Soal Penilaian Harian PPKn Kelas 7 Semester Genap Materi Daerah Dalam Kerangka NKRI

Soal Penilaian Harian PPKn Kelas 7 Semester Genap Materi Daerah Dalam Kerangka NKRI (Gambar Canva.com)


Soal Penilaian Harian PPKn Kelas 7 Semester Genap Materi Daerah Dalam Kerangka NKRI  - Bagi bapak dan ibu guru SMP/MTs walaupun kegiatannya masih PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) tetapi kegiatan penilaian harian harus dilakukan walaupun secara online atau daring. 


Untuk bapak dan ibu guru yang sedang mencari soal-soal PPKn Kelas 7 Semester Genap tentang Daerah Dalam Kerangka NKRI. Pada kesempatan ini kami bagikan soal-soal yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk Penilaian Harian berdasarkan Modul PPKn Kelas 7 Semester Genap yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Berikut Kumpulan Soal Penilaian Harian PPKn Kelas 7 Semester Genap Materi Daerah Dalam Kerangka NKRI : 


Soal Pilihan Ganda 

1. Makna di balik gigihnya perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa penjajah  adalah ….

A. menampilkan kemampuan bangsa Indonesia dalam melindungi diri dari penjajah

B. memperlihatkan kepada bangsa-bangsa penjajah bahwa Indonesia tidak bisa  dijajah

C. mencerminkan kepandaian bangsa Indonesia dalam berperang

D. menunjukkan semangat mempertahankan kedaulatan NKRI


2. Perhatikan keterangan berikut

Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi. Pemberitaan tentang  proklamasi disampaikan melalui stasiun radio. Masyarakat di berbagai daerah  mengetahui bahwa Indonesia telah merdeka. Inilah momentum yang  ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia. Mereka semakin percaya diri dan semangat dalam mempertahankan kemerdekaan.

Suasana kebatinan yang bisa dirasakan pada momentum tersebut adalah ….

A. masyarakat Indonesia antusias dalam melawan penjajah

B. bangsa Indonesia kecewa karena Belanda dan Jepang masih ada di Indonesia

C. masyarakat Indonesia begitu senang dengan kemerdekaan negara Indonesia

D. masyarakat bangga kepada Pemerintah yang telah memerdekakan Indonesia


3. Perhatikan wacana berikut!

Tiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan kekhasan masing masing. Kekhasan tersebut telah diwarisi secara turun-temurun. Sebagai contoh masyarakat Bali dan Tana Toraja memiliki cara sendiri dalam  melakukan pemakaman terhadap jenazah. Masyarakat Bali memiliki upacara adat Ngaben, sedangkan masyarakat Tana Toraja memiliki tradisi pemakaman yang bernama Rambu Solo.

Sikap yang sebaiknya ditunjukkan Warga Negara Indonesia, terkait wacana di atas  yaitu ….

A. lebih fokus dan melestarikan adat istiadat daerah sendiri

B. menghargai dan menghormati adat istiadat tiap-tiap daerah di Indonesia

C. meminta Pemerintah mengelompokkan adat istiadat daerah di Indonesia

D. mengembangkan sikap kedaerahan


4. Dalam otonomi daerah terdapat sistem desentralisasi. Makna dari sistem desentralisasi, yaitu penyerahan kewenangan dari ….

A. pemerintah kabupaten kepada pemerintah provinsi

B. pemerintah desas kepada pemerintah kabupaten

C. pemerintah daerah kepada pemerintah pusat

D. pemerintah pusat kepada pemerintah daerah


5. Perhatikan wacana berikut!

Yudi tinggal di daerah pesisir pantai. Daerah tempat tinggal Yudi memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Pemerintah daerah kemudian mengelola daerah tersebut menjadi tempat pariwisata. Hasilnya, kini banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Banyaknya kunjungan wisatawan menjadikan perekonomian daerah mengalami peningkatan. Pemerintah daerah dalam mengembangkan suatu daerah berdasarkan wacana di  atas memperhatikan karakteristik daerah tempat tinggal, yaitu ….

A. luas daerah

B. potensi daerah

C. letak geografis

D. kebudayaan daerah


6. Latar belakang rakyat Indonesia di berbagai daerah melakukan perlawanan terhadap penjajahan bangsa asing adalah ….

A. pelanggaran perjanjian antara bangsa asing dan bangsa Indonesia dalam mengelola sumber daya alam Indonesia

B. penjajahan bangsa asing menimbulkan penderitaan dan kesengsaraan bagi bangsa Indonesia

C. perbedaan pandangan tentang pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia

D. adanya klaim tentang wilayah Indonesia oleh bangsa asing


7. Perhatikan tabel berikut!


Pasangan antara bentuk perlawanan dan tokoh pemimpin perlawanan ditunjukkan  oleh angka ….

A. 1) dan 2)

B. 1) dan 3)

C. 2) dan 3)

D. 3) dan 4)


8. Bangsa Indonesia bahu-membahu melawan penjajah. Mereka rela mengorbankan jiwa dan raganya. Perjuangan di tiap-tiap daerah memiliki tujuan yang sama yaitu ….

A. menginginkan Indonesia bebas korupsi

B. membuktikan bahwa Indonesia negara kuat

C. mencapai kemerdekaan dari penjajahan

D. memperkuat kedudukan Indonesia di dunia internasional


9. Bangsa Indonesia berjuang agar bisa terbebas dari belenggu penjajahan. Terjadinya  insiden di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang pada awal kemerdekaan  menunjukkan wujud ….

A. perjuangan menjaga kehormatan bangsa

B. keberanian pemuda Indonesia menunjukkan kekuatan bangsa Indonesia

C. solidaritas dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa-bangsa dunia

D. protes bangsa Indonesia terhadap Pemerintah kolonial Belanda dalam mengatur  negara


10. Upaya Pemerintah Daerah dalam rangka mengoptimalkan potensi dan meningkatkan 

kesejahteraan daerah dilakukan dengan cara ….

A. membiarkan daerah melakukan eksploitasi terhadap sumber daya alam daerah

B. memberikan seluruh wewenang Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah

C. memberikan otonomi seluas-luasnya kepada Pemerintah Daerah

D. memberikan kesempatan Pemerintah Pusat mengurus langsung urusan  pemerintahan daerah


11. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Mengerjakan penilaian harian secara mandiri

2) Membesuk teman yang sedang sakit

3) Mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah

4) Menjaga ketenangan kelas saat pembelajaran berlangsung

Sikap tanggung jawab seorang peserta didik di lingkungan sekolah ditunjukkan  oleh angka ….

A. 1) dan 2)

B. 1) dan 3)

C. 1) dan 4)

D. 2) dan 4)


12. Perhatikan wacana berikut!

Randi ketua OSIS SMP Satu Nusa. Tahun ini, Randi dan pengurus OSIS lainnya  mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi calon pengurus OSIS baru. Salah  satu agenda LDK, yaitu outbond. Randi dan pengurus OSIS lainnya memilih lahan  sawah yang masih basah untuk dijadikan tempat outbond. Keesokan harinya,  pemilik sawah merasa tidak terima karena sawah bajakannya rusak terinjak-injak  peserta outbond. Pemilik sawah meminta panitia dan sekolah bertanggung jawab  atas kejadian tersebut.

Berdasarkan wacana di atas, sikap yang sebaiknya dilakukan Randi yaitu ….

A. mengabaikan keluhan pemilik sawah

B. membatalkan perekrutan anggota OSIS yang baru

C. meminta seluruh pengurus OSIS melakukan gotong royong

D. berdiskusi dengan pembinaan OSIS dan pemilik sawah untuk sama-sama mencari 

solusi


13. Berikut ini tidak termasuk perilaku yang mencerminkan cara mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa adalah ….

A. melestarikan budaya gotong royong

B. ikut serta dalam tawuran karena solidaritas

C. bersedia menolong sesama tanpa pamrih

D. melerai teman yang bertengkar


14. Persatuan dan kesatuan merupakan cita-cita bangsa Indonesia. Setiap anggota  masyarakat berupaya mewujudkan cita-cita tersebut. Salah satu upaya mewujudkan  adalah ….

A. menghilangkan kebudayaan yang bersifat tradisional

B. menghormati perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan

C. mempertegas dan memperjelas perbedaan-perbedaan dalam masyarakat

D. meminimalisasi keragaman budaya yang dimiliki oleh suku bangsa


15. Upaya mempertahankan NKRI pada era sekarang dapat dilakukan dengan cara ….

A. melakukan ekspor ilegal kekayaan laut Indonesia

B. menangkap ikan menggunakan bahan peledak

C. membakar hutan untuk membuka lahan sawit

D. memanfaatkan sumber daya alam daerah dengan bijak


16. Setelah Sekutu berhasil mengebom Kota Nagasaki dan Hiroshima, Jepang menyerah  tanpa syarat kepada Sekutu. Dampak positif menyerahnya Jepang kepada Sekutu  bagi Indonesia adalah ….

A. penguasaan atas Indonesia diserahkan kepada Sekutu

B. kekuasaan Jepang di Indonesia bertambah

C. Indonesia mengalami vacuum of power

D. Indonesia di bawah pengawasan PBB


17. Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa para pemuda “memaksa” Ir. Soekarno  dan Drs. Moh. Hatta untuk dibawa ke Rengasdengklok dengan tujuan…

A. mendesak Soekarno dan Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dengan kekuatan bangsa Indonesia sendiri

B. mendesak Soekarno dan Hatta agar segera pindah dengan kekuatan bangsa Indonesia sendiri 

C. mendesak Soekarno dan Hatta agar segera mempersatukan Indonesia dan 

kekuatan bangsa Indonesia sendiri

D. mendesak Soekarno dan Hatta agar segera berlindung dengan kekuatan bangsa  Indonesia sendiri


18. Sebagai penegasan dari bentuk negara, pemerintah menjelaskan dalam UUD Negara  Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi “ Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik.” Ketentuan tersebut merupakan bunyi ….

A. pasal 1 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

B. pasal 1 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

C. pasal 2 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

D. pasal 2 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945


19. Sikap yang ditunjukkan oleh pemuda Indonesia zaman sekarang terhadap perjuangan tiap-tiap daerah dalam memerdekakan Indonesia ialah ….

A. membalas dendam kepada negara-negara yang menjajah negara Indonesia

B. menjaga daerah tempat tinggal agar tidak dimasuki orang asing

C. melindungi diri dan keluarga dari pengaruh budaya asing

D. bangga menjadi bagian dari para pejuang bangsa


20. Apabila dilihat dari aspek sejarah, makna yang terkandung dalam Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah ….

A. proklamasi mengakhiri penjajahan di Indonesia

B. proklamasi merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa

C. proklamasi merupakan tanda kebebasan dan berkedaulatan

D. proklamasi merupakan ketentuan dari tata hukum Indonesia


21. Perhatikan pernyataan berikut!

Kalimat tersebut menyerukan sekaligus menyadarkan bahwa warga negara ….

A. memiliki hak untuk mendapatkan rasa nyaman dan aman

B. harus mempunyai semangat melindungi pemerintahan

C. mempunyai kewajiban untuk menjaga keutuhan NKRI

D. berhak untuk menjadi pejuang NKRI


22. Negara Indonesia menerapkan otonomi daerah sebagai bentuk desentralisasi. Setiap daerah otonom diberi kewenangan yag luas dalam bidang ….

A. kebijakan moneter dan fiskal

B. pelaksanaan politik luar negeri

C. kebijakan pertahanan dan keamanan

D. pengelolaan daerah sesuai potensi yang dimiliki


23. Salah satu fungsi daerah bagi NKRI ialah membantu meningkatkan kehidupan  masyarakat melalui pemanfaatan potensi sumber daya daerah. Contoh dari fungsi  tersebut ialah ….

A. menyukseskan vaksinasi polio dan campak

B. mendistribusikan Kartu Indonesia Sehat

C. mengembangkan potensi wisata alam

D. menyelenggarakan pilkada


24. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bukan perkara mudah. Banyak tantangan  dan masalah yang harus dihadapi bersama. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa  merupakan kewajiban ….

A. seluruh organisasi pemuda

B. seluruh rakyat Indonesia

C. aparat keamanan

D. pemerintah


25. Perhatikan fakta berikut!

Pada tanggal 28 Oktober 1928 organisasi pemuda mengadakan pertemuan. Dalam  pertemuan tersebut mereka berkesimpulan jika Indonesia ingin merdeka, segenap  bangsa Indonesai harus bersatu

Hasil kesimpulan organisasi pemuda berdasarkan fakta di atas dikenal dengan  sebutan ….

A. Sumpah Pemuda

B. Tri komando Rakyat

C. Kebangkitan Nasional

D. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


26. Indonesia resmi menjadi negara Serikat pada tanggal 27 Desember 1949. Perubahan  bentuk negara tersebut berdampak besar bagi negara. Salah satu dampak tersebut  adalah ….

A. UUD 1945 kembali digunakan

B. Jepang kembali menguasai Indonesia

C. negara terpecah menjadi negara-negara bagian

D. Indonesia berdaulat penuh terhadap kemerdekaan


27. Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dengan Undang-undang. Kalimat ini merupakan dasar hukum otonomi daerah dan tertuang dalam UUD 1945 pasal...

A. 18 ayat (1)

B. 18 ayat (2)

C. 18 ayat (3)

D. 18 ayat (4)


28. Pemerintah Pusat di Indonesia menyerahkan kewenangan kepada Pemerintah  Daerah untuk mengurus berbagai urusan rumah tangganya. Hal tersebut sejalan  dengan pengertian dari ….

A. demokrasi

B. sentralisasi

C. desentralisasi

D. dekonsentrasi


29. Hak, wewenang dan kewajiban daerah otonomi untuk mengatur dan mengurus  sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan setempat sesuai dengan peraturan  perundang-undangan disebut ....

A. daerah otonomi

B. prinsip otonomi daerah

C. otonomi daerah

D. asas-asas otonomi daerah


30. Dengan adanya otonomi daerah, potensi sumber daya alam dapat dikelola oleh  sumber daya manusia yang dimiliki oleh daerah setempat supaya daerah dapat  berkembang maju. Peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik  Indonesia antara lain....

A. meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan

B. meningkatkan pendapatan per kapita bagi masyarakat pedesaan

C. menggali sumber dana sebesar-besarnya untuk pembangunan di daerah

D. membantu Pemerintah Pusat dalam penarikan pajak untuk pembangunan  Nasional


31. Keterikatan daerah terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ditegaskan  dengan disepakati bentuk negara kesatuan yang menghendaki....

A. terjadinya persamaan di dalam menggunakan bahasa daerah dan nasib.

B. bersatunya seluruh wilayah Indonesia dalam satu negara

C. hilangnya perbedaan adat istiadat di tiap-tiap daerah di Indonesia

D. terciptanya keharmonisan hubungan rakyat dengan pejabat


32. Menjaga hubungan pertemanan merupakan upaya mempertahankan NKRI. Contoh  tindakan menjaga hubungan tersebut ialah ….

A. menuruti segala permintaan teman

B. mudah memaafkan kesalahan teman

C. memilih ketua kelas secara demokratis

D. mengikuti kegiatan kerja bakti dalam masyarakat


33. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia

2) Mengabaikan ketahanan nasional

3) Menghargai dan menghormati pengorbanan para pejuang

4) Menghormati perbedaan suku, budaya, agama dan warna kulit

5) Melanggengkan kekuasaan pemimpin yang disukai

Pernyataan di atas yang menunjukkan perilaku positif yang dapat dilakukan warga  negara dalam mempertahankan NKRI terdapat pada nomor...

A. 1), 2) dan 3)

B. 1), 3), dan 4)

C. 2), 3), dan 5)

D. 3), 4), dan 5)


34. Sebagai negara dengan tingkat keberagaman yang tinggi dibutuhkan upaya  mempertahankan persatuan dan kesatuan. Agar persatuan dan kesatuan tetap  terbina, rakyat Indonesia harus senantiasa ….

A. membanggakan dan menonjolkan kebudayaan daerah yang dimiliki

B. bergaul dengan seluruh penduduk Indonesia dari daerah yang sama

C. menumbuhkan semangat kedaerahan dalam kehidupan bernegara

D. menghargai dan menghormati setiap budaya di Indonesia


35. Para pejuang bangsa telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Buah dari  perjuangan mereka ialah kemerdekaan Indonesia yang saat ini kita rasakan. Upaya yang dapat kamu lakukan unttuk menunjukkan kepedulian terhadap perjuangan para pejuang bangsa ialah ….

A. mengangkat keluarga pejuang sebagai pahlawan bangsa

B. mengisi kemerdekaan dengan cara positif seperti rajin belajar

C. membuat kebijakan yang menunjukkan kepedulian kepada para pejuang bangsa

D. mempersiapkan diri berlatih bela diri untuk melawan musuh yang akan kembali  menjajah


Bagi Anda yang membutuhkan Soal Penilaian Harian PPKn Kelas 7 Semester Genap Materi Daerah Dalam Kerangka NKRI silakan download disini 



EmoticonEmoticon