Guru Wajib Tau! Berikut istilah CP, TP, ATP dan Modul Pada Kurikulum Merdeka

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Guru Wajib Tau! Berikut istilah CP, TP, ATP dan Modul Pada Kurikulum Merdeka. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Sebagai seorang guru, Anda wajib mengetahui mengenai capaian pembelajara, tujuan pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran. Ketiga hal ini saling berkaitan dalam pembelajaran. Ketiga istilah ini digunakan dalam kurikulum merdeka.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran atau disingkat CP adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa pada setiap fase perkembangan. Fase ini dimulai dari fase Fondasi pada jenjnag PAUD. Capaian Pembelajaran sendiri mencakup banyak hal. Mulai dari sekumpulan kompetensi hingga lingkup materi. CP disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Apakah Anda telah mengetahui apa saja fase pada capaian pembelajaran atau CP? CP untuk PAUD terdiri dari satu fase, yakni fase fondasi Sedangkan CP untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase, A hingga F. Atau bisa juga disebut tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Capaian pembelajaran dirancang untuk murid yang memiliki kebutuhan khusus. CP jenis ini hanya diperuntukkan untuk siswa yang memiliki kebutuhan khusus dengan hambatan intelektual. Sedangkan siswa berkubuthan khusus tanpa hambatan dapat mengikuti CP umum dengan menerapkan prinisip yang telah dimodifikasi.

Yuk ikuti pelatihan bersertifikat 32JP dengan judul “Meningkatkan Softskill Guru Untuk Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar” Diklat akan diadakan 14- 12 November 2022 dengan instruktur yang luar biasa. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2149/checkout dan dapatkan seminar gratis serta bonus lainnya.

Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran atau disingkat dengan sebutan TP merupakan deskripsi capaian aspek kompetensi, yaitu mulai dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

Tujuan pembelajaran sendiri disusun dengan memperhatikan bukti yang diamati dan diukur pada siswa. Murid dapat dinyatakan sebagai salah satu tujuan pembelajaran. Tentu dalam penyusunannya, dibutuhkan observasi yang detil terhadap siswa.

Penulisan untuk TP sendiri sebaiknya mencakup 2 komponen penting. Komponen tersebut adalah kompetensi dan lingkup materi.

  1. Kompetensi

Kompetensi adalah sebuah kemampuan yang harus didemonstrasikan oleh siswa untuk menujukkan apakah dirinya telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran atau belum. Seperti apa pertanyaan panduan yang bisa digunakan oleh guru dalam menyusun TP? Contohnya seperti tahap berpikir apa yang perlu didemonstrasikan oleh siswa? Anda dapat mengembangkan pertanyaan lain untuk tujuan pembelajaran.

  1. Lingkup materi

Lingkup materi adalah konten serta konsep utama yang harus dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Pertanaan panduan yang bisa Anda gunakan misalnya hal apa saja yang perlu dipelajari oleh siswa dari suatu konsep besar yang tercantum dalam CP?

Halaman Selanjutnya

Alur tujuan pembelajaran



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon