Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat kisi-kisi, soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun, pedoman penilaian dan kunci jawaban PAT. Sementara bagi peserta didik harus mempersiapkan materi yang akan dipelajari walaupun belajar di rumah saja.
PAT (Penilaian Akhir Tahun) ini tiap daerah berbeda-beda, tetapi sudah ada yang menjadwalkan bahwa PAT Tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga 12 Juni 2021. Pelaksanaan PAT kali ini ada 2 pilihan yakni secara daring atau luring.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi kisi-kisi Soal PAT PAI dan BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan adanya kisi-kisi ini peserta didik akan belajar fokus pada materi yang akan diujikan, sedangkan bagi bapak dan ibu guru kisi-kisi ini akan digunakan untuk membuat analisis soal setelah PAT.
Tidak hanya itu bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran tersebut. Kisi-kisi ini bisa digunakan untuk menjadi contoh atau acuan pembuatan kisi-kisi dan soal PAI dan BP Kelas 7 kurikulum 2013 pada tahun berikutnya.
Berikut Kisi-kisi Soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) PAI dan BP SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun pelajaran 2020/2021 :
Disajikan pernyataan dan gambar, peserta didik dapat menentukan bagian-bagian penyusun sel
Disajikan gambar sel, peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian sel
Disajikan tabel, peserta didik dapat membedakan antara sel hewan dan sel tumbuhan
Diberikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi jaringan tumbuhan yang berperan sebagai tempat melakukan fotosintesis paling banyak
Diberikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi organ sistem pencernaan
Disajikan data organ, peserta didik dapat menyebutkan organ-organ penyusun sistem ekskresi
Disajikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan organ-organ penyusun tumbuhan biji
Peserta didik dapat mengurutkan organisasi kehidupan organisme multiseluler dari tingkat terkecil
Disediakan pernyataan, Peserta didik dapat menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan komponen abiotik penyusun ekosistem sawah
Disajikan gambar beberapa organisme, peserta didik dapat membuat susunan rantai makanan
Diberikan gambar rantai makanan, peserta didik dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan perannya
Disajikan data beberapa jenis organisme, peserta didik dapat memprediksi yang akan terjadi jika salah satu mata rantai berkurang
Disajikan data beberapa komponen biotik, Peserta Didik dapat menyusun rantai makanan dan dapat menjelaskan apa yang terjadi jika salah satu mata rantai hilang.
Peserta didik dapat menjelaskan interaksi antara komponen abiotik
Disajikan ilustrasi aktivitas petani, peserta didik dapat memberikan salah satu contoh kompetisi
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menganalisis penyebab pencemaran lingkungan secara alami
Peserta didik dapat menyebutkan ciri fisik air sungai yang tercemar
Peserta didik dapat menganalisis dampak pencemaran air bagi ekosistem
Disajikan beberapa contoh polutan, peserta didik dapat menyebutkan polutan yang sukar diuraikan secara alami
Peserta didik dapat menerapkan upaya mengatasi pencemaran tanah oleh sampah organik
Peserta didik dapat menerapakan upaya mengatasi pencemaran udara di daerah perkotaan
Peserta didik dapat menjelaskan beberapa dampak yang ditimbulkan dari pencemaran udara.
Peserta didik dapat menjelaskan manfaat efek rumah kaca
Peserta didik dapat menganalisis gas-gas penyebab pemanasan global
Peserta didik dapat menjelaskan proses terjadinya efek rumah kaca
Peserta didik dapat menjelaskan dampak pemanasan global
Peserta didik dapat menerapkan tindakan nyata yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu upaya pemerintah dalam menangani pemanasan global
Peserta didik dapat menyebutkan struktur penyusun Bumi
Peserta didik dapat menjelaskan susunan Litosfer secara berurutan
Peserta didik dapat menjelaskan akibat yang ditimbulkan jika terjadi dua lempeng bertumbukan
Berdasarkan informasi gempa, peserta didik dapat menganalisis sebagai titik pusat gempa hiposentrum
Peserta didk dapat menerapkan resiko bencana saat berada di atas gedung jika terjadi gempa
Peserta didik dapat menganalisis karakteristik komponen tata surya
Diberikan gambar orbit planet, peserta didik dapat menjelaskan susunan planet berdasarkan jarak terdekat dengan pusat Tata Surya
Disajikan gambar beberapa bulan. peserta didik dapat menyebutkan fase bulan.
Disajikan pernyataan tentang fenomena, peserta didik dapat menyebutkan contoh akibat dari Revolusi Bumi.
Disajikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan peristiwa terjadinya gerhana matahari
Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi peristiwa terjadinya pasang surut air laut
EmoticonEmoticon