Materi Kompetensi Manajerial PPPK Guru 2024 beserta Contoh Soal : Materi Pelayanan Publik

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Materi Kompetensi Manajerial PPPK Guru 2024 beserta Contoh Soal : Materi Pelayanan Publik. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Dalam artikel sebelumnya sudah kami bagikan beberapa topik pembahasan untuk kompetensi manajerial antara lain: integritas, komunikasi, kerjasama hingga orientasi pada hasil. Kali ini akan membahas materi pelayanan publik PPPK 2024.

Anda juga bisa menyimak materi sebelumnya: 

Materi Kompetensi Manajerial PPPK Guru 2024 beserta Contoh Soal : Materi Integritas

Materi Kompetensi Manajerial PPPK Guru 2024 beserta Contoh Soal : Materi Kerjasama

Materi Kompetensi Manajerial PPPK Guru 2024 beserta Contoh Soal : Materi Kominikasi

Materi Kompetensi Manajerial PPPK Guru 2024 beserta Contoh Soal : Materi Orientasi pada Hasil

Kompetensi Manajerial PPPK Guru 2024: Pelayanan Publik

Pengertian Pelayanan Publik

Kemampuan dalam melaksanakan tugas- tugas pemerintahan, pembangunan dan kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan publik secara profesional, transparan, mengikuti standar pelayanan yang objektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminasi, serta tidak terpengaruh kepentingan pribadi/kelompok/golongan /partai politik.

Indikator Perilaku Pelayanan Publik

1. Menjalankan tugas mengikuti standar pelayanan

  • Mampu mengerjakan tugas tugas dengan mengikuti standar pelayanan yang objektif, netral tidak memihak, tidak diskriminatif, transparan dan tidak terpengaruh kepentingan pribadi/ kelompok/ partai politik.
  • Melayani kebutuhan, permintaan dan keluhan pemangku kepentingan
  • Menyelesaikan masalah dengan tepat tanpa bersikap membela diri dalam kapasitas sebagai pelaksana pelayanan publik

2. Mampu mensupervisi/mengawasi dna menjelaskan proses pelaksanaan tugas- tugas pemerintahan/pelayanan publik secara transparan

  • Menunjukan sikap yakin dalam mengerjakan tugas – tugas pemerintah/pelayanan publik mampu menyelia dan menjelaskan secara objektif bila ada yang mempertanyakan kebijakan yang diambil.
  • Secara aktif mencari informasi untuk mengenali kebutuhan pemangku kepentingan agar dapat menjalankan pelaksanaan tugas pemerintahan pembangunan dan pelayanan publik secara cepat dan tanggap
  • Mampu mengenali dan memanfaatkan kebiasaan, tatacara situasi tertentu sehingga apa yang disampaikan menjadi perhatian pemangku kepentingan dalam hal penyelesaian tugas- tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.

3. Mampu memanfaatkan kekuatan kelompok serta memperbaiki standar pelayanan publik di lingkup unit kerja

  • Memahami, mendeskripsikan pengaruh dan hubungan/kekuatan kelompok yang sedang berjalan di organisasi (aliansi atau pesaing), dan dampaknya terhadap unit kerja untuk menjalankan tugas pemerintahan secara profesional dan netral tidak memihak\
  • Menggunakan keterampilan dan pemahaman lintas organisasi untuk secara efektif memfasilitasi kebutuhan kelompok yang lebih besar dengan cara- cara yang mengikuti standar objektif, transparan, profesional, sehingga tidak merugikan para pihak di lingkup pelayanan publik unit kerjanya.
  • Mengimplementasikan cara – cara yang efektif untuk memantau dan mengevaluasi masalah yang dihadapi pemangku kepentingan/ masyarakat serta mengantisipasi kebutuhan mereka saat menjalankan tugas pelayanan publik di unit kerjanya.

Halaman selanjutnya,

4. Mampu monitor, mengevaluasi, memperhitungkan ..



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon