4 Langkah Mudah Lakukan Chin Up Dengan Benar

Belum kuat lakukan pull up ? Sebaiknya lakukan gerakan chin up terlebih dahulu.Chin up merupakan salah satu olahraga latihan beban yang menargetkan otot-otot latissimus dorsi yang letaknya dipunggung bagian atas.Selain itu juga melatih otot-otot biseps dilengan.Gerakan chin up hampir sama dengan gerakan pull up,yang membedakannya adalah posisi tangannya.
Langkah mudah lakukan chin up
chin up

Saat melakukan gerakan chin up telapak tangan anda menghadap ketubuh,sedangkan untuk pull up telapak tangan membelakangi tubuh.Gerakan chin up adalah gerakan yang sulit dilakukan,tetapi masih banyak kemungkinan anda kuasai dengan latihan dan usaha yang keras.Mungkin bagi anda para pemula,dan bahkan anda sama sekali belum bisa melakukan gerakan ini,perhatikan langkah-langkah untuk melalukan gerakan chin up dengan baik dan benar.Perhatikan dibawah ini :

1.Langkah pertama carilah tiang chin up

Untuk tiang ini bisa anda jumpai dimanapun,misalnya ditempat gym,dirumah dll.Jika ditempat jim tiang chin up sudah disediakan.Sedangkan dirumah anda bisa membuatnya sendiri atau memanfaatkan kusen pintu atau cabang pohon.

2.Langkah kedua letakanlah tangan 

anda ditiang dengan posisi kedua telapak tangan menghadap ketubuh

Genggamlah tiang dengan kedua telapak tangan anda dengan nyaman.Pastikan ada jarak beberapa cm diantara kedua tangan anda.

3.Mulai mengangkat tubuh anda

Gunakanlah kekuatan lengan atas anda untuk mengangkat tubuh anda mendekati tiang,dan berhenti saat dagu sudah melewati tiang.Posisi siku tertekuk penuh .Tekuk lutut atau silangkan kedua kaki untuk mendistribusikan tubuh anda agar lebih merata.

4.Mulai turunkan kembali tubuh anda

Turunkanlah tubuh anda jika dagu sudah melewati tiang chin up secara pelan dan terkontrol.Turunkan tubuh hingga kedua lengan posisi lurus.

Tips : Jika anda baru pertama kali melakukan gerakan chin up,perhatikan tips yang saya berikan.Biasanya pertama kali melakukan gerakan ini ,anda akan keberatan saat megangkat tubuh anda keatas.Sebaiknya jangan anda jadikan beban,lakukan secara rileks.Anda bisa bayangkan sedang menarik tiang chin up.Jangan menganggap anda akan mengkat badan anda keatas.Dengan begitu chin up akan terasa lebih ringan.
 
Demikianlah beberapa langkah gerakan sederhana untuk melakukan chin up dengan baik dan benar.Lakukanlah gerakan sesuai diatas.Jangan terburu-buru,lakukan secara perlahan.Apabila gerakan anda sudah benar,silahkan tambah gerakan chin up lebih banyak lagi,untuk memperkuat kekuatan lengan anda.Semoga bermanfaat. 


EmoticonEmoticon