Prediksi Soal Tes CPNS TKP (Tes Karakteristik Pribadi) - Tes CPNS Tahun 2019 akan segera berlangsung, rekan-rekan harus mempersiapkan sedari dini tes CPNS. Seperti kita ketahui bahwa tes CPNS memiliki beberapa soal tes seleksi diantaranya adalah Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU) dan Tes Karakter Kepribadian (TKP).
Pada kesempatan ini kami akan membahas Tes Karakter Kepribadian (TKP) yang didalamnya terdapat materi Pelayanan Publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi dan informasi, profesionalisme sesuai dengan Kisi-kisi Tes CPNS berdasarkan Permen PAN RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.
Tes Pelayanan publik ini memiliki tujuan agar PNS mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimilikinya.
Bedanya Tes TKP dengan Tes Inteligensi Umum dan Tes Wawasan Kebangsaan adalah dalam penilaian. Jika dalam TWK dan TIU soal dengan jawaban yang benar nilainya 5 dan salah nilainya 0, maka pada tes TKP nilainya antara skala 1 sampai dengan 5, tidak ada nilai 0.
Berikut Prediksi Tes CPNS TKP Materi Tes Karakteristik Pribadi :
Pelayanan Publik
1. Saat sedang banyak antrian, seorang bapak salah datang ke tempat saya dan meminta pelayanan.
Padahal pelayanan yang diperlukan terletak di bidang lain di kantor saya. Yang saya lakukan ….
A. Menutup pelayanan sebentar dan mengantarkannya ke bagian pelayanan yang diperlukan
B. Memintanya untuk segera ke ruangan yang diperlukan karena saya harus segera melayani
antrian lain
C. Meminta teman menggantikan tugas saya dan mengantarkan bapak tersebut ke tempat
yang diperlukan
D. Meminta tolong kepada teman yang sedang tidak melakukan pelayanan untuk mengantar
bapak tersebut
E. Memberinya petunjuk jalan ke arah ruang pelayanan yang dibutuhkan
2. Saya adalah petugas kebersihan di suatu kantor. Saat saya sedang membersihkan kantor.
seseorang datang tergesa-gesa meminta pelayanan, padahal jam pelayanan sudah tutup. Yang
saya lakukan adalah ….
A. Melayaninya sebaik mungkin sesuai kepertuannya
B. Menjelaskan kalau jam pelayanan sudah tutup dan memintanya untuk datang lagi keesokan
harinya
C. Segera mencari orang yang mungkin bisa membantu melayaninya
D. Membiarkannya dan pura-pura tidak melihatnya
E Melapor kepada atasan adanya kejadian tersebut
Jejaring Kerja
3. Dalam waktu hanya satu bulan saya harus membuat laporan hasil survei dari seluruh wilayah kerja yang sangat luas. Yang akan saya lakukan...
A. Mengajak petugas yang ada di wilayah untuk bekerja sama menyelesaikan survei
B. Melaksanakan survei sendirian sesuai perintah
C. Meminta bantuan beberapa teman yang saya percaya untuk menyelesaikan survei
D. Membuat laporan hasil survei secara asal-asalan tanpa datang ke wilayah
E. Membuat laporan hasil survei berdasarkan data hasil survei tahun lalu
4. Saya mendapatkan sebuah proyek pekerjaan dengan nilai yang cukup besar karena rekomendasi dari seorang relasi. Yang saya lakukan untuk membalas kebaikannya adalah ...
A. Memberinya proyek dengan nilai setimpal pada lain kesempatan
B. Mengajaknya untuk bekerja sama dalam mengerjakan proyek tersebut dan berbagi hasil
Č. Membantunya saat dia membutuhkan bantuan
D. Memberinya bagian hasil dari keuntungan yang saya dapatkan
E. Membelikannya hadiah sebagai rasa terima kasih saya
Sosial Budaya
5. Saat berkunjung ke suatu daerah untuk mengisi sebuah seminar, panitia meminta saya untuk
menghadiri acara penyambutan tamu yang telah menjadi budaya di sana. Padahal saya baru
saja datang dan sangat ingin istirahat. Saya akan ….
A. Mengikuti acara tersebut sesuai jadwal yang telah panitia buat
B. Meminta waktu untuk istirahat dan meminta panitia untuk menunda jadwal acara
C. Mengikuti acara tersebut sebentar kemudian ijin untuk kembali ke hotel
D. Memilih untuk beristirahat dan tidak menghadiri acara tersebut
E. Meminta seseorang untuk menggantikan saya menghadiri acara tersebut
6. Saya baru saja pindah ke lingkungan yang baru dan ingin mengadakan syukuran dengan
mengundang pentas musik. Seorang tetangga mengingatkan saya kalau budaya di lingkungan
tersebut menganggap pentas musik adalah sesuatu yang kurang baik. Yang saya lakukan adalah
A. Mengganti acara dengan yang lebih cocok untuk lingkungan tersebut
B. Tetap mengadakan pentas musik seperti rencana semula
C. Membatalkan dan tidak jadi mengadakan acara
D.Tetap mengadakan pentas musik dengan pengisi acara yang disesuaikan dengan selera lingkungan sekitar
E. Berkomunikasi dengan keluarga untuk mencari solusi permasalahan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
7. Kantor mengharuskan seluruh pegawai untuk melakukan laporan secara langsung melalu web
kantor, sementara saya sudah terbiasa membuat laporan menggunakan laporan manual, Saya akan ...
A. Tetap membuat laporan secara manual
B. Meminta teman untuk membuat laporan saya melalui web
C. Meminta kebijakan atasan untuk dapat tetap membuat laporan secara manual
D. Berhenti membuat laporan karena merasa tidak mampu
E. Belajar untuk membuat laporan secara langsung melalui web
8. Menurut saya kemampuan menguasai dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi bagi pegawai negeri adalah ...
A. Suatu hal yang dapat meningkatkan kinerja
B. Sebaiknya difokuskan pada pegawai negeri yang muda-muda
C. Suatu hal yang tidak wajib karena sulit dikuasai
D. Penting karena menjadi tuntutan jaman saat ini
E. Wajib untuk pegawai negeri yang memiliki kapabilitas
Profesionalisme
9. Anda seorang resepsionis di suatu kantor yang bergerak dalam bidang pelayanan. Banyak
keluhan yang ditujukan pada instansi tempat Anda bekerja. Padahal di instansi Anda tersebut
terdapat fasilitas untuk keluhan online. Sikap Anda …
A. Menerima keluhan para konsumen sembari mengajarkan cara menyampaikan keluhan
secara online
B. Menerima dan menanggapi keluhan sembari mengajarkan cara menyampaikan keluhan
secara online
C. Menerima dan menyelesaikan keluhan konsumen sambil menanyakan apakah ada kesulitan
saat menyampaikan keluhan secara online
D. Menyelesaikan keluhan konsumen sambil menanyakan apakah ada kesulitan saat
menyampaikan keluhan secara online
E. Mendengarkan keluh kesah konsumen tentang masalahnya dan mengajarkan cara
menyampaikan keluhan secara online
10. Seorang klien menelepon dan meminta untuk pelayanan di tempatnya. Padahal saat itu sedang hujan deras dan saya hanya membawa sepeda motor. Yang saya lakukan ....
A. Melihat urgensi pelayanan yang akan saya lakukan
B. Menunda keberangkatan setelah hujan reda
C. Tidak jadi berangkat dan menjadwalkan ulang waktu pelayanan
D. Tetap berangkat melakukan pelayanan
E. Meminta dijemput oleh klien, supaya saya tetap bisa melakukan pelayanan
Bagi rekan-rekan yang membutuhkan soal tes CPNS Tes Karakteristik Pribadi silakan
EmoticonEmoticon