Rapor Pendidikan Menurut Pendapat Ahli

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Rapor Pendidikan Menurut Pendapat Ahli. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Rapor Pendidikan adalah sebuah ukuran yang dipilih dari Profil Pendidikan yang mencerminkan prioritas Kemendikbudristek dan digunakan untuk mengevaluasi prestasi daerah dan Lembaga pendidikan. Rapor Pendidikan diperoleh dengan membandingkan nilai indikator di antara tahun yang berbeda. Rapor Pendidikan merupakan suatu platform yang menyajikan data hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan dari laporan mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru menekankan pada orientasi mutu pendidikan dan integrasi sistem.

Setelah pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) baru-baru ini, hasil ANBK kini dapat diakses melalui platform tersebut. Ini akan memudahkan pemerintah daerah (Pemda) dan satuan pendidikan untuk mengakses hasil ANBK sebagai bahan evaluasi pendidikan. Rapor ini memberikan informasi tentang hasil evaluasi pendidikan, termasuk Asesmen Nasional, serta sumber data lainnya. Hal ini memungkinkan satuan pendidikan dan pemerintah daerah untuk merencanakan kebijakan dan program pendidikan yang lebih terarah, dengan tujuan mencapai pendidikan berkualitas.

Rapor pendidikan sendiri memiliki banyak manfaat bagi guru, sekolah, dan pemangku kepentingan pendidikan. Keunggulannya antara lain sebagai acuan utama sebagai dasar analisis, perencanaan dan pemantauan untuk peningkatan mutu pendidikan, wadah penelaahan hasil penilaian nasional dan sumber informasi yang obyektif dan terpercaya dimana laporan dibuat secara otomatis dan terintegrasi dengan bijaksana disajikan, alat pengukuran yang berguna untuk evaluasi internal dan eksternal dari seluruh sistem pendidikan, hasil belajar (output) alat pengukuran berorientasi kualitas dan kesetaraan dan platform presentasi data terpusat untuk pendidikan. Satuan. Sehingga pelatihan tidak harus menggunakan aplikasi yang berbeda untuk melihat informasi yang disajikan.

Rapor pendidikan mencakup berbagai aspek pencapaian siswa, seperti nilai akademik dalam berbagai mata pelajaran, tingkat kehadiran, keterampilan sosial, dan catatan prestasi lainnya. Biasanya, memberikan informasi mengenai penilaian hasil belajar siswa, seperti tes, tugas, proyek, atau penilaian lain yang dilakukan oleh guru.

Halaman Selanjutnya…

Definiisi Rapor Pendidikan



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon