Bauran Promosi

Apa itu Bauran Promosi? Pengertian bauran promosi adalah perpaduan spesifik iklan, promosi penjualan, penjualan personal, saran marketing dan hubungan masyarakat dalam mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasi dan membentuk hubungan pelanggan.
Ada 5 bentuk sarana promosi,
a) Periklanan / Advertising
Berupa presentasi non pribadi dan promosi barang ide dan barang dengan sponsor tertentu.

b) Promosi Penjualan / Sales Promotion
Insentif dalam jangka singkat dalam mendorong penjualan produk. Contohnya promosi 10 pembeli pertama mendapatkan.....

c) Hubungan dengan Masyarakat / Public Relation
Hubungan baik dengan masyarakat tentu mempermudah menaikkan citra dan publisitas perusahaan.

d) Penjualan Pribadi / Personal Selling
Yaitu presentasi oleh para penjual dari perusahaan. Ini akan mendukung hubungan dengan pelanggan.

e) Pemasaran Langsung/ Direct Marketing
Hubungan langsung dengan konsumen secara individual yang ditargetkan secara cermin demi memperoleh hubungan dengan para pelanggan. Contohnya, salesmen kartu kredit dari bank yang menawarkan produk pada anda.

Intinya, bauran promosi bertujuan dalam mengkomunikasi kegiatan perusahaan pada konsumen. Komunikasi yang efektif tentu akan berdapak pada perubahan tingkah laku konsumen ataupun menguatkan keputusan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang diproduksi produsen.


EmoticonEmoticon