Mengejutkan, TPG Tahun 2023 Tidak Cair Untuk Guru Sertifikasi Ini

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Mengejutkan, TPG Tahun 2023 Tidak Cair Untuk Guru Sertifikasi Ini kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Kabar mengejutkan ini kembali datang bahwa TPG tahun 2023 ini tidak cair untuk beberapa guru sertifikasi. Yang perlu kita perhatikan bersama berikut informasi selengkapnya.

TPG (Tunjangan Profesi Guru) atau biasanya juga disebut dengan Tunjangan Sertifikasi merupakan upaya pemerintah untuk memberikan apresiasi serta balas terima kasih untuk para guru yang mana syarat utamanya adalah telah mengikuti program sertifikasi dan mendapatkan sertifikat pendidik.

Aturan pemberian TPG diatur dalam Permendikbudristek Nomor 4 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Aparatur Sipil negara di Daerah Provinsi, Kabupaten atau Kota.

Dalam regulasi ini dijelaskan bahwa guru sertifikasi berhak mendapatkan TPG sebesar satu kali gaji pokok setiap bulannya. Yang mana dicairkan selama triwulan atau 3 bulan sekali.  

Untuk TPG tahun 2023 yang tidak akan cair ini menimpa dan berdampak pada beberapa golongan atau kategori guru sertifikasi.

Dengan ini, bahwa tidak semua guru sertifikasi terdampak atas tidak cairnya TPG tahun 2022 ini.

Kemudian untuk golongan yang tidak menerima pencairan TPG tersebut akan mutlak tidak menerima TPG hingga tahun-tahun berikutnya dan seterusnya. Tentunya karena beberapa sebab.

Lalu siapa saja guru sertifikasi yang akan terdampak TPG tahun 2023 tidak cair hingga seterusnya? 

Terdapat aturan dalam Permendikbusristek Nomor 4 Tahun 2022 bahwa TPG tidak akan dicairkan bagi guru sertifikasi yang masuk dalam kategori berikut.

  1. Telah meninggal dunia.
  2. Telah mencapai batas usia pensiun.
  3. Guru mengundurkan diri atas permintaan sendiri.
  4. Dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.
  5. Mendapatkan tugas belajar.
  6. Sudah tidak lagi menduduki jabatan fungsional guru.

Guru sertifikasi yang tidak masuk ke dalam kategori tersebut tetap berhak mendapatkan TPG pada tahun ini.

Halaman selanjutnya,

Adapun untuk jadwal penyaluran..

Artikel Mengejutkan, TPG Tahun 2023 Tidak Cair Untuk Guru Sertifikasi Ini pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Mengejutkan, TPG Tahun 2023 Tidak Cair Untuk Guru Sertifikasi Ini bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon