Pengertian IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Pengertian IPS 


Anda sudah belajar tentang pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) sejak di bangku SD (Sekolah Dasar), tetapi tahukah Anda pengertian IPS itu apa dan materi yang dipelajari itu apa saja?. Lalu kenapa sekarang disebut dengan IPS Terpadu?. Berikut pembahasannya. 


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (SOCIAL STUDIES) : 

Pengertian IPS : 

Menurut Soemantri:

IPS adalah suatu program pendidikan yang menkaji tentang ilmu-ilmu sosial dan humaniora untuk tujuan pendidikan (membentuk warga negara berkompetensi sosial baik secara individu, masyarakat, warganegara, masyarakat global). 


Menurut Cynthia S. Sunai:

IPS adalah satu bagian kurikulum yang bersumber dari sifat warganegara di suatu masyarakat demokratis dgn kaitannya dengan masyarakat Lain yang terdiri dari ilmu-ilmu sosial , pengalaman sosial dan pribadi dari para siswa dan warisan budaya mereka.


Menurut National Council for Social Studies ( NCSS) :

IPS adalah studi mengkaji tentang ilmu-ilmu sosial dan Humaniora untuk membentuk warga negara yang baik /berkompeten.


PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

A. merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti : sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya

B. IPS adalah telaah tentang manusia dalam hubungan sosialnya atau kemasyarakatannya.

C. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

D. dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang diorganisasikan dengan satu pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial

E. mencakup yang dimaksudkan geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat


TUJUAN PEMBELAJARAN IPS

Mempersiapkan peserta didik sebagai warga negara yang menguasai pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), sikap dan nilai (attitudes and values) yang dapat digunakan sebagai kemampuan

untuk memecahkan masalah pribadi atau masalah sosial serta kemampuan mengambil keputusan dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan agar menjadi warga negara yang baik (Sapriya,2014)


Karakteristik IPS dari Aspek Tujuan  :

Mengenal & memahami konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat & lingkungannya

Mengaplikasikan teori, pendekatan dan metode ilmu sosial dan humaniora dalam penelitian sederhana & mengomunikasikan secara lisan dan atau tulisan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah dengan memanfaatkan TIK

Berpikir logis, kritis, rasa ingin tahu, kreatif, inovatif, kolaboratif & terampil menyelesaikan masalah dalam kehidupan masyarakat 

Memahami dampak dari perkembangan ilmu pengetahuan terhadap perkembangan teknologi dan kehidupan manusia bagi dirinya, orang lain dan lingkungannya

Memiliki komitmen & kesadaran terhadap nilai-nilai sosial & kemanusiaan serta bangga menjadi WNI

Berkomunikasi, bekerjasama, dan berdaya saing dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional dan global


Karakteristik IPS dari Ruang Lingkup Materi : 

IPS dibelajarkan dengan menggunakan geografi sebagai platform

KI dan KD IPS dalam Kurikulum 2013 mengacu pada Permendikbud No. 24 Tahun 2016


KI dan KD IPS berasal dari struktur keilmuan geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi, yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pokok bahasan atau tema tertentu.


KI dan KD IPS juga menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner


KI dan KD dapat menyangkut peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat dengan prinsip sebab akibat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan, struktur, proses dan masalah sosial serta upaya-upaya perjuangan hidup agar survive seperti pemenuhan kebutuhan, kekuasaan, keadilan dan jaminan keamanan


Karakteristik IPS dari Aspek Pendekatan Pembelajaran : 


Metode pembelajaran cenderung bersifat praktik di masyarakat, keluarga atau antar teman di sekolah aspek yang ditonjolkan dalam pendekatan ini adalah aspek perilaku dan sikap sosial serta nilai eksistensi peserta didik sebagai makhluk sosial

Pendekatannya multidisipliner dan integratif 

Dimensi Pengetahuan

✔ Setiap orang memiliki ilmu pengetahuan sosial yang berbeda

✔ Dimensi yang menyangkut pengetahuan sosial yaitu : fakta, konsep, generalisasi


FAKTA

▪ Kejadian, tindakan, obyek atau gejala yang sudah atau dapat dibenarkan oleh indera.

▪ Dalam IPS, fakta dapat dikatakan sebagai obyek, peristiwa, kejadian nyata sekarang, atau kejadian nyata masa lampau.

▪ Fakta yang dipilih untuk kepentingan tertentu dinamakan data.

▪ Fakta merupakan data mentah bagi pembentukan konsep.

Contoh: bumi beredar mengelilingi matahari.


KONSEP

Pengertian atau definisi yang disimpulkan dari sekumpulan fakta yang memiliki ciri-ciri yang sama.

Contoh: 

Peta adalah gambaran permukaan bumi sebagaimana kenampakannya dari atas, dan ditambah dengan

tulisan-tulisan sebagai pengenal.


GENERALISASI

Merupakan paduan dari dua atau lebih konsep.

Contoh generalisasi:

▪ Makin tinggi tempat, temperatur semakin rendah/dingin

▪ Setiap masyarakat memiliki kebudayaan masing-masing.


Konsep menurut disiplin ilmu-ilmu sosial : 


Yang termasuk Sejarah 

•Tradisi

•Perubahan

•Kontinuitas

•Konflik

•Koperasi

•Nasionalisme

•Kolonialisme

•Imperalisme

•revolusi


Yang termasuk Psikologi 

•Perilaku

•Kerja kelompok

•Hubunngan antar

kelompok

•Persepsi

•Fungsi individu

•Keragaman

•pengembangan


Yang termasuk Geografi 

•Lokasi

•Pola ruang

•Jarak

•Wilayah

•Distribusi

•Lingkungan

•Perubahan tempat

•Difusi budaya


Yang Termasuk Antropologi 

•Budaya

•Tradisi

•Keyakinan

•Akulturasi

•Kekerabatan

•Adaptasi

•Ritual

•Perubahan budaya

•etnosentris


Yang termasuk Sosiologi 

•Masyarakat

•Sosialisasi

•Peran

•Status

•Stratifikasi sosial

•Norma dan sanksi

•Nilai

•Konflik sosial

•Mobilitas sosial

•otoritas


Yang termasuk Politik 

•Pengambilan keputusan

•Otoritas

•Kekuasaan

•Negara

•Konflik

•Keadilan

•Hak asasi manusia

•Tanggung jawab

•domokrasi 


Yang termasuk Ekonomi

•Produksi

•Distribusi

•Spesifikasi

•Pembagian kerja

•Konsumsi

•Kelangkaan

•Permintaan

•Penawaran

•Saling ketergantungan

•Teknologi


Dimensi Keterampilan (Skills)

Berwujud dalam bentuk kecakpan mengolah dan menerapkan informasi yang penting untuk mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara mampu berpartisipasi dalam masyarakat


Keterampilan meneliti

Keterampilan berpikir

Keterampilan Partisipasi Sosial

Keterampilan Berkomunikasi 


Dimensi Nilai & Sikap

Merupakan seperangkat keyakinan atau prinsip yang ada dalam diri seseorang atau kelompok masyarakat tertentu yang terungkap ketika berpikir dan bertindak


Nilai Substantif 

Keyakinan yang dipegang seseorang umumnya dari

hasil belajar sehingga setiap orang memiliki

keyakinan atau pendapat yang berbeda sesuai

dengan keyakinannnya akan suatu hal


Nilai Prosedural 

Nilai-nilai kunci yang menyokong

demokrasi misalnya Kerjasama, toleran, jujur, dan sebagainya 


Dimensi Tindakan (Action)

Menjadi peserta didik yang aktif melalui Latihan konkret dan praktik tentang isu-isu sosial di masyakarat


Memecahkan masalah di kelas melalui kerjasama

Berkomunikasi dengan anggota masyarakat

Pengambilan keputusan


Bagi Anda yang membutuhkan Pengantar Pembelajaran IPS Terpadu dari P4TK PKn dan IPS silakan download disini 


 


EmoticonEmoticon