Pengertian IPS |
Anda sudah belajar tentang pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) sejak di bangku SD (Sekolah Dasar), tetapi tahukah Anda pengertian IPS itu apa dan materi yang dipelajari itu apa saja?. Lalu kenapa sekarang disebut dengan IPS Terpadu?. Berikut pembahasannya.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (SOCIAL STUDIES) :
Pengertian IPS :
Menurut Soemantri:
IPS adalah suatu program pendidikan yang menkaji tentang ilmu-ilmu sosial dan humaniora untuk tujuan pendidikan (membentuk warga negara berkompetensi sosial baik secara individu, masyarakat, warganegara, masyarakat global).
Menurut Cynthia S. Sunai:
IPS adalah satu bagian kurikulum yang bersumber dari sifat warganegara di suatu masyarakat demokratis dgn kaitannya dengan masyarakat Lain yang terdiri dari ilmu-ilmu sosial , pengalaman sosial dan pribadi dari para siswa dan warisan budaya mereka.
Menurut National Council for Social Studies ( NCSS) :
IPS adalah studi mengkaji tentang ilmu-ilmu sosial dan Humaniora untuk membentuk warga negara yang baik /berkompeten.
PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
A. merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti : sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya
B. IPS adalah telaah tentang manusia dalam hubungan sosialnya atau kemasyarakatannya.
C. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.
D. dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang diorganisasikan dengan satu pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial
E. mencakup yang dimaksudkan geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat
TUJUAN PEMBELAJARAN IPS
Mempersiapkan peserta didik sebagai warga negara yang menguasai pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), sikap dan nilai (attitudes and values) yang dapat digunakan sebagai kemampuan
untuk memecahkan masalah pribadi atau masalah sosial serta kemampuan mengambil keputusan dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan agar menjadi warga negara yang baik (Sapriya,2014)
Karakteristik IPS dari Aspek Tujuan :
Mengenal & memahami konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat & lingkungannya
Mengaplikasikan teori, pendekatan dan metode ilmu sosial dan humaniora dalam penelitian sederhana & mengomunikasikan secara lisan dan atau tulisan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah dengan memanfaatkan TIK
Berpikir logis, kritis, rasa ingin tahu, kreatif, inovatif, kolaboratif & terampil menyelesaikan masalah dalam kehidupan masyarakat
Memahami dampak dari perkembangan ilmu pengetahuan terhadap perkembangan teknologi dan kehidupan manusia bagi dirinya, orang lain dan lingkungannya
Memiliki komitmen & kesadaran terhadap nilai-nilai sosial & kemanusiaan serta bangga menjadi WNI
Berkomunikasi, bekerjasama, dan berdaya saing dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional dan global
Karakteristik IPS dari Ruang Lingkup Materi :
IPS dibelajarkan dengan menggunakan geografi sebagai platform
KI dan KD IPS dalam Kurikulum 2013 mengacu pada Permendikbud No. 24 Tahun 2016
KI dan KD IPS berasal dari struktur keilmuan geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi, yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pokok bahasan atau tema tertentu.
KI dan KD IPS juga menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner
KI dan KD dapat menyangkut peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat dengan prinsip sebab akibat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan, struktur, proses dan masalah sosial serta upaya-upaya perjuangan hidup agar survive seperti pemenuhan kebutuhan, kekuasaan, keadilan dan jaminan keamanan
Karakteristik IPS dari Aspek Pendekatan Pembelajaran :
Metode pembelajaran cenderung bersifat praktik di masyarakat, keluarga atau antar teman di sekolah aspek yang ditonjolkan dalam pendekatan ini adalah aspek perilaku dan sikap sosial serta nilai eksistensi peserta didik sebagai makhluk sosial
Pendekatannya multidisipliner dan integratif
Dimensi Pengetahuan
✔ Setiap orang memiliki ilmu pengetahuan sosial yang berbeda
✔ Dimensi yang menyangkut pengetahuan sosial yaitu : fakta, konsep, generalisasi
FAKTA
▪ Kejadian, tindakan, obyek atau gejala yang sudah atau dapat dibenarkan oleh indera.
▪ Dalam IPS, fakta dapat dikatakan sebagai obyek, peristiwa, kejadian nyata sekarang, atau kejadian nyata masa lampau.
▪ Fakta yang dipilih untuk kepentingan tertentu dinamakan data.
▪ Fakta merupakan data mentah bagi pembentukan konsep.
Contoh: bumi beredar mengelilingi matahari.
KONSEP
Pengertian atau definisi yang disimpulkan dari sekumpulan fakta yang memiliki ciri-ciri yang sama.
Contoh:
Peta adalah gambaran permukaan bumi sebagaimana kenampakannya dari atas, dan ditambah dengan
tulisan-tulisan sebagai pengenal.
GENERALISASI
Merupakan paduan dari dua atau lebih konsep.
Contoh generalisasi:
▪ Makin tinggi tempat, temperatur semakin rendah/dingin
▪ Setiap masyarakat memiliki kebudayaan masing-masing.
Konsep menurut disiplin ilmu-ilmu sosial :
Yang termasuk Sejarah
•Tradisi
•Perubahan
•Kontinuitas
•Konflik
•Koperasi
•Nasionalisme
•Kolonialisme
•Imperalisme
•revolusi
Yang termasuk Psikologi
•Perilaku
•Kerja kelompok
•Hubunngan antar
kelompok
•Persepsi
•Fungsi individu
•Keragaman
•pengembangan
Yang termasuk Geografi
•Lokasi
•Pola ruang
•Jarak
•Wilayah
•Distribusi
•Lingkungan
•Perubahan tempat
•Difusi budaya
Yang Termasuk Antropologi
•Budaya
•Tradisi
•Keyakinan
•Akulturasi
•Kekerabatan
•Adaptasi
•Ritual
•Perubahan budaya
•etnosentris
Yang termasuk Sosiologi
•Masyarakat
•Sosialisasi
•Peran
•Status
•Stratifikasi sosial
•Norma dan sanksi
•Nilai
•Konflik sosial
•Mobilitas sosial
•otoritas
Yang termasuk Politik
•Pengambilan keputusan
•Otoritas
•Kekuasaan
•Negara
•Konflik
•Keadilan
•Hak asasi manusia
•Tanggung jawab
•domokrasi
Yang termasuk Ekonomi
•Produksi
•Distribusi
•Spesifikasi
•Pembagian kerja
•Konsumsi
•Kelangkaan
•Permintaan
•Penawaran
•Saling ketergantungan
•Teknologi
Dimensi Keterampilan (Skills)
Berwujud dalam bentuk kecakpan mengolah dan menerapkan informasi yang penting untuk mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara mampu berpartisipasi dalam masyarakat
Keterampilan meneliti
Keterampilan berpikir
Keterampilan Partisipasi Sosial
Keterampilan Berkomunikasi
Dimensi Nilai & Sikap
Merupakan seperangkat keyakinan atau prinsip yang ada dalam diri seseorang atau kelompok masyarakat tertentu yang terungkap ketika berpikir dan bertindak
Nilai Substantif
Keyakinan yang dipegang seseorang umumnya dari
hasil belajar sehingga setiap orang memiliki
keyakinan atau pendapat yang berbeda sesuai
dengan keyakinannnya akan suatu hal
Nilai Prosedural
Nilai-nilai kunci yang menyokong
demokrasi misalnya Kerjasama, toleran, jujur, dan sebagainya
Dimensi Tindakan (Action)
Menjadi peserta didik yang aktif melalui Latihan konkret dan praktik tentang isu-isu sosial di masyakarat
Memecahkan masalah di kelas melalui kerjasama
Berkomunikasi dengan anggota masyarakat
Pengambilan keputusan
Bagi Anda yang membutuhkan Pengantar Pembelajaran IPS Terpadu dari P4TK PKn dan IPS silakan download disini
EmoticonEmoticon