Gambar Canva.com |
Materi : Permintaan dan penawaran
Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan kaitan antara permintaan dan penawaran
2. Mendeskripsikan faktor-faktor permintaan dan penawaran
3. Menganalisis jenis-jenis permintaan
Penjelasan Materi
1. Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang yang ingin dibeli pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Dalam hukum permintaan harga menjadi penentu dalam naik turunnya permintaan. Contohnya, Ananda ingin membeli susu dua liter.harga susu perliter biasanya Rp. 6.000, saat Ananda mau membeli harga sudah naik menjadi Rp. 8.000. Karena adanya kenaikan harga tersebut, maka Ananda hanya membeli susu satu liter. Diwaktu yang berbeda, Ananda ingin membeli susu sebanyak dua liter. Harga susu sedang mengalami penurunan menjadi Rp. 5.000 perliter. Karena harganya turun, Anada terpengaruh untuk membeli susu lebih dari dua liter. Jadi, jika harga naik, maka permintaan akan menurun, dan jika harga menurun maka permintaan akan naik atau dalam ilmu ekonomi dikenal dengan hukum permintaan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
a. Harga barang
Harga suatu barang dapat mempengaruhi jumlah barang yang diminta.
b. Pendapatan
Peningkatan pendapatan seseorang cenderung menambah permintaan barang yang dikonsumsi. Sebaliknya, jika pendapatan seseorang turun, permintaan barang akan mengalami penurunan.
c. Kualitas barang
Barang yang memiliki kwalitas bagus cenderung membuat konsumen membelinya, hal tersebut dapat meningkatkan permintaan.
d. Selera
Jika selera masyarakat terhadap suatu barang meningkat, maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat.
e. Harga barang lain
Permintaan masyarakat terhadap suatu barang juga dipengaruhi oleh harga dari barang lain.
f. Jumlah penduduk
Semakin banyak jumlah penduduk di suatu Negara, maka akan semakin tinggi pula permintaan barang.
g. Prediksi masa depan
Bila diperkirakan harga barang akan naik pada masa yang akan datang, masyarakat akan menambah jumlah permintaannya sekarang. Sebaliknya, bila diperkirakan harga suatu barang akan turun masyarakat cenderung mengurangi permintaannya.
Jenis-jenis permintaan
a. Menurut daya beli konsumen
1. Permintaan efektif
Adalah permintaan yang didukung oleh daya beli dan melakukan transaksi pembelian.
2. Permintaan potensial
Adalah permintaan yang didukung oleh daya beli tetapi belum melakukan pembelian.
3. Permintaan absolut
Adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli.
b. Menurut jumlah konsumen
1. Permintaan individual
Adalah permintaan yang dilakukan oleh satu orang (individu)
2. Permintaan kelompok (kolektif)
Adalah kumpulan atau penjumlahan total dari permintaan individu-individu yang ada di pasar (kelompok)
2. Penawaran
Penawaran adalah barang dan jasa yang ditawarkan produsen/ penjual pada tingkat harga dalam waktu tertentu. Dalam hokum penawaran, jika harga naik maka penawaran akan naik, jika harga turun maka penawaran juga akan turun. Contohya, seorang pedagang daging bersemangat menawarkan daging dengan harga Rp. 150.000 / Kg dari harga Rp. 120.000 / Kg karena akan mendapatkan keuntungan lebih. Sebaliknya, ketika harga daging mengalami penurunan harga dari Rp. 120.000/ Kg menjadi Rp. 90.000/ Kg, pedagang tersebut akan menurunkan penawaran harga daging karena keuntungan yang didapatkan sangat kecil.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:
a. Biaya produksi
Dalam proses memproduksi barang dan jasa memerlukan biaya produksi. Tinggi rendah biaya produksi tentu mempengaruhi barang dan jasa yang akan dijual. Semakin tinggi biaya produksi tinggi maka semakin mahal pulaharga barang. Begitupula sebaliknya, semakin rendah biaya prduksi semakin rendah harga barang tersebut.
b. Teknologi
Teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang akan mempengaruhi jumlah dan kwalitas barang hasil produksi. Semakin tinggi teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang maka kwalitas dan jumlah barang hasil produksi bertambah. Dan ini berpengaruh pada naiknya jumlah penawaran.
c. Keinginan memperoleh laba
Dengan harapan memperoleh keuntungan atau laba yang banyak maka produsen berlomba untuk meningkatkan produksinya serta memperluas dan mengembangkan usahanya guna memperoleh keuntungan yang besar.
d. Faktor non ekonomi
Seperti bencana alam, larangan impor dan kebijakan pemerintah akan sangat berpengaruh pada penawaran.
EmoticonEmoticon