Pengertian dan Defenisi Pola Konsumsi

Arti dari kata Pola menurut KBBI adalah contoh gambar yang digunakan dalam membuat batik, tenun yang terbuat dari potongan kertas sebagai model atau bentuk struktur. Lebih luas ini bisa disebut sebagai sistem, usaha atau cara kerja.
Untuk kata konsumsi berasal dari bahasa latin dengan arti menghabiskan. Secara ekonomis, maksud menghabiskan di sini adalah menghabiskan nilai guna barang atau jasa baik secara sekaligus ataupun dengan tahap demi pemenuhan kebutuhan.

Merujuk pada pengertian dua kata di atas, pola konsumsi bisa dijelaskan sebagai model atau bentuk struktur bagaimana manusia menghabiskan nilai guna sebuah barang atau jasa.

Beberapa ahli menyebutkan pengertian pola konsumsi,
Menurut Prasetjo  “pola konsumsi secara sederhana didefinisikan sebagai bagaimana seseorang hidup (how one lives), termasuk bagaimana seseorang menggunakan uangnya, bagaimana ia mengalokasikan waktunya dan sebagainya”.

Menurut Mowen dan Minor (2001) , pola konsumsi didefinisikan secara sederhana sebagai “bagaimana seseorang hidup”. Pola konsumsi menunjukkan bagaimana seseorang hidup, bagaimana mereka membelanjakan uangnya dan bagaimana mereka mengalokasikan waktu mereka. Pola konsumsi dapat berubah, akan tetapi perubahan ini bukan disebabkan oleh berubahnya kebutuhan. Kebutuhan pada umumnya tetap seumur hidup, setelah sebelumnya dibentuk dimasa kecil. Perubahan ini bisa terjadi karena nilainilai yang dianut konsumen yang berubah akibat pengaruh lingkungan.


EmoticonEmoticon