Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 - Tidak terasa semester genap tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar di satuan pendidikan tingkat SMP/MTs atau yang sederajat akan memasuki akhir tahun pelajaran tersebut. Walaupun tahun ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.  

 

Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat kisi-kisi, soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun, pedoman penilaian dan kunci jawaban PAT. Sementara bagi peserta didik harus mempersiapkan materi yang akan dipelajari walaupun belajar di rumah saja.

 

PAT (Penilaian Akhir Tahun) ini tiap daerah berbeda-beda, tetapi sudah ada yang menjadwalkan bahwa PAT Tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga 12 Juni 2021. Pelaksanaan PAT kali ini ada 2 pilihan yakni secara daring atau luring.  

 

Pada kesempatan ini kami akan berbagi kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan adanya kisi-kisi ini peserta didik akan belajar fokus pada materi yang akan diujikan, sedangkan bagi bapak dan ibu guru kisi-kisi ini akan digunakan untuk membuat analisis soal setelah PAT.

 

Tidak hanya itu bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran tersebut. Kisi-kisi ini bisa digunakan untuk menjadi contoh atau acuan pembuatan kisi-kisi dan soal Bahasa Inggris Kelas 8 kurikulum 2013 pada tahun berikutnya.

 

Berikut Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021 :


Disajikan sebuah greeting card

• Peserta didik dapat menentukan tujuan kartu ucapan tersebut

Menentukan kata yang memiliki persamaan arti (synonym)

• Peserta didik dapat menemukan kata yang memiliki persamaan arti (synonym)


• Peserta didik dapat menemukan informasi tersirat


• Peserta didik dapat menentukan tujuan kartu ucapan

• Peserta didik dapat menentukan alasan mengirim kartu ucapan

Menentukan kata yang memiliki arti yang berlawanan (antonim)

• Peserta didik dapat menemukan informasi tersirat


• Peserta didik dapat menemukan rujukan kata 

• Peserta didik dapat menememukan informasi tersirat

• Peserta didik dapat menemukan makna kata 

• Peserta didik dapat menulis teks fungsional pendek Greeting Card dari pilihan situasi yang diberikan

• Peserta didik dapat menemukan informasi tersurat dan tersirat pada sebuah teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan selamat ulang tahun


Disajikan sebuah teks recount

• Peserta didik dapat menemukan informasi tersirat

• Peserta didik dapat menemukan informasi  rinci tersurat


• Peserta didik dapat menemukan rujukan kata yang tepat

• Peserta didik dapat menemukan tujuan teks

• Peserta didik dapat menentukan pesan moral dari teks 


• Peserta didik dapat menemukan informasi tersurat


• Peserta didik dapat menemukan informasi tersirat pada sebuah teks recount 

• Peserta didik dapat menentukan kata yang memiliki persamaan arti (synonym) 

Peserta didik dapat menemukan tujuan penulis 

• Disajikan sebuah dialog rumpang berbentuk recount

• Peserta didik dapat menentukan bentuk kata kerja yang tepat ( The Simple Past Tense)


• Peserta didik dapat menentukan kalimat tanya yang tepat untuk melengkapi dialog rumpang yang disediakan

• Disajikan sebuah teks Recount pendek

• Peserta didik dapat menemukan informasi tersurat


• Di sajikan sebuah lagu , peserta didik dapat:

• Mengidentifikasi fungsi sosial dan memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya Seni sesuai konteks.

• Menemukan informasi tersurat 


Bagi Anda yang membutuhkan Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 silakan download disini 

Courtesy 
MGMP Bahasa Inggris SMP kabupaten Indramayu 


EmoticonEmoticon