Kisi-kisi Soal AKM PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 - Tidak terasa semester genap tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar di satuan pendidikan tingkat SMP/MTs atau yang sederajat akan memasuki akhir tahun pelajaran tersebut. Walaupun tahun ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.
Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat kisi-kisi, soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun, pedoman penilaian dan kunci jawaban PAT. Sementara bagi peserta didik harus mempersiapkan materi yang akan dipelajari walaupun belajar di rumah saja.
PAT (Penilaian Akhir Tahun) ini tiap daerah berbeda-beda, tetapi sudah ada yang menjadwalkan bahwa PAT Tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga 12 Juni 2021. Pelaksanaan PAT kali ini ada 2 pilihan yakni secara daring atau luring.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi kisi-kisi PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan adanya kisi-kisi ini peserta didik akan belajar fokus pada materi yang akan diujikan, sedangkan bagi bapak dan ibu guru kisi-kisi ini akan digunakan untuk membuat analisis soal setelah PAT.
Tidak hanya itu bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran tersebut. Kisi-kisi ini bisa digunakan untuk menjadi contoh atau acuan pembuatan kisi-kisi dan soal Bahasa Indonesia Kelas 7 kurikulum 2013 pada tahun berikutnya.
Berikut Kisi-kisi Soal AKM PAT (Penilaian Akhir Tahun) Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021 :
Disajikan sebuah pantun, dan penggalan puisi modern, peserta menentukan puisi rakyat dengan alasan yang tepat.
Disajikan sebuah pantun, 2 buah gurindam, dan sebuah syair, peserta didik dapat menentukan kutipan yang termasuk gurindam.
Disajikan sebuah pantun yang larik-lariknya diberi nomor, peserta didik dapat menentukan bagian yang termasuk isi dengan tepat.
Disajikan sebuah syair, peserta didik dapat menentukan kata-kata berima pada syair tersebut dengan tepat;
Disajikan sebuah pantun dan syair
• peserta didik dapat menentukan perbedaan kedua puisi lama tersebut dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan perbedaan kedua puisi lama tersebut dengan tepat.
Disajikan sebuah pantun
• peserta didik dapat menentukan struktur penyajian pantun yang disajikan dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan larik yang menggunakan konjungsi dengan tepat.
Disajikan sebuah pantun beserta telaah struktur dan kebahasaannya yang dirumpangkan,
• peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang dengan menentukan hubungan antarlarik pantun tersebut dengan tepat;
• peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang dengan menentukan penggunaan kebahasaan pantun tersebut dengan tepat.
Disajikan sebuah fabel
• peserta didik dapat menentukan bagian teks yang berisi latar cerita dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan bagian teks yang berisi dialog dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan peristiwa akibat munculnya peristiwa lain dalam cerita dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan peristiwa penyebab munculnya peristiwa lain dalam cerita dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan amanat cerita dengan tepat.
Disajikan cuplikan fabel
• peserta didik dapat menentukan alasan teks tersebut termasuk cerita fabel dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan ciri jenis fabel tersebut dengan tepat;
Disajikan sebuah fabel
• peserta didik dapat menentukan latar yang tergambar dalam salah satu bagian fabel tersebut dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan watak salah satu tokoh dalam fabel tersebut disertai alasan/bukti dengan tepat;
Disajikan penulisan dialog yang tidak benar, peserta didik dapat menentukan penulisan dialog tersebut dengan hurup kapital dan tanda baca yang benar dengan tepat.
Disajikan fabel yang diberi nomor setiap bagiannya
• peserta didik dapat menentukan bagian orientasi dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan bagian komplikasi dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan bagian resolusi dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan bagian koda dengan tepat.
Disajikan 2 buah cuplikan cerita fabel yang diberi judul
• peserta didik dapat menentukan perbedaan variasi pengembangan watak tokoh dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa dengan tepat;
Disajikan cuplikan surat pribadi
• peserta didik dapat menentukan tujuan pengirim surat dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan alasan cuplikan tersebut termasuk surat pribadi dengan tepat.
Disajikan struktur surat dinas yang diberi nomor pada beberapa bagiannya, peserta didik dapat menentukan bagian surat dengan tepat.
Disajikan 2 cuplikan surat pribadi
• peserta didik dapat menentukan perbedaan isi surat dengan tepat;
• peserta didik dapat menentukan persamaan penggunaan pilihan bahasa dengan tepat.
Disajikan 4 cuplikan surat dinas bagian alamat surat, peserta didik dapat menentukan penulisan bagian alamat tujuan yang sesuai dengan kaidah dengan tepat;
Disajikan beberapa cuplikan surat yang berisi rincian, peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat rincian yang sesuai dengan kaidah dengan tepat.
Disajikan cuplikan surat pribadi, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berisi kata keterangan dengan tepat.
Disajikan 4 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berisi kata bersinonim.
Disajikan cuplikan isi surat yang berisi kata-kata tidak baku
• peserta didik dapat menentukan kata baku dengan tepat;
• peserta dapt menentukan bagian surat disertai alasannya dengan tepat.
Disajikan sebuah teks teks nonfiksi (artikel)
• peserta didik dapat mendaftar penggunaan pilihan kata (kata teknis) teks tersebut dengan tepat;
• peserta dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks tersebut dengan tepat.
• peserta didik dapat menjelaskan tujuan penulis teks tersebut dengan tepat;
• peserta didik dapat menjelaskan salah satu pernyataan teks tersebut dengan tepat;
• peserta didik dapat mengomentari salah satu pernyataan dalam teks tersebut dengan tepat.
EmoticonEmoticon