Penerapan Merdeka Belajar Menuju Sekolah yang Berkualitas

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Penerapan Merdeka Belajar Menuju Sekolah yang Berkualitas. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Sekolah yang berkualitas merupakan salah satu komponen yang penting dalam terciptanya pendidikan berkualiatas. Kita tahu bahwa aspek dalam sekolah yang berkualitas tidak hanya terpacu pada penyediaan sarana prasarana semata, tetapi juga pengoptimalan managemen dan sumber daya manusia yang ada.

Maka dari itu, guru perlu memahami indikator dari sekolah yang berkualitas agar secara kolektif dapat mencapai tujuan tersebut.

Sekolah  berkualitas/unggul  adalah  sekolah  yang  dikembangkan untuk  mencapai  keunggulan  dalam  keluaran  (output)  pendidikannya. Untuk  mencapai  keunggulan  tersebut  maka  masukan  (input),  proses pendidikan, guru dan tenaga kependidikan, manajemen, layanan pendidikan,serta  sarana  penunjangnya  harus  diarahkan  untuk menunjang    tercapainya    tujuan    tersebut.

Pada dasarnya, kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat, kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan.

Pendekatan yang dikemukakan Davis menegaskan bahwa kualitas bukan hanya menekankan pada aspek akhir yaitu produk dan jasa tetapi juga menyangkut kualitas manusia, kualitas proses dan kualitas lingkungan.

Pengembangan kualitas sekolah tidak hanya berdasarkan pada satu aspek saja. Terdapat banyak faktor yang menjadi indikator adanya kualitas sekolah yang baik. Salah satunya adalah adanya guru berkompeten yang menjadi pendidik di sekolah tersebut. Salah satunya adalah adanya penerapan kurikulum merdeka belajar dalam setiap satuan pendidikan.

Halaman berikutnya

Penerapan kurikulum menjadi



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon