Materi Hari Ketiga Diklat Implementasi P5 dan P5BK

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Materi Hari Ketiga Diklat Implementasi P5 dan P5BK. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

IMPLEMENTASI P5 – Telah dilaksanakan Spesial Diklat dari Diklat.co mempersembahkan Diklat Nasional 40 JP dengan judul “DIKLAT IMPLEMENTASI P5 dan P5BK DI SATUAN PENDIDIKAN”.

Diklat dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan live streaming youtube yang diikuti oleh ribuan guru hebat dari seluruh daerah di Indonesia. Diklat hari ketiga dibawakan oleh Ibu Desi Ariyanti, M.Pd (Ketua MGMP SMP/MTs Kota Pekalongan).

Pertemuan hari ketiga membahas mengenai Aktualisasi Asesmen P5 dan P5BK. Anda juga dapat membaca artikel tentang tema tersebut pada artikel dibawah:

  1. Pentingnya Pembelajaran Sesuai Tahap Capaian Peserta Didik. Baca Disini
  2. Pentingnya Pemahaman P5 dalam Kurikulum Merdeka. Baca Disini
  3. Fungsi dan Tujuan Asesmen pada Proses Pembelajaran. Baca Disini
  4. Pentingnya Prinsip dalam Pembuatan Asesmen P5. Baca Disini
  5. 5 Hal Perlu Diperhatikan dalam Menyusun Asesmen P5. Baca Disini
  6. Peran Asesmen Diagnostik, Formatif, dan Sumatif Penerapan P5. Baca Disini
  7. Alur Asesmen Projek dan Rubrik Asesmen Projek Pada P5. Baca Disini

Silahkan download materi hari pertama pada link berikut ini. DOWNLOAD DISINI

Asesmen P5 dan P5BK

P5 adalah projek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai pancasila.

Dengan kurikulum ini, dapat membantu guru untuk memilih berbagai perangkat ajar untuk menyesuaikan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. didalamnya pembelajaran dan asesmen berperan penting pada pelakssanaan proses pembelajaran.

Pada dasarnya, pembelajaran dan asesmen adalah satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Asesmen atau penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran peserta didik.

Asesmen P5 dan P5BK pada kurikulum merdeka berpedoman pada keputusan KBSKAP kemendikbudristek nomor 009/H/KR/2022 tentang dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka.

Halaman Selanjutnya

Prinsip asesmen P5 dan P5BK



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon