Soal, dan Kunci Jawaban PAS Seni Budaya SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 – Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) sangat berarti bagi bapak dan ibu guru untuk dijadikan referensi pada saat Penilaian Akhir Semester tahun berikutnya.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal, dan kunci jawaban PAS Seni Budaya SMP Kelas 8 semester ganjil kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021, serta dilengkapi dengan kisi-kisi penulisan soalnya.
Berikut Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester (PAS) Seni Budaya SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dibuat Tim MGMP Seni Budaya SMP Kabupaten Indramayu :
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.Objek gambar yang dapat ditiru dalam kegiatan menggambar model adalah….
A. Manusia, Hewan dan Tumbuhan
B. Manusia, Hewan, Tumbuhan dan alam benda
C. Manusia, Hewan, Tumbuhan dan alam sekitar
D. Manusia, Hewan, Tumbuhan dan alam khayal
2. Dalam kegiatan menggambar model ada beberapa teknik yang digunakan, di antaranya....
A. Teknik pulas dan cetak
B. Teknik basah dan kering
C. Teknik cetak dan sablon
D. Teknik sablon dan basah
3. Cara menggambar model dengan menggunakan goresan garis lurus atau lengkung, baik sejajar maupun menyilang, sehingga membentuk gambar model yang dikehendaki. Dalam hal ini teknik yang digunakan adalah....
A. Teknik arsir
B. Teknik dusel
C. Teknik pointilis
D. Teknik aguarel
4. Bahan atau alat yang digunakan untuk menggambar pada gambar di samping ini, adalah....
A. Pensil warna
B. Crayon
C. Spidol
D. Cat air
5. Teknik atau cara menggambar model yang menggunakan titik-titik untuk membentuk gambar yang dikehendaki.
Hal ini berhubungan dengan satu teknik yang dinamakan....
A. Pointilis
B. Aquarel
C. Dusel
D. Plakat
6. Seorang pelukis sedang menggambar sekuntum bunga dengan menggunakan goresan lebar. Teknik yang digunakan biasanya menggunakan pensil dalam posisi rebah, sehingga menghasilkan goresan yang lebar, seperti contoh gambar di bawah ini.
Teknik yang digunakan adalah....
A. Arsir
B. Dusel
C. Linear
D. pointilis
7. Kata ilustrasi berasal dari bahasa Latin, yaitu ilustrare yang berarti menggambar ilustrasi merupakan kegiatan mengekspresikan gagasan yang dituangkan pada media dua dimensi yang bertujuan untuk ....
A. Memperlihatkan
B. Memperhatikan
C. Menjelaskan
D. Membandingkan
8. Perhatikan kalimat di bawah ini:
1) Menentukan gagasan
2) Membuat sketsa
3) Mewarnai
4) Penyelesaian akhir
Langkah pertama dalam menggambar ilustrasi adalah ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
9. Gambar ilustrasi di samping ini termasuk ke dalam jenis ....
A. Kartun
B. Komik
C. Karikatur
D. Vignette
10. Pensil 2B, pensil warna, dan crayon termasuk jenis media(alat dan bahan) yang bersifat....
A. Basah
B. Lunak
C. Keras
D. Kering
11. Gambar yang menampilkan karakter yang dilebih-lebihkan, lucu, unik, dan terkadang mengandung kritikan dan sindiran, yaitu….
A. Gambar kartun
B. Gambar komik
C. Gambar vignette
D. Gambar karikatur
12. Langkah-langkah menggambar ilustrasi adalah sebagai berikut....
1) Menentukan jenis gambar yang akan dibuat.
2) Menentukan tema gambar berdasarkan cerita atau narasi.
3) Menggambar sketsa global yang sesuai dengan cerita.
4) Menentukan irama, komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan
Urutan yang benar dalam menggambar ilustrasi adalah....
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 3, 2, 4
C. 2, 1, 3, 4
D. 2, 1, 4, 3
13. Di berbagai daerah di Indonesia, bunyi-bunyian tertentu dapat dianggap memiliki kekuatan yang dapat mendukung kekuatan magis, seperti musik angklung di Jawa Barat. Musik tersebut mempunyai fungsi sebagai ....
A. Sarana upacara adat
B. Sarana/media bermain
C. Sarana/media penerangan
D. Sarana/media pengiring tari
14. Lagu dolanan identik dengan lagu anak-anak, karena...
A. Nada-nadanya mudah dinyanyikan
B. Menggunakan irama yang penuh semangat
C. Berfungsi untuk iringan permainan anak-anak
D. Hanya menggunakan lima nada atau pentatonis
15. Lagu tradisional Papua yang berjudul Yamko Rambe Yamko, berisi pesan dan motivasi untuk menanamkan sikap cinta tanah air dan kepahlawanan. Hal ini menunjukkan bahwa lagu tradisional berfungsi sebagai...
A. Sarana permainan
B. Media membangkitkan motivasi
C. Pengiring upacara adat
D. Iringan dalan sebuah pertunjukkan
16. Kelompok lagu daerah yang berasal dari Kabupaten Indramayu adalah….
A. Gadis Indramayu, Lir-ilir, Sumpah suci.
B. Gadis Indramayu. Panon hideung, Piknik ning Cibulan.
C. Sumpah suci, Gadis Indramayu, Piknik ning Cibulan.
D. Manuk dadali, Bubuy bulan, Panon Hideung.
17. Sebutan bagi perempuan yang bernyanyi diringi oleh alat musik tradisional seperti gamelan atau kecapi suling disebut ....
A. Vokalis
B. Solois
C. Penyanyi
D. Sinden
18. Nyanyian ini biasanya berisi pujian kepada Allah, kata-kata nasihat, kisah para nabi, dan yang berkaitan dengan Islam. Dinyanyikan tanpa alat musik atau dengan diiringi kelompok rebana, nyanyian ini disebut….
A. Lagu kanon
B. Nasyid
C. Akapela
D. Paduan suara
19. Pada gambar di bawah ini, alat musik tradisional tersebut sudah diakui dunia sebagai warisan tak benda yang berasal dari Indonesia sejak 16 Nopember 2010.
Nama alat musik tersebut adalah ....
A. Angklung
B. Calung
C. Kentongan
D. Gambang
20. Perhatikan macam-macam alat musik berikut ini.
1) Terompet
2) Gitar
3) Rebana
4) Sasando
5) Biola
Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik adalah ....
A. Terompet dan gitar
B. Rebana dan sasando
C. Gitar dan biola
D. Gitar dan sasando
21. Salah satu teknik dalam bernyanyi lagu daerah adalah unisono yang artinya….
A. Bernyanyi dalam satu suara secara bersama-sama
B. Bernyanyi bersama-sama dalam paduan suara
C. Bernyanyi dalam dua suara secara bersama-sama
D. Bernyanyi secara sekehendak hati
22. Secara umum tangga nada dalam musik dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada pentatonis (lima nada) dan diatonis (tujuh nada). Salah satu alat musik yang menggunakan tangga nada pentatonis adalah....
A. Piano elektrik
B. Gamelan
C. Gitar elektrik
D. Talempong
23. Perhatikan gambar di bawah ini!
Nama alat musik tradisional dan asal daerah alat musik tersebut adalah ....
A. Angklung dari Jawa Barat
B. Gamelan dari Jawa
C. Kolintang dari Sulawesi Utara
D. Sasando dari Nusa Tenggara Timur
24. Karya musik tradisional merupakan kekayaan warisan budaya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Salah satunya adalah dengan mempelajari lagu daerah/tradisional. Lagu daerah “APUSE” berasal dari ....
A. Sumatera Utara
B. Sulawesi Tenggara
C. Papua
D. Kalimantan Timur
25. Alat musik di bawah ini dimainkan dengan cara....
A. Dipukul
B. Digoyangkan
C. Dipetik
D. Ditiup
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
26. Sebutkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menggambar model!
27. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar ilustrasi?
28. Sebutkan jenis alat musik tradisional dan asal daerahnya!
29. Sebutkan empat judul lagu daerah yang berasal dari Jawa Barat!
30. Lengkapi syair lagu di bawah ini!
Apuse kokondao
Yarabe soren doreri
.................................
.................................
II. JAWABAN ESSAY
26.
1. KERTAS GAMBAR
2. BERBAGAI MACAM PENSIL
3. BAHAN PEWARNA
4. PENGHAPUS
27.
1. KARTUN
2. KARIKATUR
3. KOMIK
4. VIGNETTE
5. ILUTRASI KARYA SASTRA
28.
a. Angklung dari Jawa Barat
b. Sasando dari NTT
c. Gamelan dari Jawa
d. Kolintang dari Sulawesi Utara
e. Talempong dari Sumatera barat, dll.
29. Manuk Dadali, Panon Hideung, Bubuy Bulan, Gadis Indramayu, Warung Pojok, Sumpah Suci, dll.
30. APUSE KOKONDAO
YARABE SOREN DORERI
WUPLENSO BANINEMA
BAKIPASE
EmoticonEmoticon