Permainan edukatif merupakan permainan yang bertujuan untuk menstimulasi rangsangan dan perkembangan kognitif anak atau siswa. Untuk menstimulasi itu memerlukan metode unik.
Sejatinya anak tidak seperti orang dewasa yang berfikir secara kasat mata. Anak memerlukan hiburan seperti bermain. Bagi anak, bermain adalah hal yang paling menyenangkan.
Salah satunya permainan yang dibutuhkan oleh anak adalah permainan edukatif yang mana permainan ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran untuk anak juga. Jadi anak bisa bermain sambil belajar dengan menyenangkan. Tentunya anak akan dilatih kematangan kognitif, sosial, emosional, spiritual.
Di bawah ini merupakan beberapa contoh permainan edukatif yang bisa diajarkan kepada anak ketika berada di kelas atau di rumah. .
1. Permainan Awal Kata Dimulai dari Huruf A-Z
Permainan ini seringkali digunakan guru Taman Kanak-Kanak (TK) untuk melatih fokus anak. Contoh permainannya adalah guru bertanya kepada anak buah-buahan apa yang diawali dengan huruf A, lalu anak akan sejenak berfikir memikirkan buah apa yang diawali oleh huruf A tersebut. Dan anak akan menjawab dengan jawaban yang berbeda. Baik itu apel, anggur dan sebagainya.
Permainan ini akan melatih fokus anak dan juga kreatifitas anak. Bisa juga dilakukan menggunakan media gambar. Misalnya, guru mengacungkan gambar berisikan huruf A lalu anak menebak untuk nama buah-buahan, kota, binatang, atau negara.
2. Permainan Menyusun Balok
Di Taman Kanak-Kanak, biasanya disediakan balok untuk melatih kemampuan kognitif anak. Dengan begitu anak akan berfikir akan membuat apa. Misalnya, anak akan membuat rumah-rumahan. Maka mereka akan berfikir bagaimana caranya membangun rumah. Mulai dari pondasi sampai atapnya.
Anak juga akan memilah dan memilih bentuk dan warna yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
3. Permainan Menyortir Bentuk
Guru memberikan media terlebih dahulu kepada anak untuk melakukan permainan ini. Misalnya media yang digunakan adalah ban mobil, tudung saji, celengan, tempat pensil dan berbagai bentuk lainnya.
Permainannya adalah anak akan menyebutkan terlebih dahulu barang-barang di atas memiliki bentuk seperti apa. Lalu mengklasifikasikan bahwa ban mobil merupakan bentuk lingkaran, tudung saji merupakan bentuk segitiga, celengan merupakan tabung dan tempat pensil merupakan persegi panjang.
Halaman Selanjutnya
4. Permainan Mengingat Benda dengan Jangka Waktu…
Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.
EmoticonEmoticon