Menyusun Asesmen yang Tepat Dalam Pembelajaran Projek

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Menyusun Asesmen yang Tepat Dalam Pembelajaran Projek. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Menyusun Asesmen yang Tepat Dalam Pembelajaran Projek – Asesmen merupakan bagian penting dari pembelajaran dalam projek. Oleh karena itu, dalam merencanakan projek, termasuk dalam menyusun modul projek, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang asesmen projek.

Asesmen berfungsi untuk menjadi indikator dalam menentukan apakah suatu tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum. Ketika tujuan sudah tercapai maka harus ada tindak lanjutnya, jika tujuan belum tercapai maka harus mencari apa yang belum terpenuhi dan apa yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Menurut Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka, terdapat 5 hal yang perlu diperhatikan ketika menyusun Asesmen yang tepat dalam pembelajaran Projek Penguatan, yaitu:

1. Keberagaman Peserta didik

Aspek keberagaman peserta didik ini harus dipertimbangkan dari kondisi peserta didik dan sesuaikan metode asesmen. Tidak semua jenis asesmen cocok untuk semua kegiatan dan tiap individu peserta didik.

Asesmen yang beragam dapat membantu pendidik dan peserta didik merasakan pembelajaran yang berbeda. Gunakan pertanyaan ini untuk memandu pembuatan asesmen:

Apa dan bagaimana tingkat kemampuan peserta didik?
Apakah sesuai dengan fase pencapaian elemen dan sub-elemen profil?
Berapa jumlah peserta didik yang terlibat dalam projek?
Seberapa besar perbedaan kompetensi peserta didik?
Bagaimana tingkat keberagaman budaya, sosial dan ekonomi, peserta didik?
Apakah keberagaman itu bisa menjadi hambatan pembelajaran peserta didik dalam projek?

2. Tujuan Projek

Pertimbangkan tujuan pencapaian projek ini menyusun asesmen yang tepat bukan hanya mengutamakan pada produk pembelajaran, tetapi berfokus pada dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang dituju.

3. Indikator Perkembangan

Pembuatan indicator disini harus menyesuaikan pada perkembangan sub-elemen antar fase di awal projek berguna untuk memperjelas tujuan projek.

Halaman Selanjutnya 

4. Keterkaitan antar Asesmen…

Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon