8 Instansi Ini Buka Formasi Sekolah Kedinasan 2024, Cek Disini

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul 8 Instansi Ini Buka Formasi Sekolah Kedinasan 2024, Cek Disini kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengadakan pertemuan koordinasi untuk mempercepat pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna di sekolah kedinasan 2024 di Jakarta pada hari Rabu (24/01).

Rencananya, pendaftaran untuk sekolah kedinasan dijadwalkan akan dimulai pada bulan Maret 2024, meskipun jadwal ini masih dapat berubah sesuai dengan kesiapan dan dinamika yang mungkin terjadi.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, dan dihadiri secara virtual oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas.

Menteri Anas mengajak generasi muda Indonesia untuk mendaftar di sekolah kedinasan sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Calon pelamar diharapkan untuk segera mempersiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran.

Menteri Anas menyatakan, pemerintah telah merancang skema kebutuhan ini dan berharap untuk melahirkan calon ASN yang berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam menyelesaikan masalah-masalah rakyat.”

Pendaftaran untuk sekolah kedinasan 2024 akan dibuka oleh delapan instansi, yaitu sebagai berikut:

  1. Kementerian Hukum dan HAM,
  2. Kementerian Keuangan,
  3. Kementerian Perhubungan,
  4. Kementerian Dalam Negeri,
  5. Badan Intelijen Negara (BIN),
  6. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),
  7. Badan Pusat Statistik (BPS), dan
  8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Proses seleksi akan melibatkan beberapa tahapan, termasuk pendaftaran, seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), dan seleksi lanjutan yang akan diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan. Rencananya, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan berlangsung antara bulan April hingga Mei 2024.

Seluruh proses seleksi sekolah kedinasan 2024 akan mengikuti ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Menteri PANRB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga.

Aba Subagja menjelaskan bahwa pendaftaran akan dilakukan melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN) di sscasn.bkn.go.id.

Aba juga mengingatkan calon pelamar untuk tidak percaya pada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi sekolah kedinasan, terutama jika ada permintaan uang.

Seluruh tahapan seleksi, mulai dari pendaftaran hingga penentuan kelulusan, sudah terintegrasi dan terkomputerisasi, mengeliminasi potensi kecurangan dan praktik calo.

Jumlah keseluruhan formasi yang tersedia pada seleksi penerimaan sekolah kedinasan tahun 2024 mencapai 6.027 formasi. Formasi ini merupakan hasil gabungan dari kebutuhan masing-masing sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan kementerian atau badan pemerintahan tertentu.

Hingga saat ini, perincian kuota untuk sekolah kedinasan tahun 2024 belum diumumkan. Meskipun demikian, dapat memperkirakan besarnya formasi yang dibutuhkan dengan menggunakan formasi pada tahun 2023 sebagai acuan.

Halaman Selanjutnya

Pada tahun 2023, jumlah total formasi sekolah kedinasan yang dibuka mencapai

Artikel 8 Instansi Ini Buka Formasi Sekolah Kedinasan 2024, Cek Disini pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai 8 Instansi Ini Buka Formasi Sekolah Kedinasan 2024, Cek Disini bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon