Guru Perlu Tahu, Acuan Dalam Penyusunan Asesmen Sumatif

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Guru Perlu Tahu, Acuan Dalam Penyusunan Asesmen Sumatif. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Dalam penyusunan asesmen sumatif memiliki beberapa acuan, agar penyusunannya dapat dilaksanakan secara benar dan dapat mencapai tujuan dilaksanakannya asesmen tersebut. Simak acuan dalam penyusunan asesmen sumatif yang guru perlu guru ketahui.

Asesmen menurut fungsinya terbagi menjadi 2 yaitu for of learning dan of learning. Untuk memahami selengkapnya akan dijelaskan berikut ini.

Sumatif (for and of leraning)

Asesmen ini memliki beberapa fungsi diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik dalam satu lingkup materi
  2. Refleksi pembelajaran dalam satu lingkup materi
  3. Umpan balik untuk merancang atau memperbaiki proses pembelajaran berikutnya.
  4. Melihat kekuatan dan kelemahan belajar pada peserta didik selama pembelajaran satu lingkup materi

Beberapa teknik asesmen yang dapat digunanakan dalam asesmen sumatif (for and of learning) seperti , praktik, produk, peoyek, portofolio, tertertulis maupun ter lisan.

Hasil atau dokumen akhir dari asesmen ini adalah seperti Produk hasil belajar, dan Nilai berupa angka.

Sumatif Semester (of learning)

Merupakan sebagai asesmen pilihan, boleh dilakukan boleh juga tidak dilakukan. Satuan pendidikan dapat melakukan asesmen sumatif pada akhir semester jika mengkonfirmasi hasil sumatif akhir lingkup materi untuk mendapatkan data yang lebih lengkap.

Asesmen Sumatif Semester ini memiliki fungsi, yaitu sebagai berikut :

  1. Alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada periode tertentu.
  2. Mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian yang telah ditetapkan.
  3. Umpan balik untuk merancang atau perbaikan proses pembelajaran semester atau tahun ajar berikutnya (sama seperti fungsi asesmen formatif)
  4. Melihat kekuatan dan kelemahan belajar pada peserta didik (sama seperti fungsi pada asesmen diagnostik)
  5. Dapat menggunakan teknik asesmen seperti pratkti, produk, proyek portofolio dan tes tertulis.
  6. Yang nantinya hasil dari asesmen sumatif semester ini adalah produk hasil belajar dan nilai yang berupa angka.

Dalam penyusunannya guru juga perlu mengetahui karakteristik asesmen sumatif.

Karakteristik Asesmen Sumatif

  1. Dilakukan setelah pembelajaran berakhir

Asesmen sumatif ini dilakukan misalnya saat satu lingkup materi selesai atau akhir semester atau akhir tahun pelajaran.

  1. Pelaksanaan yang bersifat formal

Maksudnya yaitu bahwa asesmen ini membutuhkan perancangan instrumen yang tepat sesuai dengan capaian kompetensi yang diharapkan.

Serta dalam pelaksanaan asesmen sumatif harus sesuai dengan prinsip- prinsip asesmen.

Halaman selanjutnya,

3. Sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah…



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon