TPACK: 7 Komponen Kemampuan Profesionalitas Guru Abad 21

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang TPACK: 7 Komponen Kemampuan Profesionalitas Guru Abad 21. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dilakukan dengan tujuan agar dapat dipertimbangkan oleh guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam menyampaikan materi atau konten dalam proses pembelajaran. Kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) ini berusaha untuk membantu pengembangan professional guru dalam mempraktikan metode yang lebih baik untuk menggambarkan pengintegrasian teknologi yang dimplementasikan dalam pembelajaran.

Maka dari itu Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dibutuhkan guru dalam konteks (konten, pedagogi, teknologi,) untuk memahami berbagai jenis tingkat pengintegrasian teknologi yang sedang berkembang di Abad 21

Selaras dengan hal diatas maka dinyakan pula oleh (Mishra, 2005) dalam (Koehler, 2013) kerangka kerja Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) memiliki peran penting bagi guru dalam mengambil keputusan, guru harus menjadi agen aktif merancang kurikulum untuk setiap pembelajaran.  Kurikulum merupakan gabungan beberapa komponen yang saling terkait untuk menciptakan praktik pembelajaran yang bermakna.

Praktik TPACK dalam pembelajaran misalnya, dalam satu contoh yang diberikan di Praktisi Panduan Pedagogi Teknologi dan Pengetahuan Konten (Hoferet al., 2015 ), seorang guru studi sosial merancang modul kerja yang menggunakan beberapa alat pembuatan konten berbasis web sehingga peserta didik dapat menyelesaikan pekerjaan proyek tentang globalisasi. Untuk mencapai ini, guru menunjukkan jenis pengetahuan sebagai berikut,

1. CK (Content Knowledge)

CK (Content Knowledge): Pengetahuan mendetail tentang globalisasi sebagai peristiwa dan proses dimana ekonomi, sosial, budaya, dan politik sistem menjadi lebih saling tergantung dan terintegrasi.

2. PK (Pedagogical Knowledge):

PK (Pedagogical Knowledge): Pengetahuan tentang bagaimana menyusun pelajaran dan dukungan siswa untuk berhasil melakukan unit pembelajaran berbasis proyek.

3. TK (Technological Knowledge)

TK (Technological Knowledge) : Pengetahuan tentang alat khusus yang digunakan siswa melakukan proyek, termasuk poster multimedia Glogster alat (http://edu.glogster.com), alat buletin Smore ( http: // smore.com), alat slideshow Photo Peach ( http: // photopeach.com ), dan alat pembuat web Weebly ( http://weebly.com ).

4. TPK (Technological Pedagogial Knowledge)

TPK (Technological Pedagogial Knowledge): Pengetahuan tentang bagaimana secara efektif membantu siswa belajar fitur dari berbagai teknologi. Technological Pedagogial Knowledge (TPK) terdiri dari Technological Knowledge atau Pengetahuan Teknologi (TK), Pedagogical Knowledge atau Pengetahuan Pedagogi (PK) yang harus dimiliki oleh guru dalam kemampuan profesionalnya. Hal ini disebutkan pada PP No 19 tahun 2017 tentang perubahan atas PP No 74 Tahun 2008 tentang guru dimana Technological Knowledge (TK) harus dimiliki oleh guru untuk mengembangkan pengetahuan teknologi membawa konseskuensi logis terhadap orientasi pengembangan profesionalitas guru.

 5. PCK (Pedagogical Content Knowledge)

PCK (Pedagogical Content Knowledge): Memahami cara membantu siswa secara otentik terlibat dengan konten, proses, dan konsep globalisasi.

6. TCK (Technological Content Knowledge)

TCK (Technological Content Knowledge) : Pengetahuan tentang bagaimana materi globalisasi dapat terjadi diakses, diatur, dan direpresentasikan menggunakan teknologi.

7. TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge)

TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge): Mengetahui cara mendesain unit kohesif yang memungkinkan siswa untuk belajar tentang globalisasi menggunakan teknologi, menggunakan teknologi untuk memodelkan proses penelitian globalisasi, dan mengetahui bagaimana menilai penggunaan teknologi oleh siswa untuk merepresentasika membenci pemahaman mereka tentang globalisasi.

Silakan Bapak dan Ibu Guru dapat Ikuti diklat online 64JP “Desain Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru 2022″ ”. Klik LINK INI untuk mendaftar jadi member.

Artikel TPACK: 7 Komponen Kemampuan Profesionalitas Guru Abad 21 pertama kali tampil pada NaikPangkat.com.



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon