Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 - Tidak terasa semester genap tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar di satuan pendidikan tingkat SMP/MTs atau yang sederajat akan memasuki akhir tahun pelajaran tersebut. Walaupun tahun ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.  


Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat kisi-kisi, soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun, pedoman penilaian dan kunci jawaban PAT. Sementara bagi peserta didik harus mempersiapkan materi yang akan dipelajari walaupun belajar di rumah saja. 


PAT (Penilaian Akhir Tahun) ini tiap daerah berbeda-beda, tetapi sudah ada yang menjadwalkan bahwa PAT Tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga 12 Juni 2021. Pelaksanaan PAT kali ini ada 2 pilihan yakni secara daring atau luring.  


Pada kesempatan ini kami akan berbagi kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan adanya kisi-kisi ini peserta didik akan belajar fokus pada materi yang akan diujikan, sedangkan bagi bapak dan ibu guru kisi-kisi ini akan digunakan untuk membuat analisis soal setelah PAT. 


Tidak hanya itu bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran tersebut. Kisi-kisi ini bisa digunakan untuk menjadi contoh atau acuan pembuatan kisi-kisi dan soal Bahasa Inggris Kelas 7 kurikulum 2013 pada tahun berikutnya. 


Berikut Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021 : 

Mengidentifikasi nama hari
Disajikan sebuah dialog
• Peserta didik dapat menemukan nama hari yang tepat

Menentukan hari dan bulan
• Peserta didik dapat menemukan informasi tertentu
Menentukan bulan
• Peserta didik dapat menemukan informasi tertentu

Menentukan nama waktu 
• Disajikan sebuah gambar
• Peserta didik menemukan informasi tersurat

Menentukan tanggal
• Disajikan sebuah dialog
• Peserta didik dapat menemukan informasi tersirat

Menentukan nama waktu dalam hari
• Disajikan sebuah teks berbentuk tabel
• Peserta didik menemukan informasi tersurat

Menentukan nama waktu dalam hari
• Disajikan teks yang sama
• Peserta didik menemukan informasi tersirat

Menentukan tanggal.
• Disajikan sebuah dialog singkat
• Peserta didik dapat menemukan informasi tersurat

Menentukan nama waktu dalam hari
• Disajikan sebuah teks pengumuman
• Peserta didik menemukan informasi tersirat

Mengidentifikasi fungsi sosial  dan unsur kebahasaan dari ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks 
• Di sajikan sebuah paragrap pendek 
• Peserta didik dapat menemukan informasi tersurat
• Disajikan teks yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi  rinci tersirat

Di sajikan teks deskriptif 
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersurat
• Disajikan teks yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi  rinci tersirat

Disajikan sebuah gambar 
• Peserta didik dapat menentukan nama sebuah benda yang tepat
• Disajikan sebuah dialog pendek
• Peserta didik dapat merespon ungkapan pernyataan deskripsi suatu benda sesuai konteksang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks.

Disajikan sebuah teks deskriptif pendek
• Peserta didik dapat menemukan informasi tersurat
• Di sajikan sebuah teks yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersirat  

Di sajikan sebuah gambar
• Peseta didik memahami kata sifat yang tepat sesuai dengan konteksnya dalam menggambarkan seseorang

Disajikan sebuah teks deskriptif pendek
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersurat

Di sajikan sebuah teks yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersurat

Disajikan sebuah teks deskriptif pendek
• Peserta didik dapat menentukan ide utama

Disajikan sebuah teks deskriptif yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersurat
• Menyusun teks deskriptif sederhana,  terkait  benda,  dengan memperhatikan fungsi  sosial, struktur teks, dan unsur  kebahasaan, secara benar dan  sesuai konteks. 
• Peserta didik dapat menentukan kata sifat yang tepat sesuai konteks dengan melengkapi kalimat rumpang.

Disajikan sebuah gambar
• Peserta didik dapat menyebutkan bagian tubuh binatang sesuai konteks

Di sajikan sebuah lagu , peserta didik dapat:
• Mengidentifikasi fungsi sosial dan memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya Seni sesuai konteks.
• Merespon teks pesan dan memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya Seni sesuai konteks.
• Menyebutkan teks pesan dan memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya Seni sesuai konteks.

Bagi Anda yang membutuhkan Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 silakan download di sini 

Courtesy : 
MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Indramayu 


EmoticonEmoticon