Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021

 


Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 - Tidak terasa semester genap tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar di satuan pendidikan tingkat SMP/MTs atau yang sederajat akan memasuki akhir tahun pelajaran tersebut. Walaupun tahun ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.

 

Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat kisi-kisi, soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun, pedoman penilaian dan kunci jawaban PAT. Sementara bagi peserta didik harus mempersiapkan materi yang akan dipelajari walaupun belajar di rumah saja.

 

PAT (Penilaian Akhir Tahun) ini tiap daerah berbeda-beda, tetapi sudah ada yang menjadwalkan bahwa PAT Tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga 12 Juni 2021. Pelaksanaan PAT kali ini ada 2 pilihan yakni secara daring atau luring.  

 

Pada kesempatan ini kami akan berbagi kisi-kisi PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan adanya kisi-kisi ini peserta didik akan belajar fokus pada materi yang akan diujikan, sedangkan bagi bapak dan ibu guru kisi-kisi ini akan digunakan untuk membuat analisis soal setelah PAT.

 

Tidak hanya itu bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran tersebut. Kisi-kisi ini bisa digunakan untuk menjadi contoh atau acuan pembuatan kisi-kisi dan soal Bahasa Indonesia Kelas 8 kurikulum 2013 pada tahun berikutnya.

 

Berikut Kisi-kisi PAT (Penilaian Akhir Tahun) Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021 :

Disajikan paragraf yang salah satunya bersumber dari teks ulasan, peserta didik dapat menentukan struktur bagian pada teks ulasan

Peserta didik dapat menemukan isi struktur teks ulasan dengan tepat

Peserta didik dapat menentukan informasi penting yang terdapat pada teks ulasan

Peserta didik dapat menentukan keuggulan karya pada teks ulasan

Peserta didik dapat menyebutkan secara sistematis struktur teks ulasan dengan tepat

Disajikan teks ulasan:

Peserta didik dapat menentukan bukti tekstual pada teks ulasan dengan tepat

Peserta didik dapat menyimpulkan teks ulasan dengan tepat

Disajikan kutipan teks ulasan, peserta didik dapat menentukan jenis teks ulasan

Disajikan kutipan teks ulasan, peserta didik dapat menggunakan keunggulan akting pemain

Peserta didik dapat menemukan struktur teks ulasan dengan tepat

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan struktur teks ulasan dengan benar

Disajikan empat kalimat, peserta didik dapat menentukan konjungsi penerang dengan tepat

Disajikan lima kalimat, peserta didik dapat menyusun urutan kalimat dengan tepat

Disajikan paragraf yang bersumber dari teks persuasi bagian argumen (berisi ajakan dan pendapat)

Peserta didik dapat menentukan struktur teks persuasi pada kalimat dengan tepat

Peserta didik dapat menentukan kalimat persuasi dengan benar

Disajikan kutipan teks persuasi, peserta didik dapat menentukan kata berimbuhan dengan tepat

Peserta didik dapat mengembangkan teks persuasi dengan memperhatikan struktur teks yang ada didalamnya

Disajikan teks persuasi berupa paragraf yang masih rumpang.

Peserta didik dapat menemukan kalimat pada teks persuasi dengan tepat

Peserta didik dapat melengkapi bagian kalimat rumpang pada teks persuasi dengan tepat

Disajikan paragraf, peserta didik dapat menemukan kalimat utama yang terdapat pada paragraf dengan tepat

Peserta didik dapat menentukan kalimat tidak padu dan tidak mendukung pada paragraf dengan tepat

Disajikan paragraf yang bersumber dari teks peruasi, siswa dapat menemukan kata ganti orang pada kalimat dengan tepat

Peserta didik dapat menentukan bagian teks persuasi, dari paragraf dengan tepat

Disajikan paragraf yang bersumber dari teks persuasi, peserta didik dapat menunjukan kalimat fakta dengan tepat 

Peserta didik dapat menyimpulkan isi teks persuasi dengan tepat

Peserta didik dapat mengartikan istilah teknologi pada teks persuasi dengan tepat

Disajikan kutipan drama.

Peserta didik dapat menentukan latar tempat dalam teks drama dengan tepat

Peserta didik dapat menentukan amanat drama dengan tepat

Peserta didik dapat menentukan kalimat yang berada dalam kurung dengan tepat

Disajikan teks drama, siswa dapat menemukan konflik dalam drama dengan tepat.

Peserta didik dapat menentukan tokoh dalam drama dengan tepat

Peserta didik dapat menentukan suasana dalam drama dengan tepat

Peserta didik dapat menemukan unsur drama dengan tepat

Peserta didik dapat menemukan bagian-bagian drama dengan tepat

Peserta didik dapat menyebutkan yang bukan bagian dari bagian lakuan dalam drama dengan tepat

Peserta didik dapat menemukan petunjuk dalam lakuan drama dengan benar

Peserta didik dapat menentukan konflik-konflik dalam drama dengan tepat

Peserta didik dapat membedahkan antara drama tradisional dan drama  modern dengan tepat

Peserta didik dapat mengartikan makna kata drama dari makna kramagung, wawancang dan gesture dalam drama dengan tepat

Disajikan paragraf yang bersumber dari kutipan teks nonfiksi, peserta didik dapat menemukan pernyataan yang tidak sesuai pada informasi teks nonfiksi dengan tepat

Peserta didik dapat menemukan gagasan umum dalam teks nonfiksi dengan tepat

Disajikan kutipan teks nonfiksi.

Peserta didik dapat menentukan tanggapan pada teks nonfiksi tersebut dengan tepat

Disajikan majas, peserta didik dapat menentukan majas dengan tepat

Peserta didik bisa menuliskan judul sesuai dengan PUEBI yang digunakan dengan tepat

Peserta didik dapat menuliskan penggambaran rupa, watak dan pribadi tokoh cerita dengan tepat


Bagi Anda yang membutuhkan Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 silakan download di sini 

Courtesy : 
MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Indramayu 


EmoticonEmoticon