Kumpulan Soal Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2021 Paket 2 - Pemerintah pada tahun 2021 ini akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tidak tanggung-tanggung ada 1,3 juta kuota untuk mengisi kekosongan ASN tersebut.
Kuota penerimaan CASN sebesar 1,3 juta yang terdiri dari:
1. 1 juta formasi guru PPK.
2. 189.000 formasi ASN di pemerintah daerah.
3. 83.000 formasi CPNS/CPPPK ASN di pemerintah pusat.
Jumlah 1,3 juta formasi ini merupakan kebutuhan untuk 2 tahun, yakni 2020 sampai 2021.
Sementara itu formasi yang dibuka dalam penerimaan CASN 2021, yakni Formasi Guru PPK. Pelamar dari Guru Honorer Eks THK-2 dan Lulusan PPG. Formasi ASN pemerintah daerah. Terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.000 CPNS jabatan teknis yang sangat diperlukan termasuk tenaga kesehatan. Formasi CPNS/PPPK pemerintah pusat.
Jumlah sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi untuk berbagai jabatan yang dibutuhkan. Sedangkan jadwal pengadaan seleksi CASN 2021 saat ini masih dalam proses pembahasan dengan Kemendikbud dan BKN.
Materi Ujian PPPK 2021 adalah sebagai berikut :
- Kompetensi Teknis (Sesuai Mata Pelajaran)
- Tes Bakat Skolastik (penalaran)
- Manajerial
- Sosio-Kultural
- Pertanyaan wawancara (dijawab secara tertulis)
Berikut Kumpulan Soal Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2021 Paket 2 :
1. Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah...
A. Condition
B. Behavior dan degree
C. condition dan degree
D. Audience
E. degree
Pembahasan
Audience adalah peserta didik
Behavior merupakan tingkah laku atau perilaku atau aktivitas suatu proses
Condition: persyaratan yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai.
Degree juga merupakan tingkat penampilan yang dapat diterima oleh siswa setelah melalui
rangkaian sajian proses pembelajaran
2. Media yang cocok untuk menjelaskan tentang banjir bandang ...
A. Video
B. Gambar Banjir
C potongan artikel di media cetak
D. peta persebaran wilayah banjir
E. berita perkiraan cuaca di televisi
Kunci Jawaban C
3. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutahan ekonomi vang melonjak tinggi adalah ...
A. Potongan artikel media cetak
B. Video di kanal voutube
C. tayangan berita di televisi
D. dattar harga barang pokok terbaru
E. buku paket
4. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
A. Terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
E. Obyektif
Prinsip Penilaian
1.Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
2.Obdjektif, berarti penitaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.
3.Adil. berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutunan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi. dan gender.
4 Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
6. Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
7. Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.
8. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
9. Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
5. Pak Liman adalah seorang guru olah raga pagi ini dia akan mengadakan peniaian praktik berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah....
A. sahih
B. obyektif
C. menyeluruh
D. sistemtatis
E. beracuan kriteria
6. Bu Linda adalah seorang guru seni, Hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam membuat lukisan, selain hasil lukisan siswa yang di nilai , teknik dalam menggambar, cara menggunakan alat dan perlengkapan dan juga sikap siswa dalam menghargai karya temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Dalam hal ini bu linda telah menerapkan prinsip ...
A. sahih
B. obyektif
C.menyeluruh
D. sistematis
E. beracuan kriteria
Pembahasan
Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik
7. Pak Bejo adalah guru PKn di sekolah “mekar Indah”. Dia tinggal di desa Mangun Harjo. Siska adalah tetangga dari Pak Bejo. Setiap pembagian hasil evaluasi siska selalu diberi nilai 85 oleh pak Bejo. Sementara Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya hanya mendapat 80. Dari kasus di atas artinya Pak Bejo tidak melaksanakan prinsip penilaian...
A. Adil
B. obyektif
C. menyeluruh
D. sistematis
E. beracuan kriteria
Pembahasan
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
8. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Rendra guru Fisika. Jumlah nomor soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Rendra tidak sesuai dengan prinsip penilaian...
A. Adil
B. obyektif
C.menyeluruh
D. sistematis
E. beracuan kriteria
Pembahasan
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender..
9. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Bobi guru Bahasa Jawa. jumlah nomor soal ada 10. Siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan. Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan pak Bobi Yang dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian...
A. Adil
B. obyektif
C. menyeluruh
D. sistematis
E. beracuan kriteria
Pembahasan
Ketidak adilan dalam pengerjaan siswa
10. Pagi ini penyerahan Raport untuk siswa “SMP Mekar Sari”. Bu Neni adalah Guru Matematika di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba tiba bu neni di datangi oleh orang tua murid sambal marah marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar Bu neni kemudian menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari nilai harian, PTS, dan PAS serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian yang lengkap. Dan akhimya orang tua siswa tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian Bu neni telah melaksanakan prinsip penilaian...
A. Adil
B. obyektif29
C. menyeluruh
D. sistematis
E. akuntabel
Penilaian dapat dipertanggungjawabkan
11. Dalam setiap kali penilaian Pak Joko selalu membuat rubric penilaian yang berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian....
A. sistematis
B. beracuan kriteria
C.menyeluruh
D. sistematis
E. akuntabel
Pembahasan
penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan
12. Dalam setiap pembelajaran , Pak Candra selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa ternadap materi yang telandibenikan
A. sistematis
B. beracuan kriteria
C. terpadu
D. sistematis
E. akuntabel
Menjadikan penilaian sebagai bagian dari pembelajaran
13. Pada awal semester Pak Budi sebagai guru IPA selalu menjelaskan penilaian yang akan dilaksanakan selama satu semester dan penentuan nilai akhir IPA yang menerapkan prinsip penilaian.....
A. sistematis
B. terbuka
C. terpadu
D. sistematis
E. akuntabel
Menjelaskan semua jenis teknik prosedur dan pengolahan penilaian sampai penentuan akhir.
14. Perhatikan butir soal uraian berikut.
Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa. Butir soal tersebut ....
A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
D. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
Indikator mencerminkan mengukur tingkat berpikir rendah
LOTS (low order thinkink skill)
C1. (mengingat) = Sebutkan, tuliskan, gambarlah,
MOTS (Medium order thinkink skill)
C2. (memahami) jelaskan, bedakan, identifikasi31
C3. (menerapkan) tentukan, hitunglah, hasil dari...,
HOTS (High order thinkink skill)
C4. (menganalisis/sintesis) = bandingkan, apa pengaruh...,
C5. (evaluasi ) = simpulkan
C6. (Mencipta) = buatlah grafik hubungan..., buat diagram...
15. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
A. kumpulan hasil karya siswa.
B. rekaman hasil karya siswa
C. rangkaian hasil karya siswa
D. kumpulan nilai siswa
E. Kumpulan Siswa
Pembahasan
Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.
16. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ....
A. tes uraian bebas
B. tes uraian terbatas
C. yang sederhana
D. yang sangat kompleks
Pembahasan
Uraian Terbatas atau terstruktur
Soal yang disusun tidak mengembang tetapi lebih terarah dan terbatas, schingga ada batasan jawaban.Walaupun kalimat jawaban perserta didik itu berancka ragam, tetapi harus ada pokok-pokok penting yang terdapat dalam sistematika jawabannya scsuai dengan batas-batas yang telah ditentukan dan dikehendaki dalam soalnya.Maka yang paling penting dan harus diperhatikan yaitu sistematika jawabannya.
Contohnya:
1) Sebutkan dan jelaskan secara singkat tiga peristiwa yang terjadi pada masa Khulafaur Rasyidin!
2) Sebutkan lima Komponen dalam sistem komputer!
Uraian tak terbatas atau bebas
Tes uraian jenis ini membuka kesempatan kepada setiap orang yang menjawab pertanyaan untuk mengeluaran pendapatnya sesuai dengan yang dia ketahui. Bebas beragumentasi dengan soal dan menjawab menurut pandangannya masing-masing. Sctiap tes mengandung problematik bukan hanya sekedar menanyakan fakta- fakta saja. Oleh karena itu, setiap test mempunyai cara dan sistematika yang berbcda-beda. Tetapi harus mempunyai patokan dalam mengoreksi jawaban.
Contohnya:
1) Coba jelaskan perbedaan tanaman monnokotil dan tanaman dikotil!
2) Jelaskan perbedaan antara rukun dan wajib haji tersebut!
3) Bagaimana perkembangan komputer di Indonesia, Jelaskan!
17. Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
A. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik
B. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post- test
C. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar.
D. melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test
Karena waktu untuk mengajarkan materi yang 3 soal tadi dapat digunakan untuk memperdalam materi lain
18. Dalam rangka menilai tingkat keberhasilan pembelajaran maka perlu dilakukan penilaian dalam bentuk tes . Didalam penilaian dikenal dengan sitilah tes formatif dan tes sumatif.
Perbedaannya adalah...
A. Cakupan materi dan bentuk soal
B. Bentuk soal dan waktu pelaksanaan
C. cakupan materi dan waktu pelaksanaan
D. Bentuk soal dan kondisi peserta didik
Tes formatif contoh penilaian /ulangan harian
Tes sumatif contoh penilaian akhir semester
19. Seorang peserta didik memprotes skor yang diperoleh pada soal nomor 4 dalam ulangan yang telah dilaksanakan. Menurut siswa tersebut seharusnya mendapat skor 5 akan tetapi guru memberikan skor 3. Guru tersebut menjelaskan pembobotan nilai pada soal tersebut dengan menjelaskan kriteria pensekoran yang terdiri dari 0,1,2,3,4,5. Peserta didik pun mengerti dan menerima skor tersebut. Prinsip penilaian yang diterapkan guru adalah...
A. Terbuka
B. Akuntabel
C. objektif
D. Menyeluruh
E. adil
Pembahasan
A. pemberian informasi teknik prosedur babot di awal
B. dapat dipertanggungjawabkan aspek prosedur, kriteria sampai pengambilan keputusan
C. bebas dari subjektivitas
D. menggunakan berbagai penilaian aspek kognitif afektif psikomotorik
E. tidak menguntungkan atau merugikan masing masing pihak
20. Seorang guru mengajar pada dua kelas disekolahnya. Di kelas pertama terdapat 8 peserta didik yang gagal mencapai KKM. Sementara di kelas ke 2 ada 12 yang gagal mencapai KKM. Langkah yang harus dilakukan guru adalah...
A. Melakukan pengayaan terhadap 8 orang siswa
B. Melakukan remidial kepada 12 orang siswa
C. melakukan remidial kepada peserta didik yang gagal di kedua kelas tersebut
D. Melakukan pengayaan kepada kedua peserta didik yang gagal di kedua kelas tersebut
E. Mengulang seluruh materi kepada peserta didik gagal pada kedua kelas tersebut.
21. Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal berikut ini, kecuali.... :
A. Pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta
B. Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahaman teknologi
C. Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi
D. Mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan keterampilan kognisi
E. Penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggi, dan kolaborasi
22. Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 sebaiknya.... :
A. Memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran
B. Menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran35
C. Memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporer
D. Mengutamakan agar peserta didik menguasai materi
E. Menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar
Pembahasan
a. Harusnya Keterampilan proses belajar
b. Harusnya Berpusat pada PD
c. Harusnya Keterampilan proses belajar
d. Harusnya Keterampilan proses belajar
e. Benar
23. Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajarnya adalah.....
A. Pembelajaran berbasis proyek
B. Pembelajaran kooperatif
C. Bermain peran dan simulasi
D. Pembelajaran diskusi online
E. Pembelajaran kontekstual
Pembahasan
Menurut Boss dan Kraus, Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) adalah sebuah model pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan yang bersifat open-ended dan mengaplikasi pengetahuan mereka dalam mengerjakan sebuah proyek untuk menghasilkan sebuah produk otentik tertentu (Abidin, 2007:167).
Menurut Thomas, pembelajaran berbasis proyek memiliki beberapa prinsip dalam penerapan-nya, yaitu (Wena, 2011):
Sentralistis : pusat dan strategi pembelajaran36
Pertanyaan Penuntun : menuntun siswa untuk menemukan konsep
Investigasi Konstruktif : merumuskan pengetahuan yang dibutuhkan
Otonomi: otonomi untuk menentukan target sendiri
Realistis: pekerjaan nyata yang sesuai dengan kenyataan
24. Jika di silabus ada diksi “ memecahkan masalah sampah “maka itu dapat ditemukan pada komponen silabus....
A. Materi
B. Kegiatan pembelajaran
C. Kompetensi dasar
D. Indikator
E. Tujuan pembelajaran
Pembahasan
Komponen silabus Permendikbud Nomor 22
Tahun 2019
a. Identitas mata pelajaran (khusus SMP dan SMA/SMk);
b. Identitas sekolah mencakup nama satuan pendidikan dan kelas;
c. Kompetensi inti,
d. kompetensi dasar
e. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A);
f. materi pokok
g. pembelajaran
h. Penilaian
i. alokasi waktu
j. sumber belajar -37
Komponen RPP Permendikbud Nomor 22 Tahun 2019
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu
f. tujuan pembelajaran
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran,
i. metode pembelajaran,
j. media pembelajaran,
k. sumber belajar,
25. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah....
A. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik
B. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik
C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas
D. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan
E. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan
Kunci Jawaban D
Pembahasan
Manfaat pemahaman landasan pendidikan :
1. pengembangan wawasan kependidikan yaitu berkenaan dengan berbagai asumsi yang bersifat umum tentang pendidikan yang harus dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependidikan sehingga menjadi cara pandang dan bersikap dalam rangka melaksanakan tugasnya.
2. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan
26. Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada domain.....
A. Penilaian terhadap peserta didik
B. Bemahaman terhadap peserta didik
C. Strategi pembelajaran
D. Pemahaman materi pembelajaran
E. Pengelolaan pembelajaran
Pembahasan
Contoh pemanfaatan teknologi untuk penilaian
Untuk mengukur pencapaian kompetensi guru menggunakan google formulir agar bisa untuk melihat perolehan Skor secara cepat dan mendapatkan data indicator kompetensi apa yang belum tercapai
Contoh pemanfaatan teknologi untuk pemahaman peserta didik
Untuk mengatasi kebosanan peseta didik saat pembelajaran, guru memanfaatkan game edukatif agar peserta didik Tertarik dengan pembelajaran
Contoh pemanfaatan teknologi untuk pemahaman materi pembelajaran
Rendahnya daya serap peserta didik terhadap kompetensi tertentu mendorong guru memanfaatkan video edukatif Yang terintegrasi youtube dengan maksud agar peserta didik dapat belajar materi secara mandiri di samping di kelas
Contoh pemanfaatan teknologi untuk pengelolaan pembelajaran
Untuk memudahkan guru dalam menjelaskan materi X guru memanfaatkan slide PPT
27. Ari adalah anak rajin , memiliki sikap yang baik dan bahkan sering mewakili dalam kegiatan Olimpiade sain nasional. Tapi pada hasil laporan belajar dia memiliki 5 nilai yang di bawah KKM. Tindakan anda sebagai wali kelas adalah...
A. Siswa tersebut tetap naik kelas dengan pertimbangan peserta OSN
B. Meminta masukan dari guru guru terkait naik tidaknya
C. mendiskusikan dengan orang tua ari terkait masalah ini
D. Tidak naik kelas karena tidak memenuhi kriteria kenaikan kelas
E. Naik kelas karena sikap ari baik
Kunci Jawaban D
Pembahasan
PERMENDIKBUD NO 23 TAHUN 2016
Ki 1 Dan Ki2 Kompetensi Sikap Minimal Baik
Ki 3 Dan Ki 4 Kompetensi Pengetahuan Dan Keterampilan Tuntas
Batas Ketidak Tuntasan Ki 3 Dan Ki 4 Adalah Maksimal 3 Mata pelajaran
28. Dalam suatu pembelajaran diperoleh data banyak siswa yang tidak aktif maka anda
sebagai guru harus mengubah pendekatan pembelajaran tepat. Pendekatan yang tepat
untuk mengatasi hal tersebut adalah...
A. Kontruktivisme
B. Kontekstual
C. Saintifik
D. Deduktif
E.induktif
Pembahasan
A.membentuk konsep sendiri40
B.membuat pembljr bermakna
C.pembelajaran aktiv,SM
D.Pakem konsep, berpikir logis
E. terampil dalam membuat kesimpulan
29. Dalam pembelajaran dikelas seorang guru melaksanakan tiga langkah pembelajaran, salah satu pada kegiatan pendahuluan adalah apersepsi materi. Tujuan apersepsi materi adalah...
A. Mengaitkan materi pelajaran pada minggu minggu sebelumnya sesuai dengan materi hari ini
B. Merumuskan masalah terkait materi yang akan dipelajari
C. melakukan pengelompokan submateri agar mudah dipahami peserta didik
D. Merangsang dan membangun motivasi belajar peserta didik
E. Menciptakan kondisi belajar yang kondusif
Pembahasan
apersepsi Mengaitkan materi pelajaran pada minggu minggu sebelumnya sesuai dengan materi hari ini
30. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip/hukum yang kompleks sehingga memperjelas penyajian pesan secara tertulis. Media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut...
A. Bagan
B. APE (Alat Permainan edukatif)
C. Flip Chart
D. Foto
E. Gambar
Pembahasan
Bagan merupakan media yang membantu untuk menyajikan pesan pembelajaran melalui visualisasi dengan tujuan materi yang kompleks dapat disederhanakan sehingga siswa mudah untuk mencerna materi tersebut.
Flip chart : lembaran kertas yang berisi gambar diagram huruf atau angka, tujuan menghemat waktu menulis dipapan tulis
Alat Permainan Edukatif (APE) merupakan alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar agar mendapatkan pengalaman belajar. Pengalaman ini akan berguna meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak yang meliputi aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral
31. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu....
A.daftar cek
B.Benar salah
C.Pilihan ganda
D. menjodohkan
E. Jawaban bebas
Pembahasan
A. Tes Praktik : Penilaian Keterampilan
B. tes T.obyektif : Penilaian pengetahuan
C. tes T.obyektif : Penilaian pengetahuan
D. tes T. Obyektif : Penilaian pengetahuan
E. Tes uraian : Penilaian pengetahuan
32. Pak Slamet mengamati teknik menggambar siswa yang baru saja diajarkan, sedangkan ibu Susi melakukan tes di awal untuk kemudian dilakukan perangkingan. Yang dilakukan pak Slamet dan ibu Susi termasuk ke dalam?
A. Praktik dan tes kemampuan awal-akhir
B. Observasi dan tes penempatan
C. Observasi dan tes seleksi
D. Praktik dan sumatif
E. observasi dan formatif
Pembahasan
Jenis penilaian berdasar bentuk
Penilaian praktek adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan
melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi
Teknik penilaian
Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan Menggunakan instrumen yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati
Jenis tes berdasar fungsi
Tes seleksi digunakan untuk memilih atau menyeleksi siswa untuk mengikuti program tertentu Contoh tes seleksi penerimaan siswa baru
Tes akhir merupakan tes yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah semua materi pelajaran yang tergolong penting sudah dikuasi dengan sebaik-baiknya oleh peserta didik
Tes formatif adalah tes hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui penguasaan KD tertentu
Tes sumatif adalah tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah sekumpulan satuan program pengajaran selesai diberikan
Tes penempatan adalah tes yang berfungsi untuk membantu mengelompokan / mengkategorikan / menempatkan / merangking menentukan posisi siswa ke dalam kelas/kelompok tertentu
Tes awal merupakan tes yang dilaksanakan sebelum bahan pelajaran diberikan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang akan diajarkan
33. Guru mengajarkan bahasa indonesia KD macam macam puisi media yang cocok untuk materi tersebut adalah...
A. Lab sains
B. Lab bahasa
C. Pasar
D. koran
E. televisi
34. Reinforcement dalam pembelajaran untuk memotivasi Peserta didik yang sudah tuntas dan yang belum dilakukan dalam kegiatan pembelajaran disebut...
A. Refleksi
B. Remedial
C. Feedback
D. Penilaian
E. Pengayaan
Pembahasan
Feedback atau umpan balik itu terdiri dari Reinforsment, Punishment.
Refleksi pembelajaran adalah suatu komponen kegiatan yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran dengan tujuan untuk menilai dan mengamati apa yang telah terjadi selama pembelajaran. Contoh mencermati kembali video pembelajaran yang telah dilaksanakan mencermati catatan harian dan jurmal pembelajaran
Remidial = pemberian bantuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan atau kelambatan belajar
35. Seorang guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun RPP. Materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak kesulitan memahami pelajaran.
Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang guru saat memilih materi pelajaran.
A. mengidentifikasi aspek aspek yang terdapat dalam kompetensi Inti kompetensi dasar dan indikator
B. menganalisis potensi peserta didik relevansi dan karakteristik daerah dan struktur kurikulum
C. menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik intelektual emosional sosial dan spiritual peserta didik
D. melihat kebermanfaatan bagi peserta didik aktualitas kedalaman dan keluasan materi pelajaran
E. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
Langkah pemilihan materi
• Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar.
• Memilih jenis materi yang sesual dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
• Memilih sumber bahan ajar
36. Kalender yang digunakan untuk melihat minggu ujian tengah semester di sekolah disebut dengan...
A.kalender akademik
B.kalender pendidikan
C.kalender umum
D.kalender waktu
Pembahasan
Kalender akdademik adalah istilah umum dalam dunia pendidikan yang merujuk kepada jadwal kegiatan tahunan suatu lembaga pendidikan yang memuat semua hal terkait dengan proses belajar-mengajar, penerimaan peserta didik, dan kelulusan. Kalender akademik ini disusun dalam suatu pola yangmenggambarkan jangka waktu dan jenis kegiatan akademik. kalender akademik terbagi menjadi tiga bagian, yakni semester gasal, semester genap, dan semester khusus.
Kalender Pendidikan (Kaldik) merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pembelajaran yang mencakup antara lain permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, dan juga jeda Tengah Semester, Jeda Antar Semester, Libur Akhir Tahun Pelajaran, keagamaan, umum khusus, kegiatan khusus sekolah
37. Guru sedang melakukan pembelajaran sains. Untuk mengukur dimensi metakognitif pada diri peserta didik dengan...
A. tes tertulis
B. tes lisan
C.uraian
D.Unjuk kerja
E.praktik
Pembahasan
Dimensi pengetahuan
faktual : elemen-elemen dasar yang harus diketahui para peserta didik
konseptual : Klasifikasi, prinsip, konsep, teory
Prosedural : keterampilan melaksanakan prosedur
Metakognitif keterampilan bersikap mandiri dan tahu apa yang telah dipelajari, apa yang sedang dipelajari, dan apa yang harus dipelajari.
38. Untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa secara kognitif, psikomotor, dan afektif merupakan ...
A. jenis penilaian .
B.fungsi penilaian
C. Prinsip penilaian
D. tujuan penilaian
E.asas penilaian
Pembahasan
Tujuan Penilaian :
1. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap afektif, pengetahuan (kognitif), dan keterampilan(psikomotorik) yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remedial dan pengayaan;
2. Menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi belajar peserta didik dalam kurun waktu tertentu, yaitu harian, tengah semester, satu semester, satu tahun, dan masa studi satuan pendidikan.
3. Menetapkan program perbaikan atau pengayaan
4. Memperbaiki proses pembelajaran
Fungsi penilaian:
• Menggambarkan sejauh mana peserta didik menguasai suatu kompetensi.
• Mengevaluasi hasil belajar peserta didik dalam rangka membantu peserta didik
memahami kemampuan dirinya
• Mendiagnosa kesulitan belajar
• Kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan peserta didik
39. Prinsip penilaian dimana penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran yaitu prinsip ....
A.menyeluruh
B.terpadu
C.terbuka
D.beracuan kriteria
E.akuntabel
40. Pak Kama mengadakan ulangan dengan KD menentukan hasil operasi bilangan bulat. Dari 32 siswa ternyata 22 siswa yang tidak tuntas KKM. Apa yang sebaiknya dilakukan pak Karna...
A. mengadakan pengayaan kepada 10 siswa
B. mengadakan remedial untuk 22 siswa di bawah KKM
C. melakukan pembelajaran ulang dengan media dan metode pembelajaran berbeda
D. melakukan pengayaan untuk seluruh siswa
E. memberikan tugas mandiri kepada 22 siswa yang tidak tuntas
Pembahasan
Aturan remidial jika persentase peserta remidial
0% - <20% bimbingan individu/tugasmandiri/ tutor sebaya
20% - <50% bimbingan dalam kelompok belajar
>50% pembelajaran ulang
prosentase tidak tuntas = 22/32 x 100% = 69%48
EmoticonEmoticon