Klasifikasi Defenisi Konsumsi

Konsumsi diartikan sebagai sebuah kegiatan manusia dalam menghabiskan nilai guna suatu barang baik itu sekaligus ataupun dengan perlahan. Secara umum defenisi konsumsi tersebut bisa dikelompokkan menjadi dua macam. Berikut pengelompokkan konsumsi.

Konsumsi berdasarkan nilai guna

(1) Konsumsi adalah suatu aktifitas memakai atau menggunakan suatu produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh para produsen atau konsumsi juga berarti segala tindakan menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa. Perusahaan atau perseorangan yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

(2) Konsumsi juga berarti setiap kegiatan memanfaatkan, menghabiskan kegunaan barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan demi menjaga kelangsungan hidup. (Arif, 2010: 4)

(3) Menurut Indriani dalam jurnalnya “Produksi, Konsumsi, Distribusi dan Ekonomi Kerakyatan”, konsumsi merupakan tindakan pemenuhan kebutuhan atau tindakan menghabiskan dan atau mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa

Konsumsi berdasarkan pencapaian tingkat kepuasan

(1) Konsumsi juga diartikan setiap penggunaan atau pemakaian barang-barang dan jasa-jasa yang secara langsung dapat memuaskan kebutuhan seseorang.

(2) Konsumsi menurut IDKF Bogor, adalah suatu kegiatan manusia yang secara langsung menggunakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya dengan tujuan untuk memperoleh kepuasan yang berakibat mengurangi ataupun menghabiskan nilai guna suatu barang/jasa. Contoh dari kegiatan konsumsi antara lain: makan, minum, naik kendaraan umum, menonton film dibioskop.

(3) Adapun menurut Oxlay dalam artikelnya “Konsumen dan Pengertian Konsumsi”, konsumsi merupakan kegiatan seseorang atau kelompok dalam menggunakan, memakai, atau menghabiskan barang dan jasa dengan maksud memenuhi kebutuhan hidupnya.

(4) Pengertian konsumsi menurut Rosyidi adalah penggunaan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan manusiawi (the use of goods and services in the satisfaction of human want). Konsumsi haruslah dianggap sebagai maksud serta tujuan yang esensial dari produksi.


EmoticonEmoticon