga sering disebut dengna fase otonomi. Hal ini merupakan perjuangan dari otonomi melawan rasa malu. Pada tahap ini anak perlu untuk belajar mandiri, menguasai lingkungan, dan memiliki rasa memadai.
Halaman Selanjutnya
Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.
EmoticonEmoticon