Apa itu Indeks Harga Saham?

Jika seorang investor ingin berinvestasi tentu harus mempertimbangkan pergerakan harga saham di bursa efek. Sebab, salah satu keuntungan dari jual beli saham sederhananya yaitu membeli saham dengan harga rendah kemudian dijual dengan harga yang tinggi. Selisih harga tersebutlah yang menjadi salah satu keuntungan dalam investasi saham.
contoh harga saham
Investasi, tentu saja memiliki resiko. Lalu bagaimana agar bisa memilah saham yang bagus untuk dibeli dan tidak? Salah satu indikator yang digunakan dalam pemilihan saham adalah indeks harga saham.

Secara umum indeks harga saham ini adalah informasi yang tersedia tentang pergerakan harga saham dan deskripsi pada periode tertentu. Dalam masalah ini, akan dikenal istilah angka indeks.

Pengertian angka indeks adalah angka yang diharapkan bisa memberikan informasi perubahan suatu atau lebih karakteristik dalam waktu dan tempat tertentu. Kemudian dari susunan angka indeks ini bisa dilihat indeks harga saham.

Dari beberapa literatur dapat disimpulkan bahwasanya,
Indeks harga saham adalah riwayat catatan tentang perubahan dan pergerakan harga saham yang dinyatakan dalam angka indeks. Adapun tujuannya adalah sebagai salah satu bahan dalam menganalisa kelayakan saham untuk berinvestasi.


EmoticonEmoticon