Guru Sertifikasi Wajib Tahu 8 Kode Info GTK 2023

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Guru Sertifikasi Wajib Tahu 8 Kode Info GTK 2023 kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Info Guru dan Tenaga Kependidikan atau GTK merupakan portal yang penting dan harus diketahui oleh para guru sertifikasi yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Hal itu karena, melalui portal info GTK tersebut para guru yang telah sertifikasi bisa mengetahui status validasi data dan pencairan tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi.

Terkait dengan pemanfaatan portal info GTK untuk para guru yang telah sertifikasi juga telah disebutkan di dalam peraturan yang masih berlaku yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 4 Tahun 2022.

Maka dari itu untuk para guru baik yang sedang mengajar pada tingkat TK, SD, SMP, dan SMA/SMK dihimbau untuk melakukan pengecekan info GTK masing-maisng untuk mengetahui sampai sejauh mana proses penyaluran tunjangan sertifikasi ini.

Pada laman info Guru dan Tenaga Kependidikan ini terdapat 8 kode atau status data yang harus diketahui oleh para guru yang telah sertifikasi. Kode ini penting diketahui oleh para guru supaya tidak terjadi kesalah pahaman dan bisa mengambil langkah yang lebih lanjut jika terdapat data yang tidak valid atau lainnya.

Berikut ini merupakan 8 kode yang ada di dalam portal atau web info GTK tahun 2023 yang berkaitan dengan validasi guru sertifikasi.

1. Kode status data: 01 “Keterangan: Data pada Dapodik belum bisa terbaca”

Jika pada laman informasi GTK tahun 2023 keluar kode 01 maka hal ini berarti data Dapodik guru tersebut belum terbaca.

2. Kode status data: 02 “Keterangan: belum lolos dalam tahapan verifikasi dan validasi, perlu untuk melakukan perbaikan data (silahkan dapat melihat pada lembar info yang ada di tab verifikasi tunjangan profesi)”.

Jika para guru memperoleh kode 02 maka hal itu berarti guru dinyatakan belum lolos dalam verifikasi dan validasi dan perlu untuk melakukan perbaikan data yang bisa dilihat pada tab verifikasi tunjangan profesi.

3. Kode status data: 04 “Keterangan: data belum valid (koordinasi dengan operator tunjangan).”

Pada kode 04 ini mempunyai arti bahwa data guru sertifikasi yang bersangkutan dinyatakan belum valid, maka dari itu guru diminta untuk berkoordinasi dengan operator tunjangan profesi.

4. Status data: 6 “Keterangan: sudah tidak aktif atau pensiun”.

Jika para memperoleh kode 06 hal itu mempunyai arti guru dinyatakan sudah tidak aktif lagi pada info GTK atau sudah dianggap memasuki masa usia pensiun.

Halaman Selanjutnya

5. Status data: 7

Artikel Guru Sertifikasi Wajib Tahu 8 Kode Info GTK 2023 pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Guru Sertifikasi Wajib Tahu 8 Kode Info GTK 2023 bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon