Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat kisi-kisi, soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun, pedoman penilaian dan kunci jawaban PAT. Sementara bagi peserta didik harus mempersiapkan materi yang akan dipelajari walaupun belajar di rumah saja.
PAT (Penilaian Akhir Tahun) ini tiap daerah berbeda-beda, tetapi sudah ada yang menjadwalkan bahwa PAT Tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga 12 Juni 2021. Pelaksanaan PAT kali ini ada 2 pilihan yakni secara daring atau luring.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi kisi-kisi Soal PAT IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan adanya kisi-kisi ini peserta didik akan belajar fokus pada materi yang akan diujikan, sedangkan bagi bapak dan ibu guru kisi-kisi ini akan digunakan untuk membuat analisis soal setelah PAT.
Tidak hanya itu bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran tersebut. Kisi-kisi ini bisa digunakan untuk menjadi contoh atau acuan pembuatan kisi-kisi dan soal IPS Kelas 8 kurikulum 2013 pada tahun berikutnya.
Siswa dapat menjelaskan istilah glory
Siswa dapat mengidentifikasi bangsa portugis yang berlayar ke India
Siswa dapat mengidentifikasi tokoh dunia yang memperkenalkan benua
Siswa dapat mengidentifikasi seorang pelaut yang menuju jalur Spice Islands
Siswa dapat mengidentifikasi perjanjian Zaragosa
Siswa dapat mengidentikasi hasil rempah yang berhasil di bawa oleh Inggris
Siswa dapat memahami ekspedisi Belanda
Siswa dapat mengidentifikasi pemindahan pusat kegiatan VOC
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari revolusi industri.
Siswa dapat menjelaskan latar belakang penjelajahan samudra.
Siswa dapat menjelaskan jalur armada Cornelis de Houtman mengarungi ujung selatan Afrika,
Siswa dapat menjelaskan penyebab pusat dagang dipindahkan ke Jayakarta (Jakarta).
Siswa dapat mengidentifikasi Hak Oktroi VOC
Siswa dapat menyebutkan Kebijakan ini diberlakukan karena Belanda menghadapi kesulitan keuangan
Siswa dapat menjelaskan Undang-undang Gula (Suiker Wet) yang berisi
Siswa dapat menyebutkan tokoh perlawanan dan asal daerah
Siswa dapat mengidentifikasi Pahlawan nasional Pangeran Diponegoro
Siswa dapat menentukan taktik yang paling tepat untuk memecah belah Uleebalang (bangsawan) dan kaum ulama
Siswa dapat menganalisis Ciri-ciri perang Jagaraga di Bali
Siswa dapat menganalisis faktor pendorong pergerakan nasional yang berasal dari dalam
Siswa dapat menetukan Isi kebijakan Politik Etis
Siswa dapat menganalisis pengaruh positif kemenangan Jepangatas Rusia bagi pergerakan nasional Indonesia
Siswa dapat membandingkan taktik perjuangannya,organisasi-organisasi pergerakan Indonesia
Siswa dapat menjelaskan tujuan utama berdirinya Budi Utomo
Siswa dapat menganalisis tujuan pergantian nama Sarekat Dagang Islam diganti menjadi Sarekat Islam
Siswa dapat menyimpulkan Partai yang didirikan Douwes Dekker
bersama Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat
Siswa dapat menyimpulkan organisasi perjuangan oleh para pelajar Indonesia di negeri Belanda
Siswa dapat menyebutkan dampak penangkapan terhadap para pemimpin PNI
Siswa dapat menunjukan nama partai yang didirikan oleh Hatta dan Syahrir
Siswa dapat menyebutkan isi petisi Sutarjo
Siswa dapat menjelaskan persamaan taktik kooperatif dan taktik non kooperatif
Siswa dapat menetukan organisasi semi militer bentukan Jepang
Siswa dapat menganalisis peta lokasi Pantai Eretan tempat Jepang mendarat
Siswa dapat membedakan Perubahan pada Masa Kolonial Barat dengan Perubahan Masyarakat pada Masa Penjajahan Jepang
Siswa dapat mengidentifikasi organisasi yang didirikan di Bandung
Siswa dapat mengidentifikasi perkumpulan yang didirikan pada tahun 1915
Siswa dapat menunjukan pendiri organisasi Sarekat Dagang Islam
Siswa dapat menunjukkan tujuan dari pendirian Muhammadiyah
Siswa dapat mengidentifikasi mendaratnya Jepang di Kalimantan
Siswa dapat menunjukkan perihal yang bukan penyebab pemberontakan yang dilakukan oleh rakyat Indonesia terhadap penjajah
Siswa dapat menyebutkan penyebab masuknya bangsa eropa ke Indonesia
Siswa dapat menyebutkan hak oktroi yang ditetapkan oleh VOC
Siswa dapat menyebutkan menjadi janji Jepang dalam upaya menarik simpati bangsa Indonesia
Siswa dapat menyebutkan mendeskripsikan isi dari sumpah pemuda
Siswa dapat memaknai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang.
EmoticonEmoticon