Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Penghapusan penjurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMA membawa perubahan signifikan dalam peran dan tugas tambahan guru setelah penghapusan penjurusan. Penghapusan penjurusan ini merupakan salah satu langkah pelaksanaan kurikulum merdeka menjadi Kurikulum Nasional.

Naikpangkat.com memebrikan rangkungan, beberapa poin penting terkait tanggung jawab guru setelah penghapusan penjurusan:

1. Memahami Kurikulum Merdeka

Tugas baru guru setalah penghapusan penjurusan jenjang SMA yang pertama adalah memahami Kurikulum Merdeka secara menyeluruh, termasuk tujuan, prinsip, dan strukturnya, sangat penting bagi guru untuk merancang pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kurikulum Merdeka.

Karena penghapusan penjurusan ini juga menjadi salah satu poin penting dalam penerapan kurikulum merdeka di jenjang SMA.

2. Menyusun Modul Ajar yang Fleksibel

Guru harus membuat modul belajar yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Modul ajar harus mencakup berbagai pilihan materi pembelajaran yang menarik dan relevan dengan minat dan bakat siswa.

Selain itu, guru harus membuat berbagai strategi pembelajaran yang berbeda-beda untuk memenuhi gaya belajar yang berbeda-beda.

3. Melakukan Bimbingan Individual

Salah satu yang menjadi pembeda tugas baru  guru setelah penghapusan penjuruan yaitu melakukan bimbingan dalam memilih mata pelajaran yang tepat. Untuk membantu siswa memilih mata pelajaran yang tepat, guru harus memberikan bimbingan individual kepada mereka.

Bimbingan ini harus didasarkan pada minat, bakat, potensi, dan tujuan belajar siswa. Guru juga harus membantu siswa membuat rencana belajar yang sesuai dengan pilihan mata pelajarannya.

Harapannya, murid dapat memiliki mata pelajaran pilihan untuk melanjutkan studi dan karir yang sesuai tanpa terkotak- kotakan oleh jurusan IPA, IPS dan bahasa.

4. Melakukan Penilaian yang Komprehensif

Untuk mengetahui seberapa jauh kemajuan belajar siswa mereka, guru harus melakukan penilaian yang menyeluruh, yang mencakup penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor.

Halaman selanjutnya,

Guru harus menggunakan berbagai metode..



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon