Cara Share Rapat Zoom Live Streaming di Youtube

 Zoom sebagai salah satu alternatif aplikasi online meeting terbaik. Sangat sulit membantah pernyataan tersebut, berbagai fitur pada zoom membuat rapat online seakan tak lagi terbatas oleh jarak. Aplikasi satu ini sangat membantu sekali diera PPDB dan lockdown seperti sekarang ini.

Mungkin ada rapat tertutup yang hanya dihadiri oleh sebagian orang saja. Namun pada kebutuhan lain, seperti rapat terbuka, ternyata zoom juga memberikan fitur untuk berbagi secara live streaming rapat tersebut melalui channel Youtube dan Facebook. Bagaimana langkah agar meeting zoom bisa disiarkan melalui Youtube/Facebook. Berikut langkah dan caranya.

Mengatur Ijin Share Rapat dari Akun Zoom

Pertama yang harus dilakukan adalah mengatur agar akun zoom tersebut bisa mengaktifkan share live streaming. Pengaturan tersebut ada pada akun anda. Silakan masuk pada alamat website zoom.us dengan credit akun zoom anda.

Kemudian pada dashboard yang tersedia, anda perhatikan pada bagian kiri, Anda men Personal dan Admin. Pilih pada bagian admin. 

Di bagian admin ada beberapa submenu. Lanjutkan dengan memilih sub menu account management. Kemudian terakhir pada sub menu Account Setting.

Di sebelahnya ada banyak pengaturan fitur zoom. Untuk masalah kita sekarang, anda cari hingga ketemu Allow Live Streaming Meeting. Aktifkan dengan tap pada button sehingga berwarna biru.

Munculah jendela Pop Up yang mengkonfirmasi bahwa anda akan mengaktifkan  live streaming. Silakan konfirmasi saja.

Terakhir, pilih kanal yang akan anda aktifkan untuk live streaming, Live streaming rapat zoom bisa dibagikan pada Facebook dan Youtube. Hingga tahap ini aktifasi live streaming selesai. 

Live Streaming Meeting saat Rapat Berlangsung

Ketika rapat dimulai dan live streaming segera ingin dibagikan, pada layar meeting anda pilih More. Tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Anda bisa memilih pada kanal apa akan live streaming itu rapat. Bisa menggunakan Youtube ataupun facebook. Sebelumnya pastikan akun pada channel Youtube anda telah memenuhi syarat untu melakukan live streaming ya. Selamat mencoba guys.


EmoticonEmoticon