Gratis Biaya Kuliah, Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2023

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Gratis Biaya Kuliah, Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2023 kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Ada informasi penting mengenai pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah 2023 yang telah dibuka sampai dengan bulan Oktober mendatang, untuk link pendaftaran dan cara pendaftaran dapat simak artikel ini.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah merupakan bantuan pendidikan khusus yang ditujukan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu untuk memperoleh biaya kuliah dan uang saku sampai lulus.

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai penerima KIP Kuliah 2023 diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  2. Mahasiswa berasal dari panti asuhan atau panti sosial
  3. Calon mahasiswa berasal dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  4. Calon mahasiswa berasal dari keluarga yang masu ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Adapun manfaat utama yang akan diperoleh penerima KIP Kuliah Merdeka tahun 2023 yaitu jaminan biaya pendidikan yang akan dibayarkan langsung kepada Perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi dari Program Studi (Prodi).

Selain itu penerima KIP Kuliah Merdeka yang terpilih juga akan memperoleh bantuan biaya hidup. Bantuan biaya hidup ini sepenuhnya merupakan hak dari mahasiswa sehingga nantinya akan di transfer secara langsung ke dalam rekening mahasiswa penerima.

Pada tahun 2023, bantuan biaya hidup yang akan diberikan kepada para mahasiswa terpilih terbagi di dalam 5 klaster besaran berdasarkan wilayah perguruan tinggi yang dipilih mahasiswa, yaitu sebagai berikut:

  1. Klaster pertama akan diberikan biaya hidup sebesar Rp 800.000 setiap bulan
  2. Klaster kedua akan diberikan biaya hidup sebesar Rp 950.000 setiap bulan
  3. Klaster ketiga akan diberikan biaya hidup sebesar Rp 1.100.000 setiap bulan
  4. Klaster keempat akan diberikan biaya hidup sebesar Rp 1.250.000 setiap bulan
  5. Klaster kelima akan diberikan biaya hidup sebesar Rp 1.400.000 setiap bulan

Pemberian biaya hidup berdasarkan klaster ini didsarkan pada hasil Survei Besaran Biaya Hidup dan Survei Sosial Ekonomi Nasional yang dilakukan oleh Bada Pusat Statistik.

Untuk calon mahasiswa peserta KIP Kuliah 2023 yang mengambil program sarjana akan diberikan beasiswa atau bantuan ini dalam jangka waktu maksimal 8 semester. Untuk calon mahasiswa yang mengambil Diploma IV maksimal 8 semester, Diploma III maksimal selama 6 semester dan Diploma II maksimal selama 4 semester.

Sebelum mendaftar KIP Kuliah 2023 para calon penerima harus terlebih dahulu menyiapkan Nomor Induk Keluarga (NIK), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan alamat email yang valid dan aktif.

Halaman Selanjutnya

Adapun cara melakukan pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Artikel Gratis Biaya Kuliah, Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2023 pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Gratis Biaya Kuliah, Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2023 bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon