Link Download Materi 1 : Urgensi Evaluasi Pembelajaran dan Penyusunan Rapor Pendidikan

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Link Download Materi 1 : Urgensi Evaluasi Pembelajaran dan Penyusunan Rapor Pendidikan. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Diklat Nasional Bersertifikat 35 JP yang diselenggarakan oleh Diklat.co dengan judul Optimalisasi Evaluasi Pembelajaran dan Penyusunan Rapor Pendidikan. Pada hari ini merupakan pertemuan pertama.

Materi pertemuan pertama ini disampaikan oleh Ibu Tutik Wijayanti, M.Pd. beliau merupakan Dosen Universitas Negeri Semarang dan Pakar Evaluasi Pendidikan.

Pertemuan pertama hari ini diikuti dengan antusias oleh ribuan peserta yang tergabung melalui Zoom Meeting dan Streaming Youtube Diklat.co.

Berdasarkan materi yang disampaikan oleh ibu Tutik Wijayanti, Tujuan materi pertemuan pertama ini yaitu sebagai berikut:

  1. Menambah wawasan bagi guru mengenai Urgensi Evaluasi Pembelajaran
  2. Menambah pengetahuan bahwa kegiatan pembelajaran tidak akan pernah lepas dari kegiatan evaluasi
  3. Memahami tentang Rapor Pendidikan dan penyusunannya

Yuk simak review materi pertemuan pertama Diklat Nasional

Review Pertemuan Pertama

Urgensi Evaluasi Pembelajaran dan Penyusunan Rapor Pendidikan

Kita tahu bersama bahwa serangkaian program pembelajaran tidak akan lepas dari yang namanya kegiatan evaluasi. Evaluasi pembelajaran perlu dilakukan karena memiliki beberapa alasan penting, antara lain yaitu:

1. Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran

Evaluasi pembelajaran membantu mengukur sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan melakukan evaluasi secara sistematis, guru dapat menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam materi pembelajaran tertentu.

2. Memahami kebutuhan individu siswa

Setiap siswa memiliki kebutuhan dan gaya belajar yang berbeda. Evaluasi pembelajaran membantu guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa secara individual.

3. Memperbaiki pengajaran

Dengan menganalisis hasil evaluasi, guru dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dalam pengajaran mereka. Hal ini memungkinkan guru dapat mengubah strategi pengajaran, menyesuaikan materi, atau menggunakan pendekatan yang berbeda untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.

4. Mendorong pembelajaran aktif

Evaluasi pembelajaran dapat mendorong siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran secara aktif. Dengan adanya evaluasi, siswa merasa memiliki tanggung jawab untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran.

Halaman selanjutnya,

Link download materi..



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon