Daftar Instansi yang Buka Lowongan Formasi CPNS bagi Lulusan SMA/SMK di Tahun Ini

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Daftar Instansi yang Buka Lowongan Formasi CPNS bagi Lulusan SMA/SMK di Tahun Ini. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Pemerintah kembali membuka lowongan formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK di seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023. Informasi tersebut berarti membuka kesempatan pada lulusan SMA/SMK untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Lowongan formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK merupakan kabar gembira, khususnya siswa-siswi yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat sekolah menengah. Kesempatan lewat pembukaan formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK memberi peluang untuk bisa bekerja di instansi milik pemerintah.

Perlu diketahui, pemerintah membuka lowongan formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK di berbagai instansi penting pada seleksi tahun ini. Sehingga kesempatan kerja terbuka lebar bagi mereka yang telah lulus Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat.

Dengan demikian, lulusan SMA/SMK ini dapat mendaftar di instansi apapun yang mereka inginkan demi berkompetisi melampaui passing grade yang tersedia.

Sebagai informasi, beberapa instansi vital membuka lowongan formasi CPNS bukan hanya untuk lulusan sarjana dari perguruan tinggi saja. Kondisi ini membuat lulusan SMA/SMK dapat mendaftar di seleksi CPNS tahun 2023.

Terdapat 8 (delapan) instansi yang membuka kuota pendaftaran CPNS di tahun 2023. Tenaga kerja yang dipilih antara lain lulusan SMA/SMK.

Inilah daftar instansi pemerintah yang buka lowongan formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK

1. Kejaksaan Agung (Kejagung)

Sebagai informasi, instansi pertama adalah Kejaksaan Agung. Kejaksaan Agung membuka 990 formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK atau sederajat.

Tenaga kerja yang dibutuhkan adalah petugas pengadministrasian penanganan perkara dan pengawalan tahanan.

2. Badan Intelejen Negara (BIN)

Kedua, Badan Intelejen Negara juga membuka sejumlah formasi CPNS untuk lulusan  SMA/SMK.

Lowongan formasi yang dibutuhkan yakni pengadministrasi rekam medis dan informasi serta pramu laboratorium.

3. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Instansi selanjutnya yang membuka formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK adalah Kemenkumham.

Diketahui bahwa Kemenkumham membuka 253 formasi tenaga kesehatan dan 4.305 formasi tenaga teknis.

Selain itu, Kemenkumham juga membutuhkan formasi untuk mengisi jabatan penjaga tahanan.

4. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Lebih lanjut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuka formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK yang diperlukan untuk mengisi jabatan sebagai polisi hutan di bidang kehutanan dan pertanian.

5. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Pada faktanya, Kementerian Perhubungan membuka formasi CPNS lulusan SMA/ SMK sebanyak 684 formasi pada tahun 2021.

6. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Keenam, Kementerian Pertahanan juga membuka formasi CPNS lulusan SMA untuk jabatan pengemudi ambulans dan pemula-kataloger.

7. Badan SAR Nasional (Basarnas)

Instansi berikutnya, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) membuka sejumlah formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK, seperti Rescue pemula pada tahun 2021.

8. Kementerian Pertanian (Kementan)

Terakhir, Kementerian Pertanian juga memberikan kesempatan kepada lulusan  SMA untuk beberapa formasi yang dibutuhkan

Bagi yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2023, ada baiknya mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

Seperti mengetahui lebih jauh mengenai beberapa formasi jalur khusus yang dibuka nantinya pada CPNS 2023.

Dengan demikian, dapat memilih jalur apa yang cocok untuk diikuti nantinya. Atau formasi apa yang menjadi prioritas pada penerimaan CPNS 2023 mendatang.

Upaya-upaya seperti ini ada baiknya ditentukan jauh-jauh hari sebagai persiapan sebelum nantinya mendaftar di CPNS 2023.

Seleksi penerimaan CPNS 2023 menyediakan beberapa formasi khusus. Ada 4 (empat) formasi jalur khusus yang jadi prioritas, di antaranya:

1. Formasi Lulusan Terbaik (Cumlaude)

Formasi khusus yang ditujukan untuk lulusan S1 dengan IPK 3,5 ke atas yang berasal dari Perguruan Tinggi dengan akreditasi A.

Pelamar harus membuktikan dengan adanya “Cumlaude/Dengan Pujian” di dalam ijazah atau transkrip nilai.

2. Formasi Disabilitas

Formasi ini dikhususkan untuk penyandang disabilitas.

Formasi ini hanya dibuka dua persen dari seluruh formasi dalam satu instansi.

Pelamar mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik, serta mampu berjalan dengan menggunakan alat bantu jalan selain kursi roda.

Penyandang disabilitas melampirkan surat keterangan dokter yang menyatakan pelamar menyandang disabilitas fisik.

3. Formasi Putra/Putri Papua

Formasi ini dikhususkan untuk seluruh yang berdomilisi dan memiliki garis keturunan orang tua asli dari Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan akte kelahiran.

Selain itu, pelamar juga perlu melampirkan surat keterangan dari Kepala Desa atau Kepala Suku daerah tersebut yang menyatakan bahwa pelamar memiliki orang tua asli dari Papua dan Papua Barat.

4. Formasi Diaspora

Formasi ini dikhususkan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri dan tinggal di sana dengan tujuan untuk belajar atau bekerja (syarat dan ketentuan berlaku).

Pada dasarnya, seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan bisa mengikuti pendaftaran CPNS 2023. Namun, pendaftaran dilakukan melalui beberapa formasi jalur khusus tersebut.

Selain itu, lowongan kerja yang dibuka merupakan formasi yang dibutuhkan untuk sejumlah Instansi yang membuka penerimaan CPNS 2023.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB, Alex Denni menyebutkan bahwa jumlah formasi tahun ini akan lebih banyak dari lowongan formasi pada seleksi tahun lalu.

“Terdapat sejumlah formasi prioritas yang dibuka pada seleksi CPNS 2023. Dalam rangka untuk memperkuat SDM dan meningkatkan pelayanan dasar, seleksi CPNS 2023 akan sangat penting,” ujarnya.

Pendaftar alias calon pelamar perlu menyiapkan diri dengan matang untuk mengikuti seleksi CPNS 2023. Selain itu, mereka harus memahami formasi yang menjadi prioritas kebutuhan instansi. (sgn)

 

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Untuk update informasi terbaru mengenai guru dan pendidikan simak selengkapnya di Naikpangkat.com. Mari bergabung di Grup Telegram “NaikPangkat.Com – Portal Media Online”, cara klik link https://t.me/naikpangkatdotcom kemudian join.

 



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon