Pembelajaran Kolaboratif dalam Kurikulum Merdeka

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Pembelajaran Kolaboratif dalam Kurikulum Merdeka. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Pembelajaran Kolaboratif dalam Kurikulum Merdeka menjadi salah satu elemen esesnisal dalam implementasi Kurikulum Merdeka.  Karena pembelajaran ini sejalan dengan tujuan dan prinsip pemeblajaran yang di terapkan di Kurikulum ini.

Kita perlu tahu terlebih dahulu apa yang dinamakan Pembelajaran Kolaboratif ini?

Pembelajaran Kolaboratif

Sebagaimana yang telah dilansir pada portal ibe.unesco mengatakan bahwa “sometimes cooperative and collaborative learning are used interchangeably but cooperative work usually involves dividing work among the team members, whilst collaborative work means all the team members tackle the problems together in a coordinated effort“.

Pembelajaran kolaboratif adalah sebuah proses dimana peserta didik pada berbagai tingkat kemampuan atau kinerja bekerja sama dalam kelompok kecil untuk menuju tujuan bersama. 

Pembelajaran Kolaboratif ini merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang berasal dari teori pembelajaran sosial dan perspektif sosio-konstruktivis mengenai pembelajaran.

3 hal yang wajib ada dalam pembelajaran kolaborasi ini adalah : kolaborasi sebagai kompetensi, kolaborasi sebagai aksi atau implementasi, dan kolaborasi sebagai model pembelajaran.

Keunggulan Menerapkan Pembelajaran Kolaboratif dalam Kurikulum Merdeka

Pembelajaran ini memungkinkan bag siswa untuk dapat menambah pengetahuan serta pengalaman lain, keuntungan lainnya yaitu :

  1. Para siswa memperoleh berbagai pengalaman bekerjasama tidak hanya pada sesama teman kelas, akan tetapi pada siswa lainnya yang sebelumnya belum dikenalnya.
  2. Pada pembelajaran kolaborasi ini ada interaksi antar siswa yang baru dikenal menjadi terarah sebab mengikuti program yang telah direncanakan oleh guru.
  3. aktivitas yang bersifat kolaboratif ini umumnya dapat mendorong motivasi dan semangat kompetitif dalam arti positif untuk siswanya.
  4. Siswa juga memperoleh sumber belajar yang banyak dari seorang guru sekolahnya sendiri selama mereka kenal.

Pembelajaran Kolaboratif ini merupakan sebuah metode pembelajaran yang mendorong para siswa untuk membentuk sebuah tim atau kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas atau permasalahan yang ada.

Halaman selanjutnya

Contoh Pembelajaran Kolaboratif



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon