Mulai Tahun Pelajaran 2022/2023, sebagian besar satuan pendidikan akan menerapkan Kurikulum Merdeka.
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
Di dalam Kurikulum Merdeka, guru diberi keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek pada Kurikulum Merdeka yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
Karakteristik Kurikulum Merdeka adalah lebih fokus pada materi esensial, sehingga guru memiliki banyak waktu untuk mengembangkan metode pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif.
Struktur Kurikulum Merdeka juga dibuat lebih fleksibel dengan harapan nantinya peserta didik dapat memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan aspirasi karirnya.
Pemerintah juga telah menyiapkan banyak perangkat ajar sebagai alat bantu guru dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka, mulai dari modul ajar sampai dengan asesmen formatif dan sumatif.
Perbedaan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pada Kurikulum Merdeka
Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan komponen penting dalam pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.
Ketiga komponen tersebut perlu dipahami guru agar dalam melaksanakan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dapat lebih terarah dan efektif mencapai tujuan.
Berikut ini adalah perbedaan antara Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Halaman Selanjutnya
Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.
EmoticonEmoticon