Apa itu Registry Editor dan Bagaimana Cara Membukanya pada Windows?

Mengamati beberapa tutorial, tips dan cara di berbagai situs yang membahas Windows acapkali ditemukan  mengenai " Buka Registry Editor". Tahukah anda apa itu registry editor? Pengertian atau arti dari Registry Editor adalah aplikasi penyimpanan informasi data base, software dan hardware.

Karena kesatuan file yang tersusun sehingga membentuk sistem ini yang akan membuat Windows bisa berjalan pada PC anda. Memang tidak mungkin buat awam seperti kita paham semua fungsinya, tapi setidaknya dalam beberapa masalah anda bisa menyelesaikannya di Registry Editor  dengan mengedit file file di registry editor tersebut.

Atau mungkin juga bisa menggunakan Registry pada komputer untuk mendiagnosa beberapa trouble yang terjadi pada laptop anda. Nah untuk memulai membuka Registry Editor tersebut ada beberapa cara yang bisa anda lalkukan.

Cara buka Registry Editor (regedit) pada Windows

1. Cara pertama bisa dengan menggunakan Run Registry  pada Windows anda. Pada halaman awal PC, anda bisa gunakan keyboard dengan kombinasi tombol "Bendera Windows" dan R.
Pada jendela muncul silakan ketik regedit.
2. Cara berikutnua bisa dengan buka pada dokumen anda. Selanjutnya cari directory C:\Windows\System32\, lalu temukan file regedt32.

3. Selain itu juga bisa dibuka pada Powershell atau Command Prompt. Perintah yang bisa anda ketikkan yaitunya regedit.

4. Terakhir, paling mudah. Pada kolom pencarian di bagian bar bawah halaman PC and bisa langsung diketik dengan Regedit. Berikut akan anda lihat di sana hasil pencarian regedit tersebut.
Demikian bebera cara untuk membuka registry editor pada PC/Laptop dan komputer. Ini merupakan dasar jika anda mengalami masalah dan ingin coba menyelesaikannya sendiri. Mungkin pada beberapa kendala berikutnya yang akan atau telah ditulis dalam blog ini butuh regedit untuk penyelesaian masalah Windows.


EmoticonEmoticon