Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat kisi-kisi, soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun, pedoman penilaian dan kunci jawaban PAT. Sementara bagi peserta didik harus mempersiapkan materi yang akan dipelajari walaupun belajar di rumah saja.
PAT (Penilaian Akhir Tahun) ini tiap daerah berbeda-beda, tetapi sudah ada yang menjadwalkan bahwa PAT Tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga 12 Juni 2021. Pelaksanaan PAT kali ini ada 2 pilihan yakni secara daring atau luring.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi kisi-kisi Soal PAT Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan adanya kisi-kisi ini peserta didik akan belajar fokus pada materi yang akan diujikan, sedangkan bagi bapak dan ibu guru kisi-kisi ini akan digunakan untuk membuat analisis soal setelah PAT.
Tidak hanya itu bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran tersebut. Kisi-kisi ini bisa digunakan untuk menjadi contoh atau acuan pembuatan kisi-kisi dan soal Bahasa Inggris Kelas 7 kurikulum 2013 pada tahun berikutnya.
Mengidentifikasi nama hari
Disajikan sebuah dialog
• Peserta didik dapat menemukan nama hari yang tepat
Menentukan hari dan bulan
• Peserta didik dapat menemukan informasi tertentu
Menentukan bulan
• Peserta didik dapat menemukan informasi tertentu
Menentukan nama waktu
• Disajikan sebuah gambar
• Peserta didik menemukan informasi tersurat
Menentukan tanggal
• Disajikan sebuah dialog
• Peserta didik dapat menemukan informasi tersirat
Menentukan nama waktu dalam hari
• Disajikan sebuah teks berbentuk tabel
• Peserta didik menemukan informasi tersurat
Menentukan nama waktu dalam hari
• Disajikan teks yang sama
• Peserta didik menemukan informasi tersirat
Menentukan tanggal.
• Disajikan sebuah dialog singkat
• Peserta didik dapat menemukan informasi tersurat
Menentukan nama waktu dalam hari
• Disajikan sebuah teks pengumuman
• Peserta didik menemukan informasi tersirat
Mengidentifikasi fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks
• Di sajikan sebuah paragrap pendek
• Peserta didik dapat menemukan informasi tersurat
• Disajikan teks yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersirat
Di sajikan teks deskriptif
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersurat
• Disajikan teks yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersirat
Disajikan sebuah gambar
• Peserta didik dapat menentukan nama sebuah benda yang tepat
• Disajikan sebuah dialog pendek
• Peserta didik dapat merespon ungkapan pernyataan deskripsi suatu benda sesuai konteksang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks.
Disajikan sebuah teks deskriptif pendek
• Peserta didik dapat menemukan informasi tersurat
• Di sajikan sebuah teks yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersirat
Di sajikan sebuah gambar
• Peseta didik memahami kata sifat yang tepat sesuai dengan konteksnya dalam menggambarkan seseorang
Disajikan sebuah teks deskriptif pendek
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersurat
Di sajikan sebuah teks yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersurat
Disajikan sebuah teks deskriptif pendek
• Peserta didik dapat menentukan ide utama
Disajikan sebuah teks deskriptif yang sama
• Peserta didik dapat menemukan informasi rinci tersurat
• Menyusun teks deskriptif sederhana, terkait benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
• Peserta didik dapat menentukan kata sifat yang tepat sesuai konteks dengan melengkapi kalimat rumpang.
Disajikan sebuah gambar
• Peserta didik dapat menyebutkan bagian tubuh binatang sesuai konteks
Di sajikan sebuah lagu , peserta didik dapat:
• Mengidentifikasi fungsi sosial dan memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya Seni sesuai konteks.
• Merespon teks pesan dan memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya Seni sesuai konteks.
• Menyebutkan teks pesan dan memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya Seni sesuai konteks.
EmoticonEmoticon