Cara Membuat Form Umpan Balik Aksi Nyata Merdeka Belajar

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Cara Membuat Form Umpan Balik Aksi Nyata Merdeka Belajar kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Perlu untuk diketahui jika Aksi Nyata Merdeka Belajar menjadi salah satu aktivitas terakhir untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri. Aksi Nyata sendiri adalah sebuah bentuk praktik pemahaman Anda terhadap topik yang dipelajari dalam Pelatihan mandiri.

Melalui Aksi Nyata Merdeka Belajar, maka Anda dapat mencoba mengimplementasikan teori yang sudah dipelajari dalam Pelatihan Mandiri dan mendemonstrasikan pemahaman serta penguasaan materi.

Tanya Jawab Seputar Aksi Nyata

Mengapa saya tidak dapat membuka Aksi Nyata (terkunci)?

Aksi Nyata hanya bisa dilakukan apabila Anda telah menyelesaikan seluruh modul pada satu topik Pelatihan Mandiri. Pasalnya hal tersebut, pastikan Anda telah menyelesaikan keseluruhan modul terlebih dahulu.

  • Mengapa saya perlu untuk melakukan Aksi Nyata?

Lewat Aksi Nyata, Anda dapat mencoba mengimplementasikan teori yang sudah dipelajari dalam Pelatihan Mandiri. Anda disini dapat mendemonstrasikan pemahaman dan penguasaan materi, serta dengan demikian, dapat menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri.

  • Apa yang harus diperhatikan untuk melakukan Aksi Nyata?

Pilihlah Aksi Nyata yang Anda yakini bisa untuk menunjukkan pemahaman terhadap topik tersebut, selanjutnya praktekkan dengan mengikuti instruksi yang ada. Perlu untuk diingat, Anda bisa memodifikasi instruksi sesuai dengan kebutuhan.

  • Apakah terdapat batas waktu dalam mengerjakan Aksi Nyata?

Sejauh ini tidak ada batas waktu dalam mengerjakan Aksi Nyata. Anda bebas untuk menyelesaikan Aksi Nyata sesuai dengan keleluasaan waktu Anda.

Cara Memberikan Umpan Balik Aksi Nyata

Aksi Nyata yang sudah diunggah oleh rekan guru pada semua Indonesia bisa Anda lihat pada halaman Aksi Nyata pada Pelatihan Mandiri. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memberikan umpan balik terhadap Aksi Nyata rekan Anda supaya bisa saling belajar dan bertukar ide atau pikiran.

Dibawah ini beberapa langkah-langkah untuk memberikan umpan balik terhadap Aski Nyata rekan Anda.

Selanjutnya Klik tab Versi Aplikasi Android maupun juga Versi Web sesuai gawai yang Anda gunakan.

  1. Buka menu Pelatihan Mandiri pada halaman Beranda aplikasi Merdeka Mengajar
  2. Pilih Aksi Nyata, disini Anda akan melihat berbagai Aksi Nyata yang diunggah oleh rekan guru. Selanjutnya klik pada salah satu judul Aksi Nyata yang ingin Anda lihat.
  3. Selanjutnya, disini Anda bisa melihat detail Aksi Nyata yang Anda pilih.
  4. Untuk memberikan umpan balik, maka selanjutnya geser layar ke bawah kemudian klik Isi Kuesioner dan Tanggapan
  5. Berikan tanggapan secara deskriptif terkait dengan Aksi Nyata tersebut pada kolom yang tersedia, selanjutnya Kirim Umpan Balik

Memilih Topik Aksi Nyata Dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Pada saat mengerjakan aksi nyata, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan disini yaitu memilih topik Aksi Nyata yang telah disediakan di platform Merdeka mengajar. Dibawah ini caranya:

  1. Klik Pilih Aksi Nyata
  2. Pilihan topik Aksi Nyata akan muncul. Anda dapat membaca rincian maupun panduan pada setiap topik untuk membantu Anda dalam menentukan Aksi Nyata yang akan dilakukan.
  3. Klik Baca rincian.
  4. Baca dengan seksama rincian dalam masing- masing topik Aksi Nyata dan tentukan topik yang ingin dipilih.
  5. Apabila Anda tidak ingin memilih topik tersebut, silahkan langsung klik Lihat pilihan lain dan Anda akan diarahkan kembali untuk melihat daftar topik Aksi Nyata.
  6. Apabila Anda telah yakin dengan satu topik Aksi Nyata, maka langsung klik Pilih Aksi Nyata ini
  7. Setelah memilih topik Aksi nyata, maka lanjut klik Selanjutnya
  8. Lakukan maupun praktikan Aksi Nyata sesuai panduan yang ada. Selanjutnya tuangkan aktivitas Aksi Nyata Anda ke dokumen tertulis. Anda dapat menggunakan aplikasi word processor. Sebagaimana halnya Microsoft Word, Pages, dan lain sebagainya, kemudian ubah dokumen ke format PDF dengan ukuran maksimal 10 MB..
  9. Pastikan jika isi dokumen Aksi Nyata sesuai panduan, yaitu:
  • Aktivitas sesuai dengan topik Aksi Nyata

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan Powerpoint” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2924/checkout dapatkan diklat serta BONUS Aset Animasi Karakter Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Halaman Selanjutnya

Memuat dokumentasi ketika melakukan Aksi Nyata…

Artikel Cara Membuat Form Umpan Balik Aksi Nyata Merdeka Belajar pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Cara Membuat Form Umpan Balik Aksi Nyata Merdeka Belajar bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon